Imlek, Penumpang Bandara Depati Amir Terus Mengalir

0
246
Bandara Depati Amir Pangkalpinang (Foto: Bangka Pos)

PANGKAL PINANG, Bisniswisata.co.id: Perayaan Imlek 2018, aktivitas penumpang di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus mengalir dibandingkan hari biasa. Terjadi kenaikan sebesar 20 persen. Diprediksi grafiknya terus naik hingga tujuh hari setelah Tahun Baru China.

“Peningkatan penumpang ini sudah terlihat sejak sepekan sebelum perayaan Imlek,” kata General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depati Amir Pangkalpinang Ibut Astono, di Pangkalpinang, seperti diunduh Wartaekonomi.co.id, Sabtu (17/2/2018).

Dilanjutkan, kepadatan aktivitas di Bandara Depati Amir terlihat karena adanya puncak arus mudik penumpang, khususnya warga Tionghoa yang merayakan Imlek atau Tahun Baru China. “Padatnya aktivitas bandara karena kepadatan penumpang maskapai penerbangan dari Jakarta-Pangkalpinang, Palembang-Pangkalpinang dan sebaliknya,” ujarnya lagi.

Guna mengantisipasi kepadatan penumpang, maskapai Citilink dan Sriwijaya melakukan penambahan penerbangan (extra flight) dari hari biasa. “Sejak H-5 lalu, dua maskapai mengajukan penambahan penerbangan karena besar permintaan penumpang. Adanya permintaan itu, extra flight berlangsung hingga 28 Februari mendatang,” ujar dia.

Perayaan Imlek tahun ini, PT Angkasa Pura II ikut memberi suasana Imlek di Bandara Depati Amir dengan menghias beberapa sudut dan ruangan ornamen-ornamen Imlek yang akan memberi kesan tersendiri kepada penumpang. “Untuk memeriahkan suasana Imlek, kami juga menambah ornamen Imlek di beberapa sudut dan ruang tunggu,” ujarnya pula.

Salain merayakan Imlek, juga di Bangka ada event Pesta kembang api menghias langit dengan warna merah. Ini lah salah satu tradisi Imlek yang dapat ditemui di penjuru dunia. Kota Belinyu di Bangka rajin bikin pesta kembang api pas Imlek. Enggak hanya itu, ada juga pawai barongsai yang panjang bukan kepalang.

Setelah perayaan di siang hari ini usai, bisa datang ke beberapa pasar rakyat untuk menyambut Imlek. Suasana Tiongkok bakal sangat kerasa saat Imlek di Bangka. Sempatkan juga ke Vihara Dewi Kwan Im di Desa Jelitik. Ada kolam pemandianjuga mata air yang dipercara masyarakat Tionghoa bisa membuat awet muda tanpa operasi plastik ala artis Korea. (NDHYK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.