Libur Lebaran, Tips Berwisata ke Borobudur

0
117
Borobudur, warisan budaya didatangi wisman (Foto: Repro Google)

MAGELANG, bisniswisata.co.id: Candi Borobudur masih menjadi destinasi wisata favorit saat singgah ke Magelang, Jawa Tengah. Candi Buddha terbesar di dunia ini memang punya daya tarik tersendiri. Biasanya saat liburan Lebaran, Borobudr selalu dibanjiri wisatawan lokal, nasional hingga internasional/

Dan, tak ada salahnya ketika berkunjung ke Borobudur mengetahui beberapa hal penting, terutama soal aturan untuk menjaga kondisi candi yang jadi Situs Warisan Budaya Dunia dari UNESCO. Berikut tips, panduan untuk kamu yang ingin libur ke Candi Borobudur seperti dilansir laman Kompas, Sabtu (01/06/2019):

#. Lebih baik sewa pemandu wisata

Sayang rasanya jika ke Candi Borobudur hanya untuk foto-foto. Ada banyak kisah menarik dari Candi Borobudur yang dapat dipelajari dan melihatnya dari sudut pandang berbeda. Ada banyak pemandu wisata local di Candi Borobudur. Masing-masing pemandu wisata memiliki gaya dan cara penyampaian kisah Candi Borobudur sendiri-sendiri. Dengan pemadnu wisata, kamu bisa mendapatkan ilmu tambahan maupun pengalaman baru.

#. Kunjungan kelompok

Pihak Candi Borobudur akan mengatur kunjungan secara kelompok dengan jumlah minimal 30 orang. Setiap kelompok akan didampingi petugas yang akan mengarahkan jalur kunjungan selama di Candi Borobudur. Jalur kunjungan. Kini jika berkunjung ke Candi Borobudur, maka terdapat jalur yang disesuaikan dengan jam kunjungan. Terdapat dua jalur kunjungan yaitu jalur kuning dan jalur hijau. Hal ini agar mengatur pergerakan wisatawan sehingga tidak menumpuk di satu tempat

#. Jangan memanjat dan duduk di stupa

Ada banyak stupa dan patung di Candi Borobudur. Saat di Candi Borobudur, kamu jangan memanjat stupa, relief, maupun patung yang terdapat di dalamnya. Jangan pula duduk di atasnya. Sebenarnya tanda petunjuk untuk larangan ini sudah terpampang jelas, tetapi masih banyak wisatawan yang melanggarnya. Selain sebagai bentuk penghargaan terhadap Candi Borobudur, hal ini juga bagian dari pelestarian. Jangan lupa, batu-batu ini sudah berumur sangat tua dan pelan-pelan mulai terkikis.

#. Jaga lingkungan sekitar Borobudur

Jangan membuang sampah sembarangan, merokok di area Candi Borobudur, dan mencoret-coret candi. Jangan membawa makanan, senjata tajam, alat musik, dan hewan. Jagalah bangunan dan lingkungan Candi Borobudur, karena candi ini juga menjadi magnet wisatawan dari berbagai belahan dunia.

#. Waktu berkunjung

Waktu operasional mulai pukul 06.00 -17.00. Kamu ebaiknya datang di bulan Juni, Juli, atau Agustus. Sebab, di bulan-bulan ini cuaca cenderung cerah. Namun, Candi Borobudur selalu cantik dikunjungi kapan pun, khususnya saat pagi hari. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here