Mengenal Lebih Dekat Kabirkom Sekretariat Kemenparekraf, Agustini Rahayu

0
58
JAKARTA, bisniswisata.co.id : Para pejabat baru Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) sudah dilantik Menparekraf Wishnutama baru-baru ini, tepatnya Rabu (5/2/2020) di Jakarta.

Salah satunya, pejabat Kepala Biro Komunikasi (Kabirkom) Sekretariat Kemenparekraf/Sekretariat Utama Baparekraf. Nama lengkap pejabat teranyar itu Agustini Rahayu, ST., M.Si, yang akrab disapa Ayu.

Sebelumnya jabatan terakhir perempuan kelahiran Jakarta, 24 Agustus 1975 ini sebagai Asisten Deputi Pemasaran II Regional IV sejak 2018 sampai dengan sekarang.

Sewaktu mendapat kabar Ayu dilantik menjadi Kabirkom menggantikan pejabat sebelumnya Kabirkomlik Kemenpar, Guntur , ucapan selamat langsung dikirimkan  lewat pesan WA, sama seperti ucapan serupa ke sejumlah pejabat baru lainnya.

“Slamat ya sudah dilantik jadi Kabirkom Kemenparekraf/Baparekraf,” begitu isi pesan WA yang dikirim ke Ayu.

Beberapa jam kemudian, Ayu baru membalasnya.

“Hallo Mas Adji…maaf slow respon. Masih transisi nih…plus posisiku yg sebelumnya belum terisi, jadi nge-double dulu,” kata Ayu, akhir pekan lalu.

Ayu mendampingi Menparekraf Whisnutama saat kalangan pers melakukan Doorstop du Balairung Soesilo Soedarman

Ketika ditanya pendapatnya soal penulisan berita pariwisata yang bagus, jebolan S.1 Teknik Sipil Arsitektur dan Universitas Indonesia Ilmu Komunikasi ini mengatakan kalau angle berita untuk dunia pariwisata harus memakai narasi positif dalam kemasan berita untuk mendorong kejelasan informasi yang dibutuhkan travelers.

“Sejenis soft marketing communication yah Mas,” terang Ayu yang pernah menduduki posisi Kasubdit Wilayah Eropa 2013-2015 dan Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Media Elektronik 2015-2018.

Perihal banyaknya media peliput pariwisata, Ayu yang juga pernah memiliki karir sebagai Plt. Kabid Kemitraan Industri Pariwisata Januari 2018 dan Kabid Pemasaran Area IV Februari 2018 ini menilai positif.

“Namun memang konsistensi dan integritas media perlu dimaintain,” ujarnya dikutip dari Travelplus

Beberapa orang pernah menjabat sebagai Kahumas (kini istilahnya berganti nama jadi Kabirkom), antara lain Tjetjep Suparman jaman Menpar-nya Joop Ave, lalu Surya Dharma, I Gusti Ngurah Putra (era Jero Wacik), Noviendi Makalam dan Vincent Jemadu (masa Mari Elka Pengestu), dan Guntur Sakti (saat Menpar-nya Arief Yahya).

Kini di era Menparekraf Wishnutama, Ayu yang menjadi Kabirkom. Ayu adalah Kabirkom perempuan ke dua dan termuda di kementerian yang membidani kepariwisataan selama ini setelah Dra. Titien Soekarya ,M.Si  yang jabatan terakhirnya di Kemenpar sebagai Staff Ahli Menteri. Sukses dan semangat mbak Ayu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.