Peluang Ekspor Produk Halal Indonesia ke Rusia Masih Tebuka Luas

0
105

   Duta Besar RI di Moskow M. Wahid Supriyadi

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Duta Besar RI di Moskow M. Wahid Supriyadi akan meningkatkan pemasaran produk halal dari Indonesia ke Rusia, seiring dengan banyaknya warga pemeluk agama Islam di negara tersebut.

“Warga muslim Rusia ada sekitar 25 juta orang. Ini merupakan peluang pasar yang bagus bagi pengusaha Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan produk halal mereka,” kata Dubes Wahid kepada bisniswisata.co.id, usai acara temu media Ibukota di Restoran Seribu Rasa, hari ini.

Dia menuturkan untuk meningkatkan penjualan produk halal Indonesia ke Rusia, bisa dimulai dari tiga jenis produk dulu. Yaitu makanan halal, kosmetika halal, dan fashion halal.

Salah satu cara menampilkan semua produk halal tersebut, adalah melalui pameran. Menurut Wahid, KBRI Moskow sudah mengagendakan akan mengikuti eksibisi di, Kazan, Republik Tatarstan, dimana 40% penduduknya muslim.

“Kami sudah menyewa seluas 100 meter persegi untuk pengusaha Indonesia tampil dalam kegiatan Kazan Summit Programme, Russia Halal Expo yang berlangsung pada 24-26 April 2019,” ungkap Wahid.

Untuk mengisi stand seluas itu, katanya, pihaknya sudah mengundang perusahaan makanan dari Indonesia, satu perusahaan kosmetika halal, dan beberapa desainer yang akan menampilkan busana muslim.

“Belum banyak pengusaha dari negara lain yang main di pasar Kazan. Ini adalah kesempatan bagi pengusaha Indonesia untuk maju dan mengekspor beragam produk halalnya di wilayah tersebut.

Russia Halal Expo di Kazan ini, lanjutnya, merupakan festival ke-11. Kegiatan tersebut juga dilengkapi dengan konferensi, yang diikuti negara-negara anggota OKI (Organisasi Kerjasama Islam).

Dalam seminar nanti, tambah Wahid, Indonesia akan menghadirkan nara sumber yang pakar di bidangnya dan akan memaparkan tentang fashion, kosmetika dan makanan halal.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.