Melonjak Dratis, Kunjungan Wisatawan Indonesia ke Taiwan

0
93
Obyek wisata Chiang Kaishek Memorial Hall Taiwan (Foto: Repro Google)

SURABAYA, bisniswisata.co.id: Wisatawan Indonesia nampaknya sudah bosan bahkan jenuh dengan kondisi pariwisata di negeri sendiri. Buktinya kunjungan turis Indonesia yang berkunjung ke Taiwan pada Januari 2019 mencapai 14.773 orang atau bertambah 1.747 wisatawan sekitar 13,47 persen, dibandingkan periode yang sama pada 2018.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan mengalami lonjakan yang sangat tajam. Tahun 2018 misalnya, jumlah wisatawan Indonesia yang datang ke Taiwan sebanyak 210.985 orang, bertambah 11,26 persen dibanding tahun 2017.

“Karena itu, Biro Pariwisata Taiwan akan meningkatkan promosi dan sumber dayanya dengan mengadakan empat pameran pariwisata Taiwan atau Expo Wisata Taiwan di dua kota besar di Indonesia. Kami optimistis dengan potensi pasar wisata Taiwan di Indonesia terus bergerak naik,” kata Taiwan Tourism Bureau Kuala Lumpur Office, Kelly Chan Siew Mun di Surabaya, Jumat (22/03/2019).

Kelly menjelaskan Expo Wisata Taiwan yang pertama diadakan di mal termegah di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu dan Minggu, 23 dan 24 Maret 2019. Tema pameran kali ini adalah Festival Musim Panas dan Karnaval Balon Udara Internasional, yang dipadukan dengan lautan bunga lily, kincir angin. Pengunjung pameran bisa berfoto juga di titik-titik yang menarik dan menikmati permainan tradional anak Taiwan.

Diakui, pameran ini merupakan tahun kesebelas Taiwan masuk dalam 10 Rekomendasi Destinasi Wisata Dunia di situs laman perjalanan internasional, Globe Spots. Taiwan berada diurutan ke-8 dari salah satu dari Destinasi Wisata Dunia 2019 yang direkomendasikan. Selain itu, Taiwan juga berada dalam urutan 19 Destinasi Terfavorit 2019 yang dikeluarkan situs penginapan Airbnb.

Saat travelling ke Taiwan, wisatawan bisa mengikuti berbagai festival, seperti Festival Musim Panas dan Karnaval Balon Udara Internasional Taiwan. Salah satu wisata kuliner populer dari Taiwan misalnya es mangga dan pengunjung bisa menikmati keindahan bunga lily jika datang di bulan Juli dan Agustus 2019.

Juga permainan anak-anak yang menarik misalnya lempar gelang, lempar pasir, kelereng, dan memancing botol. Supaya dapat menarik lebih banyak wisatawan muslim, sejumlah fasilitas umum di Taiwan, seperti Stasiun Kereta Api Kaohsiung, Bandar Internasional Taoyuan, Stasiun HSR Taichung, dan 13 area wisata nasional di sana sudah dilengkapi dengan tempat salat.

Tersedia juga aplikasi untuk mencari restoran halal. Taiwan berada di posisi kelima di Global Muslim Tourism Index atau GMTI dari negara-negara non-Muslim, tambahnya seperti dilansir laman Tempo.co. Tertarik? (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here