Minuman Khas Betawi Bukan Cuma Bir Pletok

0
517
Es Selandang Mayang

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Ibukota Jakarta ternyata memiliki beragam kuliner khas tradisional, yang patut dicoba. Tak hanya deretan makanan nan lezat, juga bisa mencicipi segarnya minuman khas Betawi. Selain ini, minuman khas Betawi yang ngetop adalah Bir Pletok, namun sederet minuman khas lainya tak kalah menarik dan tak pernah ketinggalan jaman.

Memang, minuman khas Betawi jarang sekali ditemui di jalanan, kafe apalagi restoran besar. Namun keberadaan minuman khas Betawi lebih banyak ditemui di kampung-kampung atau saat ada Festival Budaya & Kuliner Betawi, pelosok kota yang tetap setia menjaga kelestariannya.

Dan umumnya para pedagang minuman khas Betawi menjajakan minuman dengan gerobak atau kadang digendong dengan pikulan. Beberapa minuman khas Betawi, antara lain:

#. Es Selendang Mayang

Warna-warni Es Selendang Mayang kian memikat untuk disantap di tengah dahaga yang terasa di siang hari di ibu kota Jakarta. Yup! Salah satu minuman khas Betawi ini memang nampak segar dengan beraneka ragam adonan kue dan agar warna-warni yang dicampur bersama kuah santan nan gurih. Dengan tampilan warna-warni yang mengingatkan pada warna selendang, minuman segar ini nampak menarik usai disiram dengan saus gula merah. Jajanan tradisional ini bisa Anda jumpai di sekitar Glodok, Kota Tua, ataupun Kelapa Gading. Belakangan, sejumlah restoran khas Betawi di berbagai pusat perbelanjaan pun mulai menjajakan minuman tradisional ini.

#. Es Doger

Satu lagi minuman khas ibu kota yang bisa dicoba untuk menghilangkan dahaga, Es Doger. Bagi Anda yang tinggal di kawasan Jakarta dan sekitarnya, mungkin Anda akrab dengan jajanan yang banyak dijual di lingkungan sekolah ini. Peminatnya pun cukup banyak. Dengan mudah Anda bisa menjumpai penjual Es Doger di berbagai lokasi. Es serut yang disajikan bersama ketan hitam, potongan roti, singkong, dan susu kental manis ini menjadi minuman yang masih lestari hingga saat ini. Es Doger juga umumnya ditambahkan dengan sirup rasa kelapa ataupun stroberi yang membuat minuman ini tampak lebih menggoda.

#. Es Goyang

Ini dia minuman yang bisa membawa Anda kembali bernostalgia ke masa kecil. Minuman khas Betawi yang kian sulit dijumpai di Ibu Kota ini memiliki cara yang unik dalam proses pembuatannya. Pasalnya, sang penjual harus menggoyang-goyangkan bahan adonan yang digunakan di dalam gerobak mereka untuk dapat membuat Es Goyang. Meski bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan ini cukup sederhana, seperti santan kelapa, gula pasir, perasa makanan, dan tepung hunkue, bukan berarti rasa yang dihasilkan tak bisa menggoyang lidah Anda. Resep warisan nenek moyang Betawi ini masih bisa Anda temui di kawasan Kota Tua. Harga yang dibanderol pun dijamin bersabanat dengan kantong Anda.

#. Es Kolang Kaling

Minuman yang satu ini juga tidak kalah populer. Es ini sangat segar untuk dihidangkas saat cuaca sedang panas. Warna nya yang beraneka ragam juga menambah keunikan minuman yang satu ini. Kolang Kaling di Betawi punya sebutan buah Atep yang warnanya bening. Es Kolang Kaling ini berbahan dasar Buah Atep atau Kolang Kaling yang ditambahkan dengan gula pewarna dan juga beberapa bahan tambahan yang lain.

#. Es Teler

Minuman ini juga sangat terkenal hingga kemana mana. Banyak sekali tukang bakso ataupun pedagang kaki lima yang menawarkan minuman khas Betawi yang satu ini. Minuman ini sangat digemari karena memiliki citarasa yang sangat menyegarkan dengan banyak buah buah di dalamnya. Ada cerita unik yang di dapat dari penamaan Es Teler ini. Es ini dahulu dikembangkan sudah kira kira sejak 37 tahun yang lalu oleh pasangan suami istri Tukiman dan Samiyem yang pada awalnya memberi nama es ini es nagih. Namun berasal dari celetukan seorang pelanggan yang berkata “Wah, es ini enak sekali, bikin orang teler!”. Akhirnya nama untuk minuman ini berganti menjadi Es Teler.

#. Es Cendol Betawi

Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet.

#.Es Campur Betawi

Hampir semua orang pernah menikmati es campur yang banyak dijajakan mulai dari warung kaki lima sampai kelas restoran. Memang tidak ada aturan pakem mengenai bahan apa yang digunakan untuk membuat es campur karena pada dasarnya es campur merupakan es yang dibuat dari bermacam-macam campuran bahan yang terdiri dari aneka buah, cincau hitam, tapai singkong, dan lian-lain. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here