Gado-gado, Saladnya Orang Indonesia yang Mendunia

0
741
Gado-gado (Foto: Rudihont Wakatobi)

LONDON, bisniswisata.co.id: Gado-gado, makan khas Indonesia ternyata sudah mendunia. Terbukti, dipuji koki selebriti asal Inggris, Jamie Oliver. Bahkan sang koki terkenal itu membagikan tayangan singkat cara membuat gado-gado Indonesia dalam tayangan Jamies Comfort Food di media sosial Twitter dan Youtube.

“Gado-gado berasal dari Indonesia, ini adalah makanan kaki lima favorit,” ujar Oliver sambil mempraktikkan cara membuat gado-gado dengan cekatan.

“Kau tidak pernah mencoba salad seperti ini sebelumnya. Jamie membuat salad gado-gado MEGA Indonesia,” tulis Jamie di akun Twitternya. Video berdurasi kurang dari tiga menit menjadi viral dan diputar 132.000 kali di Twitter serta 94.000 kali di Youtube setelah tiga hari tayang (21/2/2018). Hingga saat ini, videonya di Facebook telah dibagikan sebanyak 5.113 kali.

“Terima kasih atas usahamu membuat gado-gado populer. Aku menghargaimu. Mohon maaf kalau menemukan orang Indonesia dengan komen yang buruk. Mereka bangga tetapi kurang etis,” kata salah satu netizen bernama Chaaa.

Banyak netizen yang memuji gado-gado buatan Oliver yang juga dianggap menjadi ajang promosi Indonesia bagi lebih dari tujuh juta followernya di Twitter. Komentar paling leading memang netizen Indonesia.

Sebaliknya, tidak sedikit netizen yang mengkritik gado-gado buatan Oliver karena sangat berbeda dengan gado-gado original di tanah air. Jamie Oliver membuat gado gado menggunakan sayuran segar, bukan direbus.

Begitu pula dengan pasta kacang yang diblender, bukan kacang segar yang diulek seperti cara pembuatan orang Indonesia. Juga penggunaan bahan lain yang tidak biasa seperti minyak olive dan minyak ikan. Alhasil banyak netizen yang mengajari Oliver cara membuat gado-gado versi orisinal di kolom komentar Twitter dan Youtube.

Sebenarnya bukan kali ini saja Oliver membuat hidangan dari Indonesia. Selain gado-gado, Oliver pernah membuat nasi goreng dan rendang ayam. “Aku sungguh suka, seluruh makanan yang tak tertandingi ini ada di mulut. Sungguh lezat,” kata Oliver kala mencicipi gado-gado buatannya sendiri pada tayangan Jamie’s Comfort Food.

Meski menuai pro kontra di video Oliver, gado-gado sebenarnya hidangan khas Indonesia yang cukup terkenal di kancah internasional. Gado-gado seringkali disebut salad dari Indonesia.

Sejak lama gado-gado memang dikenal di kalangan masyarakat internasional. Buku Rijsttafel: Budaya Kuliner di Indonesia Masa Kolonial 1870-1942 karya Fadly Rahman mencatat bahwa gado-gado adalah hidangan yang sering disajikan dalam Indische rijsttafel. Sajian makan rijsttafel dengan menu Indonesia ini biasa disantap oleh keluarga Belanda yang tinggal di Hindia Belanda.

“Orang Barat sangat menghargai ide bangsa Indonesia untuk memiliki campuran makanan yang luar biasa karena segar dan olahan yang seimbang. Kombinasi bahan nabati dan hewani yang sangat bagus kemudian rasanya lengkap gurih, manis, asam, serta sedikit pedas,” kata ahli gastronomi dari Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito, seperti dikutip laman Kompas.com, Sabtu (24/02/2018).

Jika dibandingkan dengan salad dari Barat, sayuran yang hanya dicampur minyak, Murdijati mengatakan gado-gado jelas lebih unggul. Selain segi rasa yang beragam, nilai gizi gado-gado juga tinggi karena kombinasi bahan yang sempurna.

Jangan heran, gado-gado terpilih menjadi salah satu dari 30 ikon kuliner tradisional Indonesia yang diluncurkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2012. Seharusnya kita bangga, kuliner Indonesia seperti gado-gado semakin menduni, meski yang mengembangkan bukan orang Indonesia. (NDHYK)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.