EVENT INTERNATIONAL LIFESTYLE NASIONAL PENDIDIKAN

Guru BK: Potensi Remaja Perlu Digali,   Mari Atasi Masalah & Bergabung di Zoom

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Generasi muda di Indonesia membutuhkan ‘pedengar’ yang baik untuk berbagai masalah yang dihadapinya di era digital. Oleh karena itu peranan orangtua, Guru bimbingan konseling  ( guru BK) serta  masyarakat harus berkontribusi, berkolaborasi dan bersinergi sehingga ke depan Indonesia memiliki sumber daya manusia yang berkarakter.

Hal itu terungkap pada zoom Gathering 1000 Guru BK yang akan mengusung tema ’Great Teacher as A Coach’ yang diselenggarakan oleh ESQ Leadership Center,  Selasa, 14 Mei 2024,  Live dari Studio Lt. 23, Menara 165, Jakarta.

Dalam menyiapkan SDM cerdas dan berkarakter untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 esensi peran guru BK dalam membentuk pribadi siswa yang berkarakter tangguh dan berdaya saing tinggi di era yang penuh tantangan ini sangatlah penting.

“ Menjadi ‘pendengar’ yang baik seharusnya kontribusinya dilakukan oleh orangtua di rumah, Guru BK dan guru lainnya di sekolah maupun waktu anak-anak sehari-hari beraktivitas di tengah masyarakat,”kata Coach Nurbaiti Rachman.

Porsi mendengarkan ini  harusnya setara atau seimbang sehingga ketika di rumah, di sekolah maupun di komunitas masyarakat, suara anak-anak terutama tingkat menengah atas  ( SMA/ SMK/ MA/MAK) baik negri maupun swasta dapat direspon dengan baik, tambahnya.

Saat ini yang terjadi adalah orangtua sibuk bekerja dan mencari nafkah sehingga tidak ada waktu untuk mendengarkan kebutuhan anak-anaknya agar ‘suara’ mereka di dengar baik berita gembira maupun keluhan sakit, di bully teman atau kesedihan lainnya. Sementara saat mereka beraktivitas ditengah masyarakat pilihannya belum tentu lingkungan yang baik.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus dan tidak ada kontribusi, kolaborasi dan sinergi antara Orangtua, Sekolah dan Masyarakat maka siapa yang akan menjadi pendengar suara hati mereka ?. Seharusnya ke tiga unsur utama di atas mampu berbagi peran siapa melakukan apa ?.

Untuk itu berikut narasumber-narasumber hebat yang akan bersama membahas masalah nasional ini yaitu Prof. dr. Fasli Jalal, Sp.GK., Ph.D., Rektor Universitas Yasri dan Mantan Wakil Menteri Pendidikn Nasional.

Kegiatan yang berlangsung dari jam 8.00 WiB hingga 12.00 WIB akan dipandu oleh Coach Arief G Wibisono, Master Trainer ESQ 3.0 Coaching dengan memberikan pelatihan dan tekhnik jitu untuk menjadi pendengar yang baik sehingga anak- anak menemukan jawaban dari masalah yang dihadapinya.

Sementara Coach Bram G Wibisono, seorang Master Trainer ESQ Hypnotherapy, menyelesaikan masalah-masalah masa lalu seseorang sehingga anak-anak juga dapat move-on dan bisa berfikir kreatif dan inovasif sehingga ke depannya dapat menentukan arah dan tujuan hidupnya di dunia maupun akhirat.

Coach Nurbaiti Rachman berharap para orangtua, guru dan anggota masyarakat bisa saling memberdayakan dan empowering sesama guru BK se-Indonesia pada acara Gathering Guru BK ini. Untuk ikut serta di zoom gratis ini bisa registrasi di ;

https://bit.ly/GatheringGuruBK

Setiap masalah selalu ada solusi maka jadilah bagian dari pejuang perwujudan generasi emas Indonesia 2045! 

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)