NEWS PAKET WISATA

Perjalanan ke Siem Reap Dinobatkan Sebagai Tour Mewah Terbaik Dunia  

PNOMPENH, bisniswisata.co.id: Penemuan tiga hari melintasi Provinsi Siem Reap di barat laut Kamboja dinobatkan sebagai tour mewah nomor satu dunia oleh perusahaan perjalanan AS Tripadvisor Inc untuk kategori .Best of the Best” Things to Do Awards.

Menurut situs web Tripadvisor, hal tersebut termasuk tour di sirkuit utama di Taman Arkeologi Angkor dan sekitarnya ke Taman Nasional Phnom Kulen dan air terjunnya yang menyegarkan, desa terapung yang terkenal di Danau Tonle Sap dan kuil Banteay Srei yang menawan atau benteng wanita.

Ketua Asosiasi Perjalanan Asia Pasifik ( PATA) Kamboja Thourn Sinan mengatakan pada 27 Juni bahwa dengan mereknya yang terkenal dan tepercaya, pengakuan Tripadvisor atas tamasya Siem Reap sebagai “tour mewah” akan memberikan dorongan bagi Kerajaan dan industri pariwisata yang sedang sakit.

Dia mencatat bahwa sektor pariwisata Kamboja tetap tertidur lelap ketika dunia bergulat dengan pasang surut COVID-19, tetapi penghargaan terbaru ini akan berfungsi untuk menonjolkan potensi pariwisata yang ada di Kerajaan.

“Meskipun tamu belum dapat melakukan perjalanan ke Kamboja, saya yakin Kerajaan akan mendapat banyak manfaat melalui Tripadvisor, terutama pada kuartal keempat tahun ini,” ujarnya.

Kementerian Pariwisata setempat  bekerja sama dengan kementerian terkait akan  mencapai kesepakatan soal rencana pembukaan pintu dan menerima wisatawan mancanegara lagi, katanya.

Dia menyamakan analitik Tripadvisor dengan tolok ukur internasional utama untuk industri pariwisata zaman modern.

Penasihat Asosiasi Agen Perjalanan Kamboja Ho Vandy mengatakan, penghargaan ity  menunjukkan reputasi Kerajaan di antara wisatawan internasional sebagai tempat keindahan alam, budaya dan sejarah.

Peringkat Tripadvisor akan secara signifikan mempercepat pemulihan sektor ini dan memperbaiki penurunan tajam yang terjadi selama setahun terakhir akibat krisis global COVID-19, katanya.

Industri perjalanan global sangat terpukul oleh pandemi virus Corona, dengan maskapai penerbangan di saat-saat tergelap krisis kesehatan yang  memotong penerbangan dan memberhentikan staf sebagai upaya putus asa untuk menghemat uang dan menjaga rantai pasokan global tetap beroperasi.

Pariwisata internasional ke Kamboja tetap menjadi bayangan seperti dulu. Kerajaan menyambut hanya 82.839 wisatawan internasional dalam empat bulan pertama tahun ini, turun 93% setiap tahun dari 1.160.067.

Meski begitu, Vandy mengatakan Tripadvisor adalah sumber informasi berharga yang dipercaya oleh banyak turis di seluruh dunia, dan kehormatan ini merupakan anugerah bagi Kamboja yang akan memberikan banyak manfaat bagi sektor pariwisata, terutama setelah COVID-19 situasi membaik.

Pada bulan April, Menteri Pariwisata Thong Khon mengatakan kementeriannya akan bekerja dengan Kementerian Kesehatan untuk mengevaluasi kelayakan wisatawan internasional dari negara dan wilayah berisiko rendah yang telah sepenuhnya divaksinasi terhadap virus Corona baru untuk memasuki Kerajaan dengan sedikit atau tanpa karantina. tinggal.

Kementerian memperkirakan ini akan dimulai pada kuartal keempat, dalam sebuah langkah yang akan menyelamatkan industri, yang telah sangat terpengaruh oleh wabah COVID-19 selama lebih dari setahun, katanya.

Perusahaan penerbangan swasta yang berbasis di Singapura Yugo Global Industries Pte Ltd mengumumkan rencana untuk meluncurkan rute charter ke Kamboja, Thailand, Malaysia dan Filipina.

Dengan armada jet dan helikopter pribadinya, Yugo akan menyediakan layanan penerbangan yang menghubungkan Asia Tenggara ke seluruh kawasan Asia-Pasifik, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan pada 24 Juni lalu.

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)