NEWS

Negara Dimana Saja yang Buka Perbatasannya?

SINGAPURA, bisniswisata.co.id : Ketika negara-negara memulai program vaksinasi nasional mereka, diskusi tentang sertifikat vaksinasi untuk perjalanan semakin memanas.

Dilansir dari Travel Weekly, CEO Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) Alexandre de Juniac baru-baru ini menyatakan bahwa perjalanan kemungkinan akan kembali pada kwartal ke tiga 2021 – memacu harapan untuk kembali normal lebih cepat daripada nanti.

Berikut ringkasan perkembangan terkini terkait pembukaan kembali perbatasan di Asia Pasifik dan di seluruh dunia.

SINGAPURA

Meskipun Singapura tidak terburu-buru untuk melonggarkan langkah-langkah perbatasan bagi wisatawan yang divaksinasi, Singapura sedang berupaya menerapkan sistem saling pengakuan sertifikasi vaksin antar negara berdasarkan HealthCerts, seperangkat standar digital untuk menerbitkan sertifikat hasil tes COVID -19 digital.

Pada tingkat bilateral, Singapura telah mengumumkan pada 14 Maret bahwa mereka sedang membahas kemungkinan Travel Bubble udara yang akan memungkinkan penduduk Singapura dan Australia melakukan perjalanan antara kedua negara tanpa perlu karantina, kata Kementerian Luar Negeri.

Saat ini, semua wisatawan harus menyerahkan pernyataan kesehatan pada saat kedatangan dan memberikan Pemberitahuan Menginap di Rumah selama 14 hari di fasilitas khusus. Mereka yang berasal dari daerah berisiko tinggi perlu mengikuti tes RT-PCR dalam waktu 72 jam sebelum berangkat ke Singapura dan diuji di akhir karantina.

Untuk wisatawan bisnis, serangkaian acara percontohan hibrida dan peluncuran Connect @ Changi, fasilitas gelembung untuk wisatawan bisnis jangka pendek, terus menunjukkan pendekatan Singapura dalam mengelola risiko daripada menghilangkannya.

MALAYSIA

Kontrol Gerakan Pemulihan Malaysia telah diperpanjang hingga 31 Maret, melarang warga negara asing memasuki negara tersebut meskipun mereka telah divaksinasi.

Sementara itu, Travel Bubble domestik di Malaysia mulai berlaku 10 Maret, membuka kembali perjalanan antar negara bagian di bawah Perintah Kontrol Gerakan Pemulihan (RMCO). Mereka adalah Melaka, Pahang, Terengganu, Perlis, Sabah, Labuan, Putrajaya, dan pulau-pulau di Langkawi.

Meskipun memiliki pengaturan Jalur Hijau Timbal Balik dengan Singapura, saat ini telah ditangguhkan selama tiga bulan (mulai 1 Feb) karena kasus yang meningkat di seluruh dunia.

THAILAND

Thailand memiliki rencana untuk meringankan pembatasan bagi wisatawan yang divaksinasi, termasuk memperpendek karantina wajib untuk semua kedatangan, atau membatalkannya sama sekali, menurut Gubernur Otoritas Pariwisata Thailand Yuthasak Supasorn.

Thailand’s Covid-19 Situation Administration (CCSA) sebelumnya telah mengkonfirmasi pada 10 Maret bahwa pemerintah Thailand mengincar pembukaan kembali Oktober 2021 dengan semua pembatasan Covid-19 dicabut.

Saat ini, wisatawan dari sekitar 45 negara termasuk AS dan Inggris berhak untuk bepergian ke Thailand tanpa visa, tetapi karantina hotel selama 14 hari menunggu.

Namun, ini diatur untuk berubah karena negara telah mengumumkan proposal “Karantina Hotel Area” untuk mengizinkan pengunjung asing meninggalkan kamar hotel mereka dan berkeliaran di sekitar properti setelah tiga hari pertama dari periode wajib 14 hari mereka.

Proposal awalnya akan dipertimbangkan untuk lima tujuan wisata teratas, seperti Chiang Mai, Chon Buri, Krabi, Phuket dan Surat Thani.

INDONESIA

Pada akhir 2020, pemerintah mengeluarkan kembali larangan bagi pengunjung asing, sementara menghentikan Jalur Hijau Timbal Balik untuk perjalanan dengan Singapura (kecuali dalam kasus-kasus tertentu seperti diplomat dan ekspatriat).

Meskipun demikian, pemerintah pusat sedang menyusun rencana yang memungkinkan wisatawan asing yang divaksinasi untuk kembali ke Bali secepat Juni 2021 di bawah program koridor perjalanan untuk menghidupkan kembali ekonomi lokal.

Tempat-tempat utama pulau itu, Ubud, Sanur dan Nusa Dua, kemungkinan akan dimasukkan dalam proyek percontohan di bawah protokol kesehatan yang ketat, menurut laporan media terbaru.

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno mengatakan pengaturan koridor perjalanan akan ditawarkan kepada negara-negara yang dinilai berhasil dalam program vaksinasi. Namun, sekitar dua juta penduduk Bali harus divaksinasi terlebih dahulu sebelum program percontohan dapat dimulai.

MACAU

Pembatasan perjalanan terus melarang warga negara asing memasuki Macau, dengan pengecualian Tiongkok Daratan, yang sebagian besar menikmati travel bubble. Namun, pengunjung Tiongkok memerlukan sertifikat tes COVID -19 negatif dengan masa berlaku tujuh hari, untuk memasuki wilayah tersebut. Transportasi antara Makau dan Hong Kong juga dibatasi ke Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau.

TAIWAN

Taiwan telah mengumumkan peluncuran travel bubble pertamanya yang diluncurkan 1 April dengan sekutu diplomatiknya Palau, dengan Singapura berpotensi masuk dalam daftar berikutnya.

Pembicaraan dilaporkan sedang berlangsung antara Taiwan dan beberapa negara di Asia Pasifik, termasuk Jepang, Korea Selatan dan Vietnam, tetapi kemungkinan travel bubble dengan Singapura “sejauh ini yang paling proaktif”, The Straits Times melaporkan menteri transportasi Taiwan Lin Chia-lung. seperti yang dikatakan.

Sejak Desember lalu, Singapura telah mengumumkan pencabutan pembatasan sepihak bagi para pelancong yang memasuki negara itu dari Taiwan, membebaskan mereka dari karantina wajib selama dua minggu dan hanya mewajibkan mereka untuk mengambil tes COVID -19 pada saat kedatangan.

AUSTRALIA

Sementara perbatasannya sebagian besar masih ditutup, negara ini sedang menangani travel bubble bilateral dengan negara tetangga Selandia Baru serta Singapura.

Pemerintah juga berencana meningkatkan batas kedatangan di luar negeri dan mempertimbangkan cara untuk memperluas kapasitas karantina.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan bahwa maskapai penerbangan akan terlibat erat dengan rencana paspor vaksin, dan jenis vaksin mungkin relevan.

Mirip dengan Singapura, wisatawan asing yang divaksinasi tidak akan dibebaskan dari karantina wajib hotel selama dua minggu di Australia.

YUNANI

Menteri Pariwisata Yunani Haris Theoharis mengumumkan pada ITB Berlin yang baru saja selesai bahwa Yunani berharap untuk dibuka kembali pada 14 Mei pada waktunya untuk musim pariwisata yang biasa, menyambut semua yang telah divaksinasi, memiliki antibodi atau dites negatif untuk virus corona.

Hingga saat itu, kemudahan pembatasan bertahap akan terjadi, dimulai dengan program percontohan dengan para wisatawan dari Uni Eropa serta negara-negara keberangkatan lain di mana vaksinasi telah berkembang, seperti Israel.

Pada catatan ini, kesepakatan baru yang memungkinkan warga Yunani, Siprus dan Israel yang divaksinasi untuk bepergian dengan bebas antara tiga negara juga ditandatangani pada 8 Februari, selama kunjungan perdana menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis ke Yerusalem.

SEYCHELLES

Seychelles mengumumkan awal bulan ini bahwa akan dibuka kembali untuk turis asing tanpa pembatasan mulai hari ini 25 Maret 2021.

Dengan pengecualian pengunjung Afrika Selatan, negara kepulauan di Samudra Hindia akan menyambut wisatawan global terlepas dari status vaksinasi mereka, dengan pengunjung hanya perlu menunjukkan tes PCR negatif yang diambil 72 jam sebelum keberangkatan.

Tidak akan ada karantina pada saat kedatangan atau pembatasan pergerakan diberlakukan, tetapi wisatawan diharuskan untuk tinggal di hotel yang bersertifikat mematuhi tindakan virus corona.

Pengunjung ke negara itu masih harus mematuhi langkah-langkah kesehatan masyarakat lainnya termasuk pemakaian masker wajah, jarak sosial, sanitasi rutin atau mencuci tangan.

INGGRIS

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada bulan Februari mengumumkan serangkaian tanggal untuk perlahan-lahan mengurangi lockdown nasional, termasuk mengizinkan hari libur asing paling cepat 17 Mei.

Hal ini telah memicu gelombang pemesanan dari Inggris yang haus perjalanan, dengan operator tour terbesar di Inggris, TUI, melaporkan lonjakan pemesanan sebesar 500% setelah pengumuman dibuat.

Maskapai diskon easyJet mengalami lonjakan permintaan penerbangan tiga kali lipat sementara Thomas Cook juga melaporkan peningkatan 75% dalam lalu lintas situs web.

ISLANDIA

Islandia telah membuka perbatasannya sejak 18 Maret untuk semua wisatawan dari Inggris dan AS yang telah divaksinasi atau dapat menunjukkan bukti infeksi COVID -19 sebelumnya.

Langkah tersebut menjadikan Islandia salah satu anggota UE pertama yang menghapus persyaratan karantina dan pengujian bagi pengunjung internasional sejak awal pandemi.

Evan Maulana