EVENT INTERNATIONAL

Industri MICE Singapura Bersiap Untuk Catatkan Pemulihan yang Kuat

MUMBAI, bisniswisata.co.id: Industri Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions (MICE) di Singapura diperkirakan akan pulih dengan kuat, setelah kota itu dibuka kembali untuk pengunjung yang divaksinasi penuh tanpa persyaratan karantina dan pengujian. 

Dilansir dari Traveldailynews.asia, Singapore Tourism Board (STB) memanfaatkan momentum ini dengan meluncurkan program insentif yang ditingkatkan untuk grup MICE internasional.

Dengan rangkaian acara yang kuat pada tahun 2022 dan seterusnya, pemulihan penuh untuk industri MICE diharapkan dalam dua hingga tiga tahun. Ada indikasi bahwa pemulihan industri sedang meningkat. 

Singapura menyelenggarakan lebih dari 200 acara yang dihadiri oleh sekitar 49.000 delegasi pada tahun 2021. Dalam tiga bulan pertama tahun ini (Jan – Mar 2022) saja, Singapura menyelenggarakan lebih dari 150 acara yang dihadiri oleh lebih dari 37.000 delegasi. 

Jumlah ini akan meningkat, dengan setidaknya 66 acara internasional diamankan untuk sisa tahun 2022. Di bawah program In Singapore Incentives & Rewards (INSPIRE Global 2.0) oleh STB, grup MICE yang memenuhi syarat dapat menantikan pengalaman baru mulai dari bersantap dan atraksi hingga tour tematik dan tim building

Mereka dapat memilih dari lebih dari 80 pilihan pengalaman pelengkap yang dapat dinikmati delegasi di Singapura – peningkatan dari 54 pengalaman yang diperkenalkan di bawah INSPIRE Global 1.0. 

Mitra baru INSPIRE Global 2.0 termasuk atraksi wewangian terbaru Sentosa, Scentopia; 1-Group, grup gaya hidup yang menawarkan berbagai pengalaman bersantap; dan Urban Yogis, pusat kebugaran yoga yang menyediakan pengalaman membangun tim kesehatan. 

Sebuah kategori ritel baru juga telah ditambahkan untuk melayani para penggemar belanja, khususnya kelompok dari Greater China, Oceania, Asia Selatan dan Asia Tenggara. 

Pengalaman tersebut termasuk berbelanja eksklusif di Design Orchard, serta tur belanja di belakang rumah dengan sesi temu dan sapa dengan desainer.

STB juga akan terus menawarkan berbagai skema bantuan untuk menarik event MICE ke Singapura. Salah satu contohnya adalah skema Business Events in Singapore (BEiS), yang mendorong industri event bisnis untuk berinovasi dan menggelar event berkualitas di Singapura. 

Prospek positif untuk MICE mengikuti pelonggaran tindakan COVID-19 baru-baru ini di Singapura, seperti menghapus ukuran grup dan batasan kapasitas acara. Sejak April 2022, Singapura menyambut semua pelancong yang divaksinasi, tanpa persyaratan karantina dan pengujian. 

Perubahan ini telah membuat dunia lebih nyaman untuk bertemu di Singapura dan menggelar acara yang lebih besar dengan peluang yang lebih besar untuk berjejaring dan interaksi lainnya.

Tujuan MICE terkemuka dan rangkaian acara yang kuat

Singapura terus diakui sebagai tujuan pilihan untuk acara bisnis dan wisatawan MICE. Pada Januari 2022, Singapura menerima Penghargaan Ketua Asosiasi Manajemen Konvensi Profesional (PCMA) 2022 atas kontribusinya pada industri acara bisnis pada tahun 2021. 

Selain mendukung pengembangan peta jalan ketahanan industri untuk memberikan panduan tentang langkah-langkah manajemen keselamatan dan praktik terbaik, STB memberikan hibah pelatihan kepada para profesional industri yang memiliki keterampilan tinggi dan menjadikan tujuan tersebut sebagai acara bisnis internasional pilihan melalui berbagai kampanye pemasaran.

Tahun ini menandai kembalinya acara internasional marquee yang sangat dinanti-nantikan, termasuk Food and Hotel Asia – Food & Beverage (5–8 Sept) dan Food and Hotel Asia – Food & Beverage and Food and Hotel Asia – HoReCa (25-28 Okt) . 

Acara ini diharapkan dapat menarik lebih dari 30.000 peserta fisik masing-masing. Singapura juga akan menyambut banyak acara baru tahun ini, termasuk Konferensi Keamanan Kesehatan Global 2022 (28 Jun – 1 Juli) dan Cosmoprof + Cosmopack Asia (16-18 November).

Rangkaian acara MICE yang kuat mencerminkan kepercayaan penyelenggara acara terhadap dasar-dasar Singapura – budaya bisnisnya yang dinamis, infrastruktur yang sangat baik, pemerintahan yang stabil, dan rekam jejak yang luar biasa dalam menyelenggarakan acara berkualitas tinggi.

Di luar 2022, acara yang berlangsung di Singapura meliputi:

  1. antar bandara South East Asia (IASEA), 2023
  2. Asia Laut 2023
  3. Pertemuan Tahunan Asosiasi Merek Dagang Internasional (INTA) 2023 Live+
  4. Pameran & Konferensi Gastech, 2023
  5. SILMO Singapura, 2023 – 2025
  6. TEMUKAN – Pameran Desain Asia, 2023 – 2024
  7. transportasi logistik dan kargo udara Asia Tenggara 2023
  8. Asia CEO Summit @ Singapura, 2023 – 2024
  9. Kongres dan Expo Worldchefs, 2024
  10. Konvensi Internasional Rotary, 2024
  11. Konvensi Internasional Lions Clubs ke-110, 2028

“Kami telah meningkatkan berbagai skema dukungan MICE kami untuk membantu korporat India dan perantara perjalanan MICE mengembangkan rencana perjalanan Meeting & Incentive (M&I) bernilai lebih tinggi di Singapura dan memfasilitasi keputusan yang lebih cepat dalam pemilihan tujuan,” kata GB Srithar, Direktur Regional, India, Timur Tengah dan Asia Selatan, Badan Pariwisata Singapura (STB).

Dia telah menerima banyak pertanyaan tentang kemungkinan mengadakan program M&I di Singapura, mulai dari kelompok kecil hingga besar termasuk program M&I di atas kapal pesiar. 

Pada acara SATTE yang baru-baru ini ditutup di Greater Noida, STB dan pemangku kepentingan kami di Singapura senang dengan banyaknya prospek bisnis yang menjanjikan untuk paruh kedua tahun 2022 dan 2023.

” Ini adalah perkembangan yang sangat menggembirakan untuk perjalanan MICE dari India ke Singapura, ”, tambah kata GB Srithar,

Singapura baru-baru ini menyambut AkzoNobel India, perusahaan cat dan pelapis terbesar di dunia, yang melakukan perjalanan insentif dari 20 hingga 23 Mei 2022. Ini adalah kelompok insentif pertama yang didukung STB dari India yang terdiri dari 128 peserta.

Berbagi pengalamannya, Ajay K Mathew, Manajer Pertumbuhan Pendapatan, AkzoNobel India Ltd mengatakan perjalanan ke Singapura lancar dan tidak merepotkan dan pihaknya sangat terkejut dengan beberapa pengalaman baru yang ditawarkan Singapura. 

“Ini adalah perjalanan pertama kami ke Singapura setelah sekian lama karena COVID. Kami merasakan tingkat keamanan, kebersihan, efisiensi, dan kepercayaan Singapura yang tinggi yang merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan untuk perjalanan pasca-COVID, selain dari program pertemuan dan perjalanan insentif berkualitas yang telah dinikmati dealer kami.”

Dalam lima bulan pertama tahun 2022, India telah muncul sebagai pasar sumber terbesar kedua dengan lebih dari 140.000 kedatangan pengunjung ke Singapura, setelah Indonesia. Lintasan menunjukkan pemulihan yang sehat dari pasar India pada akhir tahun 2022.

Cara yang berkelanjutan untuk bertemu

Saat konsumen menjadi lebih sadar akan dampak pembelian mereka, profesional perjalanan dan pertemuan menuntut opsi yang lebih berkelanjutan saat merencanakan acara bisnis.

Siap, bersiap, go green!,  buku putih baru yang dirilis oleh STB dan American Express Global Business Travel (Amex GBT) – membahas tren utama pertemuan dan acara ramah lingkungan, peran yang dimainkan oleh sebuah destinasi, dan bagaimana perencana perjalanan dan pertemuan dapat mengukur keberlanjutan destinasi.

Rantai pasokan yang berkelanjutan juga merupakan pertimbangan utama, dengan 70% profesional perjalanan dan pertemuan menempatkan kepentingan tinggi atau sedang pada sertifikasi dan kredensial hijau saat memilih pemasok.

Sebagai strategi organisasi untuk mengurangi dampak lingkungan mereka, buku putih juga menawarkan tips praktis tentang bagaimana mereka dapat membuat pertemuan dan acara mereka lebih berkelanjutan, menggarisbawahi berbagai tonggak sepanjang perjalanan keberlanjutan.

 

Arum Suci Sekarwangi