Feysen Flanel, Simbol Bad Boy hingga Jadi Tren Milenial

0
13
Kemeja flanel

JAKARTA, bisniswisata.co,id: Sekumpulan anak-anak muda dengan gayanya yang santai, kece dan keren beramai-ramai memakai kemeja flanel di pusat perbelanjaan di tengah kota Jakarta, Kamis (5/9/2019). Mereka terlihat bergaya kasual dan stylish dengan padu padan kemeja flanel yang trendi.

Sontak gaya anak milenial menjadi perbincangan netizen Indonesia di Twitter. Warganet menganggap kerumunan orang-orang memakai flanel itu pun bagian dari promosi yang dilakukan oleh Uniqlo Indonesia. Topik mengenai kemeja flanel Uniqlo pun sempat menjadi trending topic di kalangan netizen Indonesia. Hingga Kamis (5/9/2019) pukul 19.15 WIB, lebih dari 5.000 netizen menuliskan unggahan tentang kemeja flanel.

Menilik sejarah kemeja flanel, seperti dilansir laman Kompas, sebenarnya telah ada sejak abad ke-17 dan dibuat oleh orang-orang Wales sebagai pengganti pakaian wol yang melindungi mereka dari musim dingin. Karena awet, mudah terjangkau dan hangat, flanel pun menjadi populer dan disukai banyak orang di seluruh perbatasan Eropa.

Tahun 1889 pengusaha Amerika, Hamilton Carhartt melihat perlunya meningkatkan seragam pekerja di Amerika Serikat. Ia lalu membuka pabrik di Detroit, Michigan dan mulai memproduksi pakaian flanel. Di abad 20, flanel menjadi simbol bagi para bad boy.

Tidak hanya digunakan untuk para pekerja, selama Perang Dunia I kain flanel juga dipakai oleh tentara. Waktu itu flanel dipergunakan untuk membuat kaus, sabuk atau menambal pakaian. Ketika tentara Amerika dikirim untuk Perang Pasifik pada tahun 1942, mereka masih mengenakan kain flanel, termasuk untuk lapisan hangat jaket lapangan Parsons M1941 yang terkenal.

Tahun 1950, popularitas kain flanel semakin mendunia. Bahkan hingga sekarang ini kain flanel menjadi trend faysen bagi generasi now. Memang selain simple, kemeja flanel bisa jadi aksen pelengkap untuk memaksimalkan gaya kasual hingga formal.

Bahan tersebut juga digunakan sebagai jas yang biasa dipakai para pebisnis. Seiring berjalannya, waktu, popularitas kain flanel pun semakin meningkat dan mengambil bagian penting dalam dunia mode masa kini.

Dari proses pembuatannya, kemeja flanel merupakan kain yang ditenun rapat dan terbuat dari katun atau wol. Busana berbahan flanel juga cocok digunakan di segala cuaca, terutama saat cuaca sedang dingin. Kualitas lain yang dimiliki berbahan flanel adalah daya tahan atau keawetan, hangat, ringan dan tidak panas saat dipakai.

Sebenarnya, busana flanel memiliki banyak motif dan pola. Namun, yang paling terkenal dan sering kita jumpai adalah kemeja bermotif kotak-kotak. Apapun merek kemeja flanel yang kita miliki, pemilihan kemeja yang tepat akan mampu menyempurnakan penampilan kita.

Untuk mendapatkan kemeja flanel yang pas dan cocok kita juga harus mempertimbangkan bahan, ukuran dan model. Bahan terbaik untuk membuat flanel adalah katun karena memberi kenyamanan dan menunjang kesehatan kulit kita. Untuk ukuran, hindari memilih kemeja yang terlalu ketat karena item fesyen ini pada dasarnya dirangcang sebagai overshirt. Jadi, pilih kemeja tidak terlalu longgar namun tidak dirancang terlalu pas dengan bentuk tubuh.

Setelah mendapatkan bahan dan ukuran yang sesuai, pilih model yang benar-benar sesuai dengan konteks, tren dan taste agar kita bisa mengombinasikan dengan outfit apapun. Selain itu, kemeja flanel mudah untuk di mix and match dengan fashion item lain. Seperti kaus, celana jeans, hingga tren layering dengan jaket.
Supaya gayamu gak gitu-gitu aja, ada inspirasi stylish dengan kemeja flanel yang bisa dicoba. Jadi gak perlu bingung lagi buat mix and match koleksi kemeja flanelmu!

#. Jalan Santai
Kalau sekedar jalan-jalan santai ke mal atau menikmati pemandangan kota, bisa padukan flanel shirt dengan kaus, celana jeans, dan sneakers yang nyaman. Simple, tapi tetap kece! Juga bisa memadukan kemeja flannel dengan celana jeans pendek. Simple tapi kece!

#. Gaya formal
Flanel juga untuk aktifitas formal baik di kantor, atau atau acara resmi. Padukan unik flanel dan suit, yang bikin gaya formal gak monoton. Malah bisa menjadi referensi busana kantor yang gak kaku

#. Bisa tampil rapi
Memang ada yang suka tampil rapi, Dan kemeja flanel pun bisa untuk tampil namun tetap casual, coba padupadankan kemeja flannel dan sweater. Tampilan ini bisa bikin kamu terlihat santai namun tetap berkelas. Bisa juga tambahkan aksesoris tambahan seperti topi untuk melengkapi gayamu.

#. Bergaya Bad Boy
Fannel Bisa juga dipadukan dengan ripped jeans untuk kesan bad boy look yang cool. Jika style satu ini sih gampang untuk ditiru. Selain pakai kaus, kamu juga bisa lho memadukan flannel dengan hoodie, ripped jeans, dan sneakers.

#. Buat Travelling
Era sekarang nggak lakukan travelling dianggap kurang pas, kurang tren dan tak mengikuti gaya hidup generasi milenial. Nah, kemeja Flanel pas banget buat traveling, lengkapi gaya polosmu dengan flannel yang nyaman ini. Bahkan untuk hawa dingin, kemeja flanel pas digunakan saat udara dingin.

#. Style layering
Dengan kemeja flannel yang diikat di pinggang ini juga gampang buat ditiru, sehingga gaya style layering lebih menggena.

#. Cocok Dipadukan Jaket
Biar terlihat lebih maskulin, coba padukan kemeja flannel dengan jaket kulit. Bahkan Flannel shirt yang dipadukan dengan jaket denim juga bisa bikin tampilanmu stylish! (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.