Indonesia Aquarobic Club selenggarakan Fun & Fit Aquarobic ke 3

0
91

Tim instruktur Aquarobic berfoto bersama sebelum memulai acara.

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Indonesia Aquarobic Club menyelenggarakan Fun & Fit Aquarobic ke 3 di Senayan Swimming pool, Gelora Bung Karno (GBK) menyambut Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun.

“Sedikitnya 80 peserta mengikuti kegiatan ini dengan semangat untuk hidup sehat, langsing dan terus berkontribusi bagi bangsa dan negara,” kata Atie Hardjolukito, pelatih sekaligus pendiri Mermaid Aquarobic dan Indonesia Aquarobic  Club, hari ini.

Acara yang berlangsung mulai jam 9.00 pagi sudah dipenuhi para wanita dari beragam usia, rata-rata 40 tahun ke atas yang menekuni olahraga air yang tidak menuntut seseorang harus bisa berenang tapi menjadi olahraga menyenangkan, mudah dan praktis ini. 

Aqua aerobic atau disingkat Aquarobic atau disebut aerobik air biasanya diselenggarakan selama 40-50 menit, seminggu 3 kali, terutama di kolam Cilandak Town Square (Citos) dan di kolam renang lainnya di bawah komando Mermaid Club sebagai pelopor club aquarobic di Indonesia.

Selain kompak mengenakan baju renang (swimsuit) berwarna merah dan hitam, para peserta ketika datang banyak mengenakan kostum dengan warna merah dan putih sehingga suasana kolam 50 meter di GBK itu penuh warna khas Kemerdekaan RI.

Celoteh akrab para ibu yang berfoto selfie ria dan suasana kental penuh persaudaraan membuat peserta makin ceria meski club latihannya berbeda-beda bahkan ada yang dari kolam-kolam renang milik pribadi.

” Sudah dua kali kami menyelenggarakan acara Fun & Fit menyambut ulang tahun Kemerdekaan RI ini di Kolam Renang Pondok Indah dan untuk yang ketiga kalinya tahun ini berlangsung di Senayan Swimming Pool GBK,” ujar Mira Djoekardi, salah satu pelatih Aquarobic.

Menurut Mira, penggemar olahraga ini umumnya memilih Aquarobic karena merupakan cara terbaik beraktivitas untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit yang dianggap sebagai penyakit orangtua, sebagai terapi seperti pasca strooke, jantung, syaraf kejepit dan penyakit lainnya serta  latihan bagi wanita hamil.

Aquarobic adalah olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan fisik dan kesehatan mental karena membakar kalori dan cocok untuk yang menginginkan berat badan ideal. Namun bisa juga untuk menurunkan stress, rasa gelisah dan ketegangan.

“Tidak heran acara tahunan ini seperti temu keluarga besar, silaturahim sekaligus latihan bersama, menghilangkan stress. Bagi calon anggota bisa sekaligus melihat bagaimana akrabnya sesama komunitas sehingga tertarik bergabung dan latihan bersama,” tambah Mira.

Indonesia Aquarobic  Club, ujarnya, adalah gabungan dari sejumlah club yang ada di bawah asuhan Atie Hardjolukito yang juga penulis buku Sehat & Langsing dengan Aquarobic. Atie juga sudah dua kali menyelenggarakan pelatihan instruktur sehingga mencetak 18 pelatih baru.

Latihan bersama club aquarobic di kolam renang GBK, Senayan
Peserta Fun & Fit menyambut HUT Kemerdekaan RI

Femmy Firzia Yatim, salah satu peserta yang memiliki penyakit auto imun merasakan manfaat besar dengan berlatih Aquarobic secara teratur sehingga penderita fibromyalgia, rheumatik dan nyeri sendi lainnya ini bisa mengatasi penyakitnya bahkan tanpa obat.

Kondisi autoimun kronis ini menyebabkan nyeri tubuh yang tersebar luas di otot dan sendi. Gejala lainnya termasuk kelelahan, iritasi usus, gangguan ingatan, jantung berdebar, gangguan tidur, migrain, kesemutan, dan nyeri tubuh. Wanita lebih mungkin untuk mengalami fibromyalgia dibanding laki-laki. Biasanya, fibromyalgia diderita oleh orang berumur di antara 20 sampai 50 tahun.

” Menang harus komitmen untuk latihsn teratur di kolam  40-50 menit. Jelang dan pasca Lebaran sempat terhenti maka  badan sakit-sakit kalau tidak latihan Aquarobic,” lanjut Femmy Firzia Yatim.

Mira menambahkan Fun & Fit juga membuka prospek murid-murid baru untuk bergabung. Namun bagi ibu-ibu muda yang masih disibukkan dengan menyiapkan bekal keluarga di pagi hari akan sulit datang konsisten ke kolam.

” Ibu-ibu muda kalau sedang hamil akan getol berlatih tetapi kalau mereka tidak ada keluhan setelah melahirkan banyak pilihan seperti zumba, aerobic, yoga dan lainnya. Tantangan di Aquarobic adalah setelah latihan di air maka perlu membersihkan diri dan berdandan lagi,” jara Mira Djoekardi.

Atie menambahkan meski kesannya ribet namun manfaat latihan secara teratur dapat meningkatkan denyut kerja jantung dan fungsi paru-paru, mengaktifkan fungsi sendi, melemaskan otot-otot yang nyeri serta mempertahankan kepadatan tulang.

“Kondisi ini membuat tubuh para ibu bugar, hati riang bertemu banyak teman dan pola tidur jadi terjaga dengan baik ritmenya,” kata Atie

Acara Fun & Fit berlangsung selama dua jam diisi dengan latihan bersama, acara permainan layaknya perlombaan 17 Agustusan di darat. Namun peserta menggunakan bola, noodles atau pelampung panjang, swimbelt, bendera kecil merah putih yang dibawa secara estafet untuk melatih kekompakan.

Di akhir acara, para instruktur dan peserta menyanyikan lagu 17 Agustus 1945, membentangkan tulisan Dirgahayu Republik Indonesia dan foto bersama. 

Banjir hadiah lomba dan kesempurnaan gerakan saat latihan bersama dicatat oleh para juri seperti Yati dan Lita yang memantau terus sehingga dipilih empat peserta terbaik.

Aquarobic termasuk jenis olahraga air yang banyak dibutuhkan di berbagai daerah di tanah air. Oleh karena itu peminatnya datang dari berbagai daerah terutana untuk melakukan terapi penyakit.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.