Home BELANJA Momentum HPN, Pemprov Kalsel Luncurkan Bus Wisata Vintage dan Galakkan Wisata Sungai

Momentum HPN, Pemprov Kalsel Luncurkan Bus Wisata Vintage dan Galakkan Wisata Sungai

0
15

Presiden Jokowi dan undangan VIP menikmati bus wisata. ( foto-foto Humas HPN 2020)

BANJARMASIN, bisniswisata.co.id: Manfaatkan Momen HPN 2020, pemprov Kalimantan Selatan meluncurkan peresmian operasional bus wisata bergaya Vintage ala rumah Banjar yang digunakan oleh Presiden Jokowi serta para undangan VIP lainnya di area lokasi penanaman pohon.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Hutan Pers Taman Spesies Endemik dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Sabtu lalu ditandai dengan penananaman pohon Marsawa di hutan yang berada tidak jauh dari kantor Gubernur Kalimantan Selatan yang baru di Banjarbaru.

Keberadaan Bus Pariwisata itu juga sebagai simbol keseriusan pemerintah daerah mengoptimalkan pembangunan kepariwisataan. Oleh karena itu Ketua PWI Pusat, Atal S Depari mengungkapkan apresiasi ketersediaan bus Pariwisata di lokasi Presiden Joko Widodo melakukan penanaman pohon, di area Perkantoran Pemprov Kalsel.

“Terlebih RI 1 bersama sejumlah menteri berkenan ikut naik bus dan tampak senang di sepanjang jalan menuju lokasi Peringatan HPN, Perkantoran Setdaprov Kalsel,” katanya.

Atal S Depari juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan tinggi kepada Gubernur H Sahbirin Noor dan jajaran atas perhatian luar biasa dalam mendukung HPN 2020.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kalsel atas keramahan menyambut setiap tamu yang datang.”Tiada ucapan terbaik di HPN tahun ini selain terimakasih dan kesan sangat, sangat luar biasa,” ujarnya.

Bus Wisata baru andalan Dispar prov. Kalsel
Ketum PWI Pusat Atal S Depari bersama istri, Indah Kirana, Ketua IKWI, menikmati wisata Sungai Martapura. Banjarmasin.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan bentuk busnya sengaja dibikin unik, bergaya vintage alias jadul dan ada sisipan budaya khas Banjar dengan warna kuning menyolok, warnanya bubuhan Banjar,” ungkap Sahbirin Noor atau yang akrab dipanggil Paman Birin.

Untuk sementara ini, lanjut  Paman Birin, bus wisata tersebut akan melayani rute Banjarbaru ke Desa Kiram dan Tahura Sultan Adam, dua destinasi yang digenjot potensi wisatanya oleh Pemprov Kalsel. 

Namun tidak menutup kemungkinan akan diperluas lagi rute yang dilalui bus wisata tersebut ke destinasi-destinasi wisata lainnya yang ada di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin.

“Bukan hanya destinasi wisata alam, Dinas Pariwisata Prov Kalsel juga berencana memperluasnya menjadi wisata religi, budaya, dan wisata kuliner,” terang Paman Birin.

Saat pertemuan insan pers  dihadapan Presiden Jokowi, Paman Birin sempat berpesan agar semua tamu HPN 2020 tidak lupa membawa pulang oleh-oleh intan dan kain Sasirangan yang menjadi suvenir khas Martapura dan Kota Banjarmasin.

Pariwisata Pemprov Kalsel memang menggeliat saat perhelatan nasional itu terutama untuk kegiatan di Siring, Pasar Terapung Kuin dan wisata kuliner. Toko kerajinan juga diserbu banyak pembeli. 

Humas HPN mencatat sekitar 4000 peserta termasuk pendamping, rombongan duta besar negara sahabat, para undangan dari berbagai organisasi pers termasuk Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia ( IKWI) yang dipimpin Indah Kirana, istri Ketum PWI, Atal Depari.

Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari dan istri menyempatkan diri menikmati wisata di Sungai Martapura yang merupakan anak Sungai Barito. Keduanya menaiki perahu dari pinggir sungai di Taman Siring ditemani Bendahara HPN, Dar Edi Yoga dan salah seorang panitia Bidang Pameran HPN, Wilson Bernadus Lumi. Atal S Depari tampak sangat menikmati perjalanan menyusuri sungai Martapura.

Sungai Martapura sendiri merupakan tempat pertemuan berbagai anak sungai yang banyak terdapat di sekitar Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sungai ini memiliki peran sentral dalam detak nadi kota. 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.