Gaun Rancangan Desainer Indonesia Diminati Selebriti Dunia

0
207
Bintang reality show Khloe Kardashian (kiri) memakai gaun rancangan desainer Indonesia

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Talenta desainer Indonesia di kancah global semakin diakui. Selebriti mancanegara pun tak ragu menggunakan karya mereka. Salah satunya adalah bintang reality show Khloe Kardashian, memilih gaun rancangan desainer Monica Ivena.

Gaun custom-made berupa atasan crop-top berwarna putih dengan berhiaskan payet bermotif bintang berkilauan, sehingga menambah kesan wah. Berikut rok tulle bertumpuk juga berwarna putih sehingga terkesan dramatis. Tak cuma Khloe, putrinya, True Thompson kompak dengan busana kembar. True bahkan memakai turban putih karya Rinaldy A. Yunardi.

Karya Monica, seperti dilansir kompas.com, Selasa (2/1/20189), juga pernah dipakai oleh selebriti seperti Tracee Ellis Ross, Clara Lee, dan Guan Xiaotong. Monica merupakan lulusan dari LPTB Susan Budihardjo Fashion School di Jakarta. Ia mendirikan lini busana bespoke pada 2011, dan berekspansi dengan meluncurkan lini busana pengantin dan gaun malam L’Heritier pada April 2015.

Garis rancangannya yang feminin dan penuh detail membuat karya-karyanya banyak disukai. Tak kalah membanggakan, karya desainer Mety Choa juga pernah dipakai di karpet merah oleh supermodel Gigi Hadid, Janice Man, Kat Graham, hingga Gwen Stefani.

Mety Choa memulai karier tahun 2004 setelah menamatkan studinya di Raffles La Salle Singapura. Memilih nama Maison Met sebagai brand, Mety membuat gaun pengantin yang dibuat khusus, gaun malam, serta gaun coctail, yang elegan dan gemerlap.

Untuk debut internasionalnya, kedua desainer ini tergabung di bawah naungan agen konsultan merk dan PR, The Clique. Agensi tersebut juga mewakili desainer Indonesia lainnya seperti Adrian Gan, Didi Budiardjo, dan Rinaldy Yunardi.

Selain itu, sejumlah desainer Indonesia juga semakin mendunia lewat karya mereka sepanjang 2018. Mereka menoreh prestasi lewat buah desainnya yang membungkus tubuh para artis Hollywood. Tentu saja, pencapaian ini sekaligus membuktikan eksistensi desainer Indonesia di kancah mode global. Karya mereka yang mendapat pengakuan itu sekaligus membuka pintu bagi perancang lokal yang menggarap pasar internasional.

Desainer tanah air antara lain Diana Putri, Desainer asal Surabaya, Jawa Timur, ini tiba-tiba menjadi sorotan Agustus lalu ketika Ariana Grana memakai two-piece minidress serba emas rancangannya di panggung MTV Video Music Awards (VMA) 2018.

Diana mengatakan, gaun tersebut memang dibuat khusus untuk pelantun ‘Thank U, Next’ ini. Pembuatannya sendiri menelan waktu selama lima hari sampai-sampai dia hanya tidur selama empat jam per hari. “Tapi saya seneng banget, bersyukur banget gaunnya dipakai Ariana di ajang yang paling bergengsi,” imbuhnya. Pada Oktober, giliran Nicki Minaj yang memakai karya Diana untuk video klip ‘Goodbye’.

Juga Tahun 2018 menjadi tahun bagi desainer Rinaldy A. Yunardi. Yungyung, begitu sapaan akrabnya, menghasilkan aksesori spektakuler yang mewarnai penampilan selebriti papan atas Hollywood. Sebut saja Beyonce, Nicki Minaj, Lady Gaga, Kylie Jenner, hingga Mariah Carey.

Tanpa terkecuali Madonna yang memakai mahkota salib karya Yung Yung di ajang fashion bergengsi MET Gala 2018 pada Mei lalu. “Bahagia banget. Bagaimana tidak bahagia? Setiap saya ditanya siapa yang ingin saya pakaikan karya saya, selalu jawab Madonna. Dia seorang fashion ikon, selalu tampil spektakuler,” ungkap Rinaldy A. Yunardi kepada Wolipop kala itu.

Nasib lucky yang sama juga dirasakan desainer Sebastian Gunawan. Tak cuma jago di kandang, desainer yang akrab dipanggil Seba ini, juga beberapa kali merancang gaun untuk para bintang internasional. Salah satunya Kesha.

Kesha memakai gaun dari koleksi couture Seba ketika manggung di ‘Elton John: I’m Still Standing – A Grammy Salute at The Theater Grammy Awards, Maret lalu. Ketika itu, Kesha sedang menjadi sorotan menyusul hadirnya gerakan ‘Me Too’ bagi para korban kekerasan seksual. Pelantun ‘Tik Tok’ itu pernah menjadi target pelecehan oleh produsernya.

Selain itu, desainer Cynthia Tan. Desainer muda kelahiran 1991 ini diminta mendesain sebuah vest berbahan tenun NTT untuk sang pelantun ‘You Are the Reason’. “Supaya bisa dipakai lagi nanti. Calum juga bisa sekalian mempromosikan budaya Indonesia,” kata Cynhtia. Paletnya pastel karena sesuai dengan karakter lagu-lagu Calum yang melankolis. Sebelumnya, karya Cynthia juga pernah dipakai para personel Boyzone dan Charlie Puth.

Disampaing itu, Nama Peggy sebetulnya sudah tak terlalu asing di kalangan selebriti Hollywood mengingat karyanya sudah pernah beberapa kali membungkus tubuh mereka. Terakhir, akrtis Awkwafina, pemeran Peik Lin Goh di ‘Crazy Rich Asians’ yang memakai gaun Autumn-Winter 2017 saat tampil di sebuah acara TV November lalu. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.