Parade Jelajah Budaya Nusantara Digelar Berdasarkan Pesanan

0
494
Tari Kecak di Batubulan Gianyar (Foto: Tempat Wisata)

GIANYAR, bisniswisata.co.id: Jika Jakarta ada Taman Mini Indonesia Indah. Bali juga ada Taman Nusa. Sebuah Miniatur Indonesia di Jalan Taman Bali, Banjar Blahpane Kelod Gianyar ini memiliki salah satu unggulan dengan mengenalkan segala macam kebudayaan di Indonesia hanya dalam waktu singkat.

Buktinya, saat ratusan wisatawan asal Tiongkok yang mengunjungi Taman Nusa, Ahad (16/09/2018), parade budaya nusantara langsung digelar di Taman Nusa untuk memperkenalkan ragam dan kekayaan kebudayaan Tanah Air kepada turis asing.

General Manager Taman Nusa, I Nyoman Murjana menjelaskan, melalui parade budaya, Taman Nusa ingin mengenalkan budaya Nusantara kepada para pengunjungnya. “Parade budaya yang kami sajikan ini untuk mengenalkan ragam budaya Nusantara. Di Taman Nusa kita akan diajak menjelajah budaya,” kata Murjana di sela acara, Jumat 14 September 2018.

Parade budaya Nusantara disajikan sejak dua tahun lalu. Event ini belum digelar secara regular. Parade budaya Nusantara bisa disajikan berdasarkan pemesanan terlebih dahulu. “Parade budaya Nusantara ini sudah kita lakukan sejak dua tahun lalu. Kami memang mengutamakan untuk menyajikan parade budaya Nusantara ini kepada tamu dalam bentuk grup, sekurang-kurangnya 200 orang,” ujarnya.

Saban tahun, turis mancanegara bisa menyaksikan parade budaya Nusantara di Bali melalui event Pesta Kesenian Bali (PKB). Dengan catatan, tamu yang tengah berlibur ke Bali harus menyesuaikan jadwal terlebih dahulu, karena event ini hanya diselenggarakan selama sebulan dalam setahun.

Di Taman Nusa, kapan saja event parade budaya Nusantara bisa disaksikan asal melakukan pemesanan terlebih dahulu. Oleh sebab menampilkan destinasi yang cukup unik, spesifik dan mendidik, Taman Nusa kebanjiran pesanan parade budaya Nusantara untuk event pertemuan IMF-World Bank yang akan diselenggarakan di Bali pada Oktober mendatang.

“Delegasi IMF-World Bank telah menjadwalkan untuk berkunjung ke Taman Nusa. Kami telah dihubungi oleh EO (Event Organizer) untuk menyiapkan paket parade budaya Nusantara. Ada 350 orang delegasi IMF-World Bank yang sudah confirm akan berkunjung ke Taman Nusa,” ujarnya seperti dilansir laman Liputan6.com

Parade budaya yang digelar Taman Nusa menyajikan kesenian dan kebudayaan tradisional dari seluruh provinsi di Indonesia. Ratusan peserta dari sanggar terdekat maupun pelajar SMA dilibatkan dalam event itu.

Pada parade budaya Nusantara, wisatawan akan disajikan aneka ragam kesenian khas tradisional masing-masing provinsi di Indonesia. Satu per satu kesenian akan ditampilkan lengkap dengan atribut dan berbagai macam perlengkapan.

Sejumlah wisatawan yang mengunjungi Taman Nusa tak henti menyatakan kekagumannya atas keragaman dan kekayaan kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Mereka tak berhenti mengabadikan moment yang bisa jadi hanya dilihatnya satu kali seumur hidupnya.

Usai menyaksikan parade budaya Nusantara, turis asing itu dipersilakan mengunjungi kampung budaya. Tunggu Apalagi, segera kunjungi Taman Nusa dan nikmati sajian parade budaya Nusantara. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.