Komunitas Surfing Ajak Kaum Disabilitas Berselancar

0
203
Disabilitas tanpa kaki ikut Berselancar

HONOLULU, bisniswisata.co.id: Kaum disabilitas di Hawaii memilih untuk melawan stigma ketidakmampuan dengan menjajal ombak di perairan O’ahu. Berdiri sejak 12 tahun lalu, AccesSurf merupakan komunitas selancar berbasis di Honolulu yang terbuka untuk siapapun, termasuk orang dengan disabilitas.

Khusus orang dengan disabilitas, kegiatan selancar bisa dilakukan dengan panduan dari relawan dan atlet. Setiap Sabtu di awal bulan, kegiatan Days at the Beach dilangsungkan mulai pukul 09.00-13.00 waktu setempat.

“Program kami seolah dapat mengubah hidup. Bagi orang dengan disabilitas, kegiatan seperti selancar nampak seperti hal yang tak mungkin dilakukan. Namun, dengan bantuan sukarelawan dan atlet yang ikut serta dalam program kami, mereka bisa melawan kekurangannya,” ungkap Cara Short selaku perwakilan dari AccessSurf.

Seperti dikutip dari Lonely Planet pada Jumat (26/10), AccessSurf pertama kali memulai program selancar ini sejak November 2016. Kini AccessSurf sudah menjadi tuan rumah bagi 40 acara berselancar kaum disabilitas dan membantu memfasilitasi sekitar 2.500 peserta selancar dengan disabilitas setiap tahunnya.

AccessSurf bahkan turut membantu mengembangkan elemen Kejuaraan Dunia pertama bagi Selancar Adaptif di tahun 2015. Dalam dunia selancar adaptif yang kompetitif, ada lima kategori besar, yakni posisi berdiri atau berlutut, posisi duduk, posisi tengkurap, dengan bantuan pendayung atau dengan gangguan penglihatan.

Berkaca pada masuknya kategori selancar dalam Olimpiade 2020 di Tokyo, kategori selancar adaptif besar kemungkinannya diadakan pada Paralimpiade 2024 di Paris. Bukan cuma di Hawaii, AccessSurf juga melebarkan sayapnya dengan membuka cabang komunitas di Okinawa, Jepang. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.