FASHION NEWS

Film Fesyen “Stories of Hope” Tampilkan Karya Kolaborasi Desainer Indonesia – Afrika Selatan

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Kolaborasi  Indonesia Fashion Chamber(IFC) dan tiga desainer asal Afrika Selatan hasilkan video Stories of Hope yang menampilkan  karya kolaborasi melalui film fesyen yang akan diluncurkan pada Rabu, 29 Juni 2022 pukul 20.00 WIB atau pukul 15.00 waktu Afrika Selatan di kanal Youtube “KBRI Pretoria”. 

Arief Ilham Ramadhan, Sekretaris Pertama KBRI Pretoria  mengungkapkan, setelah bekerja sama secara virtual sejak November 2021, tiga desainer asal Indonesia dan Afrika Selatan  berkolaborasi ciptakan  gaun-gaun dengan kain etnik dari kedua negara.

Film ini  tidak hanya menampilkan karya fantastis dari para desainer, namun juga menyuguhkan lanskap pantai Bali dan Cape Town yang menakjubkan yang dipilih sebagai lokasi film , jrkas Arief.

Agar kolaborasi lebih menarik dan menonjolkan keunikan identitas kedua negara, para desainer ditugaskan untuk mengkombinasikan Batik dan Shweshwe (kain etnis tradisional Indonesia dan Afrika Selatan) dalam karya yang dihasilkan.  

Proyek kolaboratif dengan tema “Stories of Hope” ini merupakan gagasan dari Salman Al Farisi, saat masih menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Afrika Selatan, pada November 2021 ketika proyek dimulai. 

Dubes Salman ingin menciptakan kegiatan kolaboratif di bidang fesyen yang ditujukan tidak hanya untuk memperkuat interaksi antar masyarakat serta mempromosikan kekayaan budaya dan ekonomi kreatif kedua negara, tetapi juga menyoroti perjalanan sejarah kedua negara pada masa silam dan status kedua negara di dunia internasioal pada saat ini.   

Meskipun kedua negara pernah mengalami penjajahan dan perbudakan di masa lalu, namun saat ini keduanya mampu bangkit menjadi negara yang berpengaruh dan disegani di kawasan masing-masing. 

Semua itu terjadi berkat kisah harapan yang dimiliki oleh masyarakat kedua negara dalam mengatasi setiap tantangan  yang menghadang.

KBRI Pretoria dapat  dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan Indonesia Trade Promotion Center Johannesburg, serta kerja sama dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan TFG, dan The Imprint Luxury.

“Kegiatan kolaboratif di bidang fesyen ini berhasil dituangkan dalam sebuah film yang mengangkat kekayaan sejarah dan warisan budaya Indonesia dan Afrika Selatan,” tegas Arief Ilham Ramadhan, Sekretaris Pertama KBRI Pretoria.

 

Hadi Rahman