Indonesia Industrial Moslem Exhibition ( ii-Motion) Dorong IKM Produk Halal

0
31
ii-motion ajang tingkatkan lermintaan produk/ jasa industri halal Indonesia. ( Foto: Kementrian Perindustrian).

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Ketua Indonesia Halal Lifestyle Center ( IHLC), Sapta Nirwandar menilai kehadiran Indonesia Industrial Moslem Exhibition ( II-Motion) tahun 2021 ini memotivasi Industri Kecil Menengah ( IKM) untuk terus eksis meski pandemi global belum berakhir.

“Kegiatan akan berlangsung virtual pada 3-5 Juni 2021 yang diselenggarakan oleh Kementrian Perindustrian. Pamerannya berlangsung secara virtual, namun untuk seminar secara hybrid dihadiri langsung sekitar 100 orang selebihnya lewat zoom,” kata Sapta Nirwandar yang akan menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan ini.

Selain Sapta Nirwandar, nara sumber lainnya adalah Gati Wibawaningsih, S Teks, MA yang menjadi Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka ( IKMA) Kemenperin. akan hadir pula Dr H.Mastuki, M.Ag, Plt Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal ( BPJPH).

Badan di bawah Kementerian Agama ini bertugas melaksanakan penyelenggaraan jaminan produk halal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Menurut Sapta, salah satu tujuan Indonesia Industrial Moslem Exhibition ( ii-Motion) adalah untuk mempertemukan produsen industri halal Indonesia dengan pasar dalam serta luar negeri. Pangsa pasar global terutama negara yang tergabung dalam  OIC ( Organisasi Kerjasama Islam atau OKI)  dan indonesia sendiri terhadap produk halal .

“Oleh karena itu diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong pertumbuhan IKM produk halal di seluruh wilayah di Indonesia,” ungkapnya.

Indonesia sebagai negara muslim terbesar dengan populasi mencapai 229 juta jiwa Muslim dari total 273,5 juta jiwa penduduknya. Populasi Muslim ini secara tak langsung menjadi penyumbang produsen produk-produk halal yang memenuhi kebutuhan nasional, dan berpotensi untuk dikembangkan ke ranah global.

Saat ini perkembangan produksi produk-produk halal Indonesia semakin meningkat, apalagi sejak pandemi melanda dunia yang memperkuat keberadaan produk-produk lokal.

Kondisi ini tentu membutuhkan wadah bisnis agar setiap produsen semakin tumbuh dan kuat berakar di Indonesia. ” Kita harapkan betul-betul dapat menjadi salah satu pendorong pertumbuhan IKM produk halal di seluruh wilayah di Indonesia,” tegasnya.

Mengangkat tema Indonesian Halal Industry Today, ii-Motion mencoba menampilkan wajah resilient (ulet) IKM Indonesia yang telah berhasil melewati berbagai krisis.

Mengusung tagline “Local is New Global”, ii-Motion memberikan contoh bagaimana produk dengan performa terbaik tetap memiliki tempat dalam persaingan pasar yang semakin sengit.

Halal Industry merupakan potongan kue highly segmented market yang telah berkembang menjadi gaya hidup dan telah banyak dianut oleh negara-negara di Dunia. ii-Motion hadir menjadi showcase produk Halal Industry, meyakinkan pasar bahwa IKM Indonesia mampu menjadi pemain penting dalam persaingan pada pasar Halal Industry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.