Kapal Pesiar Tabrakan & Tenggelam, 7 Turis Korsel Tewas 19 Hilang

0
142
Kapal pesiar menelusuri Sungai Danube di Buddapest

BUDDAPEST, bisniswisata.co.id: Akibat aliran arus sungai sangat deras karena terjadi badai hujan, Kapal pesiar Mermaid bertabrakan dengan kapal wisata lainnya. Kapal Mermaid terbalik dan tenggelam di Sungai Danube, Hungaria yang menyebabkan tujuh turis Korsel tewas dan hampir 19 orang hilang.

Insiden ini terjadi di dekat Gedung Parlemen Hungaria dan Jembatan Elisabeth dekat jantung pusat kota Budapest, pada Rabu (29/5) malam waktu setempat sekitar pukul 22.00 malam hari. Saat insiden terjadi, kapal wisata ini mengarungi sungai terpanjang kedua di Eropa. Namun malang, bertabrakan dengan kapal wisata lainnya yang diduga berukuran besar.

Wisata jelajah Sungai Danube memang sangat populer dan kerap didatangi para turis untuk tamasya. Dari atas kapal, para pelancong bisa menyaksikan pemandangan kota Budapest dan Gedung Parlemen yang menyala terang di malam hari.

Setelah terbalik dan tenggelam, seperti dilaporkan media-media lokal, kapal wisata itu ditemukan di titik dekat Jembatan Marguerite yang menghubungkan kota tua Buda dan distrik Pest usai pencarian selama berjam-jam. Untuk sementara waktu, akses ke Sungai Danube diblokir oleh otoritas setempat.

Kementerian Luar Negeri Korsel menyatakan, kapal pesiar itu membawa 33 wisatawan asal Korea Selata (Korsel) juga dua awak kapal asal Hungaria. Tujuh wisatawan dapat diselamatkan, sayangnya tujuh lainnya meregang nyawa dan 19 diantaranya hilang. Pemerintah Korsel mengirim tim penyelamat ke Budapest dan menawarkan konseling.

Dilansir Reuters, Kamis (30/05/2019), juru bicara ambulans Hongaria mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa 14 orang telah ditarik dari dalam air. Tujuh diantaranya tewas dan tujuh lainnya mengalami hipotermia namun kondisinya stabil.

“Kami mengevaluasi tujuh orang dari sungai dan dibawa ke rumah sakit dalam kondisi stabil dan dinas kami mencatat kematian tujuh orang lainnya,” ucap juru bicara Dinas Darurat Hungaria, Pal Gyorfi, pada Kamis (30/5) pagi waktu setempat.

Gyorfi menambahkan upaya pencarian untuk korban hilang terus dilakukan dengan bantuan tim penyelam. Kondisi Sungai Danube yang meluap akibat hujan lebat sejak awal Mei mempersulit upaya pencarian.

Media pemerintah setempat mengatakan, derasnya aliran air sungai menyulitkan upaya evakuasi. Sementara itu, suhu air berkisar antara 10 hingga 12 derajat celcius. National Ambulance Service melakukan pencarian di sepanjang bagian hilir sungai.

Menteri Kesehatan Hungaria, Ildiko Horvath, mendatangi lokasi dan menyampaikan belasungkawa untuk keluarga korban. Sedangkan Presiden Korsel Moon Jae-In meminta otoritas ‘mengerahkan seluruh sumber daya yang ada’ untuk operasi penyelamatan.

Kapal Mermaid memiliki panjang 27 meter dan memiliki dua tingkat, serta mesin setara dengan 150 tenaga kuda. Kapal pesiar tersebut mampu menampung hingga 60 orang. Kapal Mermaid merupakan kapal pesiar milik Panorama Deck Ltd. “Kami memobilisasi setiap sumber daya yang kami miliki untuk melindungi penumpang,” ujar Panorama Deck dalam sebuah pernyataan.

Panorama Deck menyatakan, Kapal Mermaid telah menjalani pemeliharaan rutin sejak 2003. Kapal dengan registrasi Hajoregiszter.hu awalnya dibangun di Uni Soviet pada 1949, dan menerima mesin baru buatan Hungaria pada 1980-an.

Seorang ahli mengatakan kepada televisi pemerintah, bahwa kapal pesiar kemungkinan bertabrakan dengan kapal yang sangat besar sehingga membuatnya tenggelam dengan sangat cepat. Lambung ditemukan di dasar sungai hanya beberapa ratus meter dari titik tambatannya. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.