Marakkan IMF-Bank Dunia, Karnaval Budaya Bali Dibuka Presiden Jokowi

0
390
Presiden Jokowi bunyikan Okokan membuka Karnaval Budaya Bali (Foto: Setkab.go.id)

NUSA DUA, bisniswisata.co.id: Menyemarakkan pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan mengenakan busana adat Bali menghadiri Pembukaan Karnaval Budaya Bali. Event budaya dan pariwisata digelar di depan SOGO Bali Colection, Kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10) petang.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya buka secara resmi acara pembukaan karnaval budaya bali dari lahir hingga kematian,” ucap Presiden Jokowi dengan membunyikan Okokan – alat musik tradisional Bali, didampingi Gubernur Bali I Wayan Koster dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Acara Karnaval Budaya Bali diawali dengan membunyikan Okokan, kemudian ritual Ketuk Bumi, selain itu juga ada atraksi Ogoh-ogoh, serta kebogan buah dan bunga.

Gubernur Bali I Wayan Koster dalam sambutannya menyampaikan, tema kegiatan kali ini adalah The Life Economic of Bali. Ia juga menambahkan bahwa Bali juga dikenal sebagai Pulau Cinta atau Island of Love.

“Dalam memaknai dan ikut memeriahkan Annual Meeting IMF-World Bank Group 2018, ditampilkan karnaval budaya dengan menampilkan berbagai keragaman, kemegahan, dan keagungan budaya Bali dan dikemas dalam karya seni pertunjukan kolosal yang inovatif, atraktif, dan dinamis,” ujar I Wayan Koster seperti dalam keterangan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Sabtu (13/10/2018).

Kehadiran Presiden dalam karnaval kali ini juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Dewa Putu Beratha Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia penyelenggaraan Karnaval Budaya Bali kali ini.

“Kehadiran Bapak Presiden ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa karena akan memotivasi masyarakat Bali terutama senimannya untuk tetap terus menjaga, memelihara, dan mengembangkan kebudayaan Bali,” kata Dewa Putu Beratha.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kegiatan ini adalah Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Staf Khusus Presiden Johan Budi, dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Ribuan warga ikut menyaksikan karnaval yang berlangsung di sepanjang jalan utama menuju ke Nusa Dua, Bali. Bahkan delegasi pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia 2018 nampak antusias mengambil gambar seluruh proses pawai kebudayaan. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.