Menteri Susi Ingin Anambas Jadi Pionir Wisata Bahari

0
67
Wisatawan melakukan snorkling di Pantai Kusik Anambas (Foto; .potensilokal.com)

ANAMBAS, bisniswisata.co.id: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berharap pulau terdepan di Kepulauan Riau, seperti Anambas bisa jadi pionir utama industri perikanan dan pariwisata bahari. Pasalnya keberadaan Anambas, baik dari segi keamanan dan kehidupan masyarakat, memiliki peran penting bagi NKRI.

Apalagi, Anambas merupakan kabupaten terdepan yang berbatasan dengan banyak negara. “Di sini ada Laut China Selatan yang berbatasan dengan Singapura, Vietnam, Malaysia, Tiongkok, Filipina dan Thailand sehingga memiliki titik tawar penting bagi NKRI,” kata Menteri Susi seperti dilansir laman Kompas, Sabtu (20/7/2019).

Dilanjutkan, ada dua hal yang diperlukan untuk mencapai harapan tersebut, yakni kenyamanan dan keindahan, seperti gunung yang hijau serta laut biru dan banyak ikannya. “Selama saya berada di Anambas, tidak jarang menemukan terumbu karang di kedalaman 2-4 meter yang rusak diduga akibat destructive fishing dengan cara dibom dan menggunakan pottasium (portas),” ungkapnya.

Pengusaha dan pelaku penangkapan ikan diminata harus patuh dan tertib menjaga kelestarian untuk keberlanjutan usaha. “Pemerintah membuat aturan supaya ikan-ikan tetap produktif, ada, dan banyak. Jika sedikit, hanya cukup untuk makan tidak cukup untuk menghidupi keluarga, sekolah anak-anak kita,” ucap Susi.

Keindahan Pulau Anambas terdiri beberapa gugusan pulau-pulau nan indah dan eksotis, menempatkan sebagai peringkat pertama pulau tropis terindah di Asia versi CNN tahun 2012 mengalahkan Koh Cang dan Similand (Thailand), Langkawi (Malaysia), serta Teluk Halong (Vietnam).

Kepulauan Anambas memiliki 255 pulau, hanya 26 pulau saja yang dijadikan sebagai tempat tinggal penduduk. Sehingga ada sekitar 229 pulau yang masih bisa dieksplor untuk dijadikan wisata bahari.

Meski tak sepopuler Raja Ampat, ternyata keindahan Anambas layak disejajarkan. Sayangnya keindahan wisata bahari Anambas belum terekspos dan terangkat. Padahal potensi wisata pulau ini sangat menjanjikan. Ada beberapa destinasi wisata bahari di Anambas, antara lain:

#. Wisata Pantai
Anambas memiliki wisata pantai yang sangat indah. Ada lima pantai yang sudah ngehits, populer dan dikunjungi wisatawan. Pantai di Anambas memiiki ciri khas tersendiri. Juga Pesona kejernihan air laut sehingga banyak wisatawan terjun ke laut. Bahkan tempat paling ramai dengan kapal dan perahu di Tarempa. Apalagi jika menelusuri gugusan pulau yang tak berpenghuni. Kejernihan air laut dengan suguhan terumbu karang mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang memiliki hobi diving dan snorkeling.

Pertama, Pantai Arung Hijau dikenal menjadi spot sunset yang sempurna. Matahari dengan sinarnya yang mulai meredup perlahan tenggelam di balik laut. Selain menawarkan pemandangan matahari tenggelam yang eksotis pantai ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah baik di darat maupun dasar lautnya juga menjadi spot memancing terfavorit.

Kedua, Pantai Pantai Kusik untuk snorkeling karena ombaknya tenang. Biota laut dan terumbu karang benar-benar indah. Ketiga, Pantai Arung Hijau memiliki pasir putih berpadu dengan bebatuan warna hitam menambah keeksotisan. Keempat, Pantai Pasir Panjangyang mempunyai garis pantai sangat panjang juga beberapa pulau indah ad Pulau Lingai, Pulau Gentinguyut, Pulau Semersak, Pulau Musuh dan Pulau Nawan serta Pantai Pasir Panjang (Karkoon), Pantai Teluk Yang, Pantai Nawan dan Pantai Musuh.

Kelima, Pantai Kusik menjadi gambaran sempurna dari sebuah pantai tropis. Ombaknya sangat damai, pesisirnya ditumbuhi pohon kelapa. Garis pantainya tak panjang namun kurungan pulau-pulau di sekitarnya bikin pemandangan disana kian epik. Wisatawan bukan hanya dibuat betah oleh pemandangannya yang indah namun juga oleh keramah tamahan penduduknya.

Keenam, Pantai Padang Melang memiliki bentangan pasir putih berbulir halus sejauh 8 km. Pantai Padang Melang memiliki bentuk landscape melengkung seperti tapal kuda dengan hiasan pohon kelapa dan cemara. Deretan gazebo sebagai tempat untuk beristirahat juga telah tersedia di antara pepohonan, sehingga kita dapat memandangi keindahan laut di depan mata.

#. Wisata Pulau
Selain pantai yang menawan, Anambas juga memiliki wisata pulau yang layak dikunjungi. Ada beberapa pulau yang kerap disambangi wisatawan. Pertama, Pulau Penjalin memiliki lanskap alam yang komplit dari pesisir pantai hingga perbukitan. Pantainya dianugerahi dengan pasir putih nan lembut. Sudut pantai dapat ditemukan batuan granit yang memperindah pemandangan. Karakteristik pantai landai dengan visibilitas air yang cukup jernih. Jadi kegiatan paling disukai traveler di pulau ini adalah berenang dan snorkeling.

Kedua, Pulau Bawah, juga terdapat Pantai Arung Hijau terkenal dengan sunsetnya menawan. Pulau Bawah adalah refleksi dari kesempurnaan pulau tropis yang ada di dunia. Anggapan itu semakin dikukuhkan dengan gelar sebagai pulau terindah di Asia menurut survey yang pernah dilakukan oleh CNN Travel. Pulau ini mengalahkan kandidat lain yang tak kalah indah yaitu Koh Cang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Teluk Halong (Vietnam), dan Similand Islands (Thailand).

Ketiga, Pulau Durai menampilkan suguhan alam pulau tropis nan eksotis juga menjadi habitat alami dari jenis satwa penyu sisik dan penyu belimbing. Traveler bisa berwisata sekaligus mengenal satwa yang cukup langka. wisatawan. Pulau dengan pantai berpasir jernih dan berpasir putih ini adalah pemandangan biasa yang akan menyambut setiap pengunjung yang datang. Tak heran jika traveler yang datang merasa kurang afdhol jika tidak menyeburkan diri ke laut saat berada di pulau ini.

Keempat, Pulau Temawan menawarkan keindahan alam di darat dan laut, di permukaan hingga dasar air. Bersantai di pulau ini adalah kegiatan yang paling menyenangkan. Bagaimana tidak traveler akan disuguhi dengan pemandangan laut yang tenang dan hamparan pulau-pulau kecil di tengah laut. Kurang puas hanya bersantai di pesisir, traveler bisa lanjut nyebur ke laut. Dijamin tidak akan menyesal setelah bertemu aneka ikan kecil berwarna-warni di dasar perairan dangkal. Jangan lupa bawa kamera underwater.

Kelima, Pulau Penjalin terletak di Kecamatan Palmatak. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang memiliki pemandangan yang begitu cantik. Pasir pantainya putih. Lautnya sangat biru dan dangkal membuat pulau ini begitu nyaman untuk dikunjungi. Pulau yang masih perawan ini benar-benar mempesona, bebukitan yang menghijau dan bebatuan yang ada di pulau ini memeberikan kesan yang begitu indah.

Keenam, Pulau Piugus dikelilingi pulau-pulau kecil yang terhampar indah dengan pasir pantai berwarna putuh cerah. Bebatuan besar tertata indah membuat berdecak kagum siapa saja yang berkunjung ke pulau ini. Untuk akomodasi dan fasilitas, Anda tak perlu khawatir. Di pulau nan eksotis ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Ketujuh, Pulau Telaga terletak di dua desa yaitu telaga besar dan telaga kecil kecamatan Siantan selatan. Pulau ini sangat indah. Di tengah pulau ini terdapat sebuah gunung yang cukup tinggi menyajikan sebuah pemandangan yang luar biasa.

#. Air Terjun Temburun
Didalam gugusan pulau, Kepulauan Anambas juga memiliki pesona lainnya yang berada di darat yaitu Air Terjun Temburun. Air terjun yang memiliki pemandangan pantai ini berada di desa Temburun, kecamatan Siantan Timur. Lokasinya cukup sulit dijangkau jika melalui jalur darat namun pemandangan indah yang disuguhkan akan mengusir penat seketika. Melalui jalur darat air terjun Temburun bisa dijangkau dengan sepeda motor melintasi jalanan yang kondisinya sangat ekstrim. Rutenya melewati kampung Baru, Bukit Tengkorak, Kampung Tengah hingga Desa Rintis.

#. Tanjung Momong
Sebuah tanjung ini memadukan antara keindahan alam, laut yang jernih, hamparan pasir pantai yang putih serta terumbu karang yang terjaga. Garis pantainya yang panjang memberikan banyak pilihan bagi setiap wisatawan, namun ada satu spot yang wajib dikunjungi yaitu kawasan dermaga. Di tempat inilah yang paling banyak dikunjungi untuk bersantai hingga snorkeling. Berada tak jauh dari pusat Kota Tarempa, Tanjung Momong salah satu pantai terindah di Anambas. Pantai dengan garis pantai cukup panjang ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu indah berpadu dengan bebatuan yang begitu cantik. Wajar jika pantai ini disebut-sebut sebaga salah satu lokasi terindah di Anambas.

#. Pasir Busung
Pasir Busung merupakan sebuah pulau kecil yang hanya ada pasir putih di tengah lautan Anambas. Pasir Busung ini merupakan salah sarutempat eksotis untuk bersandar jika berada di Anambas. Pasir Busung ini hanya ditemui jika air sedang surut saja. Ketika Anda beruntung Anda akan menemui seonggok pasir putih dengan latar yang indah ketika Anda ingin mengunjungi Selat Rangsang, Manda Riau atau Penjalin. Memang tidak semua wisatawan beruntung bisa menemukan Pasir Busung sebab hanya saat-saat surut saja pulau ini akan muncul ke permukaan. Saat itu kapal bisa bersandar di tepi dan traveler bisa main di pulau pasir atau berenang di pantainya. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.