Labuan Bajo Kembali Dikunjungi Jokowi

0
39
Presiden Joko Widodo di Labuan Bajo (Foto: Istimewa)

LABUAN BAJO, bisniswisata.co.id: Destinasi Wisata Labuan Bajo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali mendapat perhatian serius Presiden Joko Widodo (Jokowi). Perhatian itu dengan dikunjungi langsung untuk memantau perkembangan Labuan Bajo yang berlangsung Ahad (19/1/2020) dan ini merupakan kali ketiga Kepala Negara ke Labuan Bajo.

Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada Minggu, 19 Januari 2020, bertolak menuju NTT guna melakukan kunjungan kerja. Dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Presiden dan rombongan lepas landas pukul 09.00 WIB dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Dan tiba di Bandara Komodo, Kabupaten Manggarai Barat pukul 11.50 WITA.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Jokowi melakukan sejumlah agenda kerja hingga Selasa, 21 Januari 2020. “Besok Presiden meninjau proyek pembangunan terminal multipurpose Labuan Bajo dan meninjau kawasan Puncak Waringin. Presiden juga akan meresmikan sarana pendukung pariwisata, yaitu sebuah hotel milik BUMN,” kata Heru dalam keterangannya.

Jokowi juga meninjau infrastruktur pendukung pariwisata di Labuan Bajo. “Seperti kita ketahui, Labuan Bajo merupakan salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas tahun ini,” ucap Heru.

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dulla mengatakan, Selama tiga hari, Jokowi akan meninjau perkembangan pembangunan kawasan wisata premium. Juga meresmikan Hotel Inaya atau Marina Bay Labuan Bajo yang dibangun pada 2019. “Selain itu Presiden menyerahkan sertifikat tanah kepada 2.500 orang,” ungkapnya.

Ditambahkan, Juli 2019, Jokowi telah meninjau infrastruktur di Labuan Bajo. Dalam beberapa kesempatan Presiden memang selalu menegaskan jika dirinya akan selalu memantau langsung pembangunan suatu infrastruktur, termasuk Labuan Bajo.

Nggak bisa dipungkiri, Labuan Bajo diberkahi panorama alam yang luar biasa. Tercatat ada 6 objek wisata favorit di Labuan Bajo yang dipilih wisatawan nusantara maupun mancanegara. Umumnya banyak wisatawan luar negeri justru lebih mengenal tempat wisata ini, karena populer dengan hewan purbanya, Komodo.

Memang Labuan Bajo bukan hanya wisata Komodo, ada sekitar 20 obyek wisata di kawasan ini. Dari jumlah itu, ada sekitar 6 obyek wisata yang ngetop dan hits disambangi pelancong, antara lain:

Pulau Rinca

Salah satu gugusan Pulau yang terletak di Kepulauan Komodo ini memang populer akan keindahan alamnya yabg memiliki jarak yang lebih dekat dari Labuan Bajo. Pulau ini memiliki titik tertinggi yaitu gunung dengan ketinggian 670 mdpl, sehingga ketika berkunjung di sini Anda akan bisa melihat sekeliling Flores dengan sangat indah dari ketinggian. Selain Komodo terdapat hewan lain yang hidup di Pulau ini seperti halnya kerbau, burung, dan juga babi liar. Sehingga untuk Anda para wisatawan yang ingin datang ke pulau Rinca baik yang berkunjung ketika pagi hari hingga siang hari. Namun akan rawan ketika sudah sore hari bahkan malam hari. Di Pulau Rinca para pengunjung akan mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan dengan penanaman tanaman bakau dan juga wisata alam lainnya.

Pulau Kanawa

Selain Pulau Rinca, ada pulau Kanawa yang memiliki air yang sangat jernih bahkan seperti halnya akuarium. Pulau seluas kurang lebih 35 hektar saja dan memiliki keindahan alam yang sangat cantik juga mempesona, terutama di bagian pantai dan juga bawah lautnya. Anda tidak perlu berenang atau menyelam ke dasar dan Anda bisa melihat air laut yang sangat jernih dengan warna biru kehijauan dan juga pasir putih yang masih sangat bersih. Hal ini menjadikan banyak wisatawan harus mematuhi peraturan yang diberikan oleh pemerintah dengan menjaga kebersihan dan juga tidak membuang sampah sembarangan, bahkan keindahannya dapat dilihat dari atas permukaan laut seperti terumbu karang ikan kecil bahkan penyu.

Pulau Padar

Pulau ini cukup terkenal atau populer setelah Pulau Komodo. Namun perbedaan antara Pulau Komodo dan Pulau Padar adalah hewan khas Flores yaitu Komodo. Di mana di Pulau padar ini Anda tidak bisa menemukan binatang seperti halnya Komodo untuk mencapai Pulau ini. Ada membutuhkan pemandu Yang berpengalaman dan juga pembawa kapal khusus yang sudah mengetahui area ataupun air laut di daerah tersebut Pulau Padar sendiri ditumbuhi banyak sekali rumput dan juga pohon-pohon besar dari puncak Pulau Padar ini ada dapat melihat keindahan laut di sekitar pulau padar dan pulau-pulau kecil lainnya. Jika ingin mengunjungi Pulau padar sangat disarankan untuk menggunakan sepatu gunung. Karena untuk mencapai puncak Pulau Padar jalanan cukup terjal dan akan sakit jika menggunakan sendal saja.

Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun ini terletak di kawasan Hutan Mbeliling dengan ketinggian 2.000 mdpl. Air terjun ini terlihat sekilas seperti Green Canyon karena memiliki suasana dan juga warna air yang sama, namun dengan versi yang lebih sempit di sisi lain berbagai bebatuan yang mengapit di sepanjang sisinya. Anda juga diperbolehkan memanjat bagian tersebut tidak memiliki sisi yang tajam dan sangat aman banyak sekali para wisatawan yang mencoba memanjat batu tersebut, kemudian meloncat dari ketinggian ke Air Terjun Cunca Wulang ini.

Gua Rangko
Gua Rangko merupakan sebuah gua dimana dihiasi oleh berbagai batu dan juga stalaktit yang tidak tajam serta sangat aman dengan terisi air laut berwarna biru jernih yang sangat eksotis dan juga indah. Namun sayangnya Gua Rangko ini merupakan salah satu area atau tempat wisata yang cukup sulit untuk diakses sehingga Anda harus berjalan kaki dan juga menggunakan jasa tour guide masyarakat setempat, agar tidak tersasar atau bisa mencapai tempat yang lebih mudah. Tempat ini susah dijangkau, namun semua usaha pasti akan terbayar ketika sampai dan berenang di Gua Rangko.

Wae Rebo
Sebuah tempat wisata yang seolah-olah berada di atas awan. Tempat wisata ini merupakan sebuah desa yang sangat unik dan juga eksotik. Di mana lokasinya yang berada di tengah-tengah pegunungan. Masyarakatnya masih menggunakan rumah adat serta melakukan kegiatan sehari-hari dengan sangat tradisional. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.