HALAL INTERNATIONAL LIFESTYLE NEWS

Pariwisata Halal Vietnam: Bintang Baru dalam Lanskap Perjalanan Global

HANOI, bisniswisata.co.id: Sektor pariwisata Vietnam, yang terkenal dengan warisan budayanya yang kaya dan bentang alamnya yang menakjubkan, kini membuka cakrawala baru: pariwisata halal.

Dilansir dari halaltimes.com, sektor yang sedang berkembang ini, yang melayani wisatawan Muslim, dengan cepat mendapatkan daya tarik sebagai tambang emas potensial bagi industri pariwisata Vietnam.

Mari kita selidiki bagaimana Vietnam merangkul pariwisata halal dan mengapa Vietnam menjadi pemain kunci di pasar global.

Meningkatnya Janji Pariwisata Halal di Vietnam

Pariwisata halal, sebagaimana didefinisikan oleh Global Muslim Travel Index (GMTI), lebih dari sekadar ceruk pasar. Dengan lebih dari 2,1 miliar Muslim di seluruh dunia, yang merupakan 25% dari populasi global, permintaan akan pengalaman perjalanan ramah Muslim semakin meningkat.

Jumlah wisatawan Muslim internasional melonjak dari 108 juta pada tahun 2013 menjadi sekitar 160 juta pada tahun 2019, dengan perkiraan peningkatan sebesar 80% pada tahun 2023. Daya beli pasar ini sangat besar, dan diperkirakan akan mencapai angka US$341,1 miliar per tahun pada tahun 2030.

Strategi Vietnam Menarik Wisatawan Muslim

Vietnam telah menyaksikan peningkatan signifikan wisatawan dari negara-negara mayoritas Muslim seperti Timur Tengah, negara-negara Asia Tenggara seperti Singapura dan Indonesia juga berkontribusi terhadap peningkatan kedatangan wisatawan Muslim di negara tersebut.

Masuknya orang-orang ini bukanlah sebuah kebetulan, namun merupakan hasil dari upaya strategis Vietnam untuk memasuki pasar Halal.

Upaya pemasaran yang tertarget

Menyadari potensi tersebut, Otoritas Pariwisata Nasional Vietnam (VNAT) telah menyelenggarakan beberapa konferensi promosi di kawasan utama seperti Timur Tengah dan Asia Tenggara. Acara-acara ini fokus untuk menunjukkan kesiapan Vietnam dalam melayani wisatawan Muslim.

Selain itu, VNAT sedang mengintensifkan promosinya di India, yang diidentifikasi sebagai pasar penting bagi pertumbuhan di masa depan.

Layanan menjahit untuk wisatawan muslim

Pendekatan Vietnam lebih dari sekedar pemasaran. Daerah-daerah seperti Quang Ninh, Da Nang, Quang Nam, dan Kien Giang secara aktif menyesuaikan penawaran mereka agar lebih ramah Muslim.

Hal ini mencakup pendirian sarana ibadah di tempat umum, hotel, dan tempat hiburan, serta memastikan ketersediaan makanan dan minuman bersertifikat halal.

Fokus pada pengalaman kelas atas

Sambil terus menjajaki pasar tradisional seperti Malaysia, Indonesia, dan Singapura, Vietnam juga mengincar pasar Timur Tengah yang makmur.

Wisatawan dari wilayah ini dikenal karena kesediaan mereka untuk menikmati layanan kelas atas, sehingga menghadirkan peluang yang menguntungkan bagi segmen pariwisata mewah Vietnam.

Jalan menuju pariwisata halal Vietnam

Upaya Vietnam dalam bidang pariwisata halal bukan hanya tentang memperluas jangkauan pasarnya; ini tentang merangkul keragaman budaya dan inklusivitas. Dengan memenuhi kebutuhan unik wisatawan Muslim, Vietnam menjadi tolok ukur dalam industri pariwisata global.

Seiring dengan berkembangnya pariwisata halal, Vietnam siap menjadi tujuan pilihan bagi wisatawan Muslim, menawarkan perpaduan harmonis antara keaslian budaya, keindahan pemandangan, dan fasilitas ramah Muslim.

Melalui inisiatif strategis dan pendekatan inklusif, sektor pariwisata Vietnam berada pada jalur yang tepat untuk membuka potensi besar dari sektor pariwisata.

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin RedaksiĀ dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)