Munculnya staycation: Mengapa perjalanan Domestik Jadi Norma Baru pada  2021

0
8

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Menurut Organisasi Pariwisata Dunia, perjalanan internasional turun 22% pada kuartal pertama tahun 2020, dengan Maret saja mengalami penurunan 57%.

Hal ini menyebabkan kerugian sebesar US $ 80 miliar di seluruh sektor. Proyeksi saat ini untuk sisa tahun ini menempatkan penurunan perjalanan internasional antara 58% dan 78%.

Dilansir dari The Daily News, meskipun industri perjalanan internasional akan membutuhkan waktu untuk pulih, faktanya tetap bahwa orang-orang sangat ingin keluar dan pergi.

Dengan mayoritas dunia sekarang mengalami tingkat penguncian yang tidak terlalu ketat, hal ini telah membuka kemungkinan bagi orang-orang untuk bepergian di dalam negara mereka sendiri.

Perjalanan domestik sekarang sedang meningkat, meskipun perbatasan internasional mungkin ditutup, orang dengan cepat menemukan banyak hal untuk dijelajahi di halaman belakang mereka.

Sementara staycation secara tradisional berarti liburan yang dihabiskan di rumah, saat ini definisi tersebut telah diperluas untuk mencakup tinggal di dekat tempat Anda tinggal, atau di resor.

Bisa juga maksudnya kota yang berjarak beberapa jam. Banyak orang dengan cepat mengetahui manfaat staycation, dan hanya beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh liburan lokal meliputi:

Tidak perlu terbang

Anda dapat mencapai sebagian besar tempat di suatu negara dengan mobil, meskipun beberapa tempat mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dijangkau daripada yang lain.

Ini menjadikannya metode perjalanan yang menarik, karena Anda tidak dibatasi oleh ruang terbatas, dengan orang yang tidak Anda kenal, selama perjalanan.

Meskipun maskapai penerbangan bersikukuh bahwa pesawat mereka memiliki sistem penyaringan udara mutakhir yang menyaring udara di dalam kabin, tidak ada jaminan hal ini dapat membunuh semua kuman. Banyak orang akan merasa tidak nyaman saat menginjak pesawat sekarang, dan untuk alasan yang bagus.

Jika Anda berkendara ke tujuan, Anda memegang kendali penuh atas lingkungan Anda dan dapat membersihkannya untuk kepuasan Anda. Selain itu, tidak perlu menggunakan masker saat mengemudi. Karena banyak orang kesulitan memakai masker selama berjam-jam, ini adalah keuntungan yang sangat besar.

Tidak ada risiko penutupan perbatasan

Jika Anda bepergian secara domestik, tidak ada kemungkinan untuk tidak dapat kembali ke negara asal Anda jika perbatasan tiba-tiba ditutup. Berita tersebut penuh dengan cerita tentang para pelancong yang terjebak di negara-negara yang jauh dari rumah karena penutupan perbatasan

Soalnya hal ini dapat menyebabkan banyak komplikasi. Dalam beberapa kasus, para pelancong berada dalam kondisi limbo selama berbulan-bulan, menunggu untuk pulang.

Ini adalah kekhawatiran yang tidak akan memengaruhi wisatawan lokal, karena pergerakan mereka tidak akan diatur oleh penutupan perbatasan, atau perubahan tiba-tiba pada peraturan pemerintah. Jika wabah COVID-19 merebak atau ada peraturan baru yang diberlakukan, pelancong domestik akan jauh lebih dekat ke rumah

Mereka dapat kembali dengan selamat, dan pada waktu yang tepat. Ini mengurangi stres saat bepergian, dan membuatnya jauh lebih menyenangkan.

Pemotongan biaya

Menyinggung lagi poin perjalanan udara, jika Anda berkendara ke tujuan Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk menyewa mobil.

Ini membuat perjalanan Anda jauh lebih terjangkau. Bensin juga umumnya jauh lebih murah daripada tiket pesawat, dan Anda dapat menganggarkan sesuai dengan jarak yang ingin Anda tempuh.

Saat Anda bepergian di dalam negara Anda, Anda tidak tunduk pada nilai tukar yang berfluktuasi, yang dapat sangat menambah label harga liburan Anda.

Perjalanan domestik tidak perlu membuat khawatir tentang dokumen tambahan seperti paspor atau visa. Hal ini membuat stres Anda berkurang, dan juga menghemat biaya.

Dengan industri perjalanan dalam kesulitan seperti itu, sejumlah besar perusahaan menawarkan penawaran atau diskon yang luar biasa. Untuk pelancong domestik.

Kesempatan untuk tinggal di hotel mewah atau makan di beberapa restoran terbaik mungkin dapat dijangkau untuk pertama kalinya. Peluang di dunia baru terbuka bagi penduduk setempat, dan dalam banyak kasus, mereka menjadi turis di kota mereka sendiri.

Mendukung lokal

Setiap industri, sektor, dan individu telah terpengaruh secara negatif oleh COVID-19 dengan satu atau lain cara. Sektor perhotelan, perjalanan, dan pariwisata telah terkena dampak paling parah, dan dalam beberapa kasus masih belum dapat beroperasi sepenuhnya. Dengan bepergian secara domestik, Anda mendukung bisnis lokal dan membantu mereka bangkit kembali.

Dari hotel hingga restoran, pub, dan tempat wisata lokal, semua orang akan mendapatkan keuntungan saat Anda bepergian di dalam negeri. Entitas ini mungkin sebelumnya hanya mengandalkan pengunjung internasional, tetapi sekarang, penduduk lokal akan menjadi sumber pendapatan utama mereka.

Perekonomian lokal membutuhkan semua bantuan yang bisa mereka dapatkan, dan daripada menghabiskan uang Anda di negeri asing, Anda akan membantu warga negara Anda sendiri menghadapi badai.

Mendorong eksplorasi lokal

Bagi banyak orang, perasaan berada di dekat rumah adalah perasaan yang aman, dan selama pandemi keamanan telah menjadi perhatian utama.

Seiring dengan berkembangnya peralihan dari perjalanan internasional ke domestik, orang akan menginvestasikan lebih banyak waktu dan upaya untuk menjelajahi lingkungan sekitar mereka karena mereka merasa lebih aman.

Di sebagian besar kota kecil dan kota besar ada banyak atraksi yang dilihat penduduk setempat sepanjang waktu, tetapi jangan dijelajahi. Sekarang, atraksi ini akan menarik perhatian lokal – dan pendapatan lokal.

Hal Ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan karena banyak orang akan menjadi pengunjung berulang ke tempat-tempat yang sebelumnya tidak pernah mereka pertimbangkan untuk dikunjungi.

Tren baru yang akan terus ada

Dapat dikatakan bahwa di tengah pandemi, kebiasaan bepergian berubah. Tidak ada yang tahu berapa lama pembatasan perjalanan internasional akan diberlakukan, dan kapan industri perjalanan akan kembali normal.

Namun, dapat dikatakan bahwa setidaknya untuk beberapa bulan ke depan, perjalanan domestik akan mengalami pertumbuhan pesat, terutama selama musim perayaan.

Jika sebelumnya orang akan terbang secara internasional, fokus mereka sekarang adalah pada tujuan yang dapat mereka tuju, tanpa risiko penutupan perbatasan.

Untungnya, ada manfaatnya, dan alih-alih melihatnya sebagai sisi negatif, ini bisa dianggap positif. Bepergian ke dalam negeri meningkatkan ekonomi lokal, dan itu adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan saat ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.