Kelar COVID, 76 %  Wisatawan Nusantara Pilih Tujuan Wisata Domestik 

0
19

Candi Borobudur di Magelang, jadi salah satu tujuan wisatawan nusantara yang datang ke Yogyakarta ( Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Geliat wisata mungkin terhenti di momen yang tidak menentu ini selama pandemi global COVID-19, tetapi data  dari  Booking.com mengungkapkan  bahwa hal  ini  tidak  menghentikan orang di  seluruh  negeri  untuk memiliki harapan terkait perjalanan mereka di masa yang akan datang. 

Booking.com sebagai pemimpin perjalanan digital menelaah jutaan daftar keinginan wisata dibenak para wisatawan yang  tengah menanti selama dua bulan  terakhir dengan bekerja, belajar dan beribadah dari rumah untuk melakukan perjalanan wisata kembali disaat yang tepat. 

Walaupun destinasi Internasional seperti Tokyo, Kuala Lumpur dan Singapura terus menginspirasi impian perjalanan wisatawan nusantara ( Indonesia)  tapi tidak mengherankan jika destinasi wisata domestik meraih hampir 76% dari total daftar keinginan orang Indonesia di tengah masa yang penuh ketidakpastian ini.

Keinginan melakukan wisata domestik ini sebuah peningkatan dari periode yang sama tahun  lalu ketika properti domestik seperti hotel menyumbang  55%  dari yang masuk daftar keinginan. (Daftar keinginan merujuk pada berapa kali pengguna mengklik tombol hati pada properti tertentu di Booking.com). 

 Sejak  awal  Maret,  daftar  keinginan  teratas  destinasi  domestik  para  wisatawan  nusantara  adalah Yogyakarta, Jakarta, Ubud, Bandung dan Seminyak, hal ini menunjukkan pantai dan kota bercuaca cerah mendapatkan pilihan terbanyak diantara yang lain.  

Terkait destinasi internasional yang masuk daftar keinginan teratas para wisatawan nusantara  adalah kota-kota metropolitan Asia yang merupakan kombinasi antara kuliner yang otentik, budaya populer, kemudahan akses dan syarat perjalanan yang mudah meraih perhatian para wisatawan. 

Untuk kemudahan akses, Tokyo berada di peringkat pertama, diikuti Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok dan Seoul sedangkan Osaka, Kyoto, London, Paris dan George Town menyusul pada peringkat selanjutnya.

10 daftar destinasi wisata idaman para wisatawan nusantara  untuk destinasi domestik adalah Yogyakarta,  Jakarta, Ubud, Bandung, Cangu, Seminyak, Kuta, Surabaya, Uluwatu dan Jimbaran.

Sedangkan 10 destinasi Internasional yang ingin dikunjungi adalah Tokyo, Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok, Seoul, Osaka,  Kyoto, London, Paris  dan George Town.

Terkait keinginan dari wisatawan mancanegara ( global) kemana destinasi pilihannya maka ternyata Bali meraih peringkat kedua dalam daftar keinginan diikuti dengan Andalusia, Catalonia dan Florida. Sementara itu, Krasnodar Krai (Rusia) berada di posisi pertama. 

Total dari 27 destinasi di Indonesia yang masuk ke dalam daftar keinginan wisatawan global ternyata Bali, Nusa Tenggara Barat, DKI Jakarta, Yogyakarta dan Jawa Barat merupakan 5 destinasi di Indonesia yang paling diinginkan wisatawan global periode Maret dan April 2020. 

Bermimpi tentang perubahan suasana dan kesempatan untuk menikmati pengalaman menginap di luar rumah mereka sendiri dan jenis penginapan yang dipilih orang Indonesia atau wisatawan nusantara adalah, hotel, wisma  tamu,  villa,  apartemen  dan  resort.  

Hotel  menyumbang  43%  dari  seluruh  daftar  properti  yang diinginkan oleh wisatawan Indonesia dalam dua bulan terakhir.   Vikas Bhola, Regional Director, South Asia Pacific di Booking.com mengatakan  saat-saat ini adalah saat yang tidak  terduga  dan  menantang  di  mana  keselamatan  tetap  menjadi  prioritas  utama.

“Kita  mengetahui bahwa pada saat-saat seperti ini, bermimpi untuk menjelajahi dunia kembali memberikan kekuatan luar biasa  untuk  menyegarkan  imajinasi  kita  dan  membuat  semangat  tetap  tinggi,” kata Vikas Bhola.

Sungguh  menakjubkan melihat  beragam  pengalaman  wisata  yang  berbeda  yang  diimpikan  oleh  pelanggan  sementara mereka  menunggu  kesempatan  untuk  bepergian  kembali, tambahnya.

Membuat  daftar  keinginan  di  Booking.com adalah cara yang menginspirasi semua orang untuk mulai berharap tentang perjalanan mereka, dan pihaknya berkomitmen untuk mewujudkan impian-impian itu menjadi kenyataan ketika waktunya tepat

Survey yang dilakukan Booking.com, methodologinya berdasarkan  pada  perbandingan  data  daftar  keinginan  di  Booking.com  antara  bulan Maret  dan  April  2020  dengan  bulan  yang  sama  di  tahun  2019. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.