Libur Lebaran, Solusi Tepat Berwisata Bahari di Negeri Laskar Pelangi

0
129
Pulau Belitung (Foto: JSTOUR.NET)

BANGKA, bisniswisata.co.id: Libur lebaran tinggal menghitung hari. Wisata bahari pantai selalu menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu libur panjang saat Idul Fitri. Salah satu solusi yang tepat dan pas berwisata bahari di Kepulauan Bangka. Menuju Kabupaten Bangka Tengah, wisatawan langsung disuguhi pemandangan pantai yang panjang, sebelum tiba di Koba, ibu kota kabupaten.

Setiap pagi dan sore, pinggiran pantai selalu didatangi turis lokal warga untuk menikmati keindahan pantai bersama keluarga. Deretan pantai-pantai indah itu mampu mengusir keluh kesah dan seolah mengajarkan untuk banyak bersyukur kepada Ilahi atas kehidupan yang fantastis.

Sebelum tiba di Koba, wisatawan dapat menikmati Pulau Ketawai yang sangat indah dengan air biru jernih. Di pulau tersebut, wisatawan dapat menyelam menyaksikan ikan berenang disela-sela karang. Untuk tiba di Pulau ketawai, hanya menyeberang sekitar 20 menit dari tangkahan di Kecamatan Kurau, berjarak sekitar 40 km dari Kota Pangkal Pinang.

Di Kabupaten Bangka Selatan, seperti dilansir Antara, Ahad (26/05/2019) juga banyak terdapat pantai-pantai yang indah seperti Pantai Batu Perahu, Pantai Batu Kapur, Pantai Tanjung Kerasak, dan Pantai Tanjung Besar.

Namun yang paling sering dikunjungi adalah Pulau Kelapan yang berada di Kecamatan Lepar Pongok. Dengan airnya yang biru dan jernih, perairan Pulau Kelapan sering dijadikan lokasi menyelam untuk menyaksikan ikan yang berenang.

Ketika berkunjung ke Pulau Belitung, wisatawan semakin dimanjakan dengan keindahan alam Belitung. Sekelumit keindahan Belitung dapat disaksikan dalam film “Laskar Pelangi”. Memang proses menikmati keindahan alamya dapat dimulai dari Pantai Tanjung Kelayang. Pantai yang indah dengan paparan pantai berair jernih itu sering dijadikan lokasi berbagai even kepariwisataan.

Dari Pantai Tanjung Kelayang, wisatawan dapat menyeberang sekitar 30 menit untuk menikmati sejumlah pulau kecil seperti Pulau Lengkuas, Pulau Burung, Pulau Babi, dan Pulau Pasir. Di gugusan pualu tersebut, wisatawan dimanjakan dengan pemandangan yang “super indah”, termasuk dapat menyaksikan ikan yang berenang di sela-sela karang.

Di daratannya, wisatawan dapat menyaksiakan batu-batu yang sangat besar di Pantai Tanjung Tinggi yang dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Batu-batu tersebut teronggok gagah di pinggiaran pantai yang juga indah.

Selain pantai, Bangka Belitung juga memiliki waduk buatan yang sering disebut “Kolong” yang merupakan bekas lokasi penambangan timah. Kolong tersebut sering menghasilkan air berwarna hijau sehingga sering dijadikan lokasi swafoto.

Dengan banyaknya pantai dan alam yang sangat indah tersebut, termasuk berbagai makanan yang lezat, maka sangat layak jika Bangka Belitung disebut gambaran surga di dunia. Tertarik?

Bangka merupakan tempat wisata populer di Kepulauan Bangka Belitung. Pulau Bangka memikili wisata pantai yang indah. Jalur penerbangan ke Bangka juga ada setiap hari sehingga mudah dijangkau.

Sebelum plesiran ke pantai, selalu pakai tabir surya dan kacamata untuk menghalau silaunya sinar matahari. Bawa juga tikar dan payung untuk bersantai di pasir putih. Berikut beberapa pantai yang sebaiknya kamu kunjungi saat datang ke Pulau Bangka. Inilah lima wisata pantai di Bangka yang instagramable dan ngehits seperti dilansir Bisniswisata.co.id:

#. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi berada di Pangkalpinang dan selalu ramai pengunjung, terutama di akhir pekan dan hari libur nasional. Pantai ini memiliki pola yang landai dengan kontur pasir yang padat. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini biasanya memilih aktivitas berenang, bermain layang-layang, dan voli pantai. Ada juga pilihan wisata taman rekreasi Pasir Padi Bay dengan aneka wahana untuk keluarga.

#. Pantai Batu Rakit

Pantai Batu Rakit memiliki pasir putih. Pantai ini terletak di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok. Bagi pelancong yang penasaran dengan kuliner lokal, di pantai ini banyak pedagang otak-otak khas Bangka dan es kelapa.

#. Pantai Siangau

Pantai Siangau terletak di Desa Teluk Limau Kecamatan Parittiga. Sama seperti Pantai Batu Rakit, Pantai Siangau juga memiliki pasir putih. Pemandangan yang terhampar adalah biru air laut dan bebatuan.

#. Pantai Batu Perahu

Pantai Batu Perahu terletak di Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Pantai ini hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari pusat Kota Toboali dengan akses jalan aspal sampai tepi pantai. Pantai ini memiliki pasir putih bertekstur halus, susunan batu granit berukuran besar dilengkapi dermaga kecil tempat sandar perahu nelayan. Paling cocok datang ke sini menjelang sore untuk menikmati matahari tenggelam.

#. Pantai Tanjung Berikat

Pantai Tanjung Berikat terletak di Desa Batu Beriga, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung. Jarak tempuhnya sekitar 2 jam dari Koba atau 3 jam dari Kota Pangkalpinang. Pantai ini juga digunakan untuk upacara adat Taber Laut atau sedekah laut atau Rebo Kasan. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here