Lima Kuliner Surabaya Bikin Kangen

0
44
Rawon

SURABAYA, bisniswisata.co.id: Surabaya adalah kota yang menarik. Kota ini memiliki suasana yang tidak jauh berbeda dengan Jakarta, namun masih terasa tradisional. Interaksi antar warga yang masih kental budaya Jawa Timur pun menjadi ciri khas dari Surabaya.

Namun, ada satu hal lain yang membuat kota ini terasa begitu candu, yaitu kulinernya. Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya.

Kuliner khas Surabaya di atas memang bisa Anda temukan di kota lain. Namun tetap saja tidak ada yang seotentik di Surabaya. Lima kuliner Kota Pahlawan ini, seperti dilansir laman Industry, Rabu (23/10/2019), antara lain:

Rawon

Rawon adalah salah satu kuliner khas yang menjadi primadona di Surabaya. Anda bisa menemukan berbagai warung, restoran, atau kafe sekalipun yang menjajakan hidangan berkuah hitam ini. Anda pun bisa menikmati rawon kapanpun. Baik untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Diisi dengan irisan daging dan tauge membuat rawon bisa menjadi pilihan sarapan untuk memulai hari. Kehangatannya pun membuat rawon tepat sebagai makan malam. Saat ini cukup banyak rawon dengan cita rasa yang khas, salah satunya Rawon Kalkulator.

Pecel rawon

Sekali lagi, bukan Surabaya kalau tidak menyajikan sesuatu yang unik. Bila Anda sudah biasa menemukan menu rawon, dan nasi pecel sudah menjadi hal yang biasa untuk Anda, maka nasi pecel rawon adalah pilihan tepat bagi Anda. Di atas kertas mungkin hidangan ini terdengar aneh. Tapi rasa pedas bumbu pecel ternyata bisa berpadu sempurna dengan gurih kuah kaldu dari rawon. Rasa unik yang dihasilkan oleh pecel rawon ini juga membuatnya menjadi salah satu menu sarapan favorit di Surabaya.

Nasi bebek goreng

Bila Anda adalah pecinta bebek goreng, maka Anda akan berbahagia saat traveling di Surabaya. Sebab kota yang dipimpin oleh Ibu Risma ini memiliki banyak jajanan bebek goreng yang penuh bumbu. Apalagi kalau Anda menyenangi bebek goreng kering yang krispi. Hidangan nasi bebek dengan ditemani sambal ekstra pedas juga sangat tepat dinikmati untuk makan siang dan makan malam. Baik dengan nasi uduk ataupun nasi putih biasa, menu ini tidak akan mengecewakan Anda. Di beberapa tempat bahkan nasi bebek ditambah taburan serundeng yang membuatnya semakin gurih.

Nasi pecel

Nasi pecel sayur memang menjadi salah satu kuliner khas tanah Jawa. Namun bukan Surabaya kalau tidak memiliki cara membuat nasi pecel menjadi lebih unik. Nasi pecel di Surabaya, layaknya nasi pecel di Jawa Timur, memiliki cita rasa yang lebih pedas. Rasa pedasnya pun tidak sekuat nasi sambal, jadi jangan khawatir. Bumbunya yang pedas dan sayurannya yang kaya serat, dijamin akan melancarkan pencernaan Anda.

Nasi sambal

Surabaya mungkin sering dicap sebagai kota yang panas. Klaim itu sebetulnya masih bisa diperdebatkan. Namun, tidak dengan kepedasan sambalnya. Apalagi menu nasi sambal yang menjadi khas kota pahlawan. Biasanya nasi sambal dilengkapi dengan lauk ayam goreng, lele goreng, telur, dan tempe. Bagi Anda yang bernyali baja, silahkan mencicipi kuliner kaya protein ini. (ndy/Industry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.