ART & CULTURE DESTINASI EVENT EXPLORE! INTERNATIONAL

Festival Air Dunia Maha Songkran 2024 Ditetapkan Jadi Salah Satu dari 10 acara Global Teratas

BANGKOK, bisniswisata.co.id: Dii sepanjang Ratchadamnoen Klang Avenue dan di Sanam Luang pada tanggal 11-15 April 2024 akan menjadi lokasi puncak Parade Maha Songkran, yang menampilkan 20 prosesi akbar dan lebih dari 1.000 pemain.

Kementerian Pariwisata dan Olahraga, bersama Kementerian Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri, dan Otoritas Pariwisata Thailand (TAT), secara resmi mengumumkan bahwa ekstravaganza “Maha Songkran World Water Festival 2024” akan berlangsung  berlangsung dari 11-15 April di Bangkok, di sepanjang jalan itu.

Acara ini dirancang untuk menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi soft power Thailand dengan parade dan perayaan Songkran yang spektakuler.

“Kementerian Kebudayaan dengan bangga mendukung pementasan perayaan Songkran di Bangkok, dan lima lokasi unik lainnya, yaitu Chiang Mai, Khon Kaen, Samut Prakan, Chon Buri, dan Phuket, untuk merayakannya,” kata Sermsak Pongpanit Menteri Kebudayaan.

Statusnya sebagai ‘Warisan Budaya Tak Berwujud’ UNESCO dan untuk membantu mempromosikan soft power Thailand agar mendapat pengakuan global, ungkapnya.

Departemen Promosi Kebudayaan, Kementerian Kebudayaan telah menunjuk Miss Antonia Porsild, runner-up pertama Miss Universe 2023, sebagai Mahodhara Devi, dewi Nang Songkran tahun 2024.  

Mereka juga meluncurkan kalender perayaan Songkran 2024 di berbagai lokasi di seluruh negeri.  Selain itu, festival ini juga telah menggubah lagu Songkran dalam bahasa Thailand, Inggris, Mandarin, dan Prancis untuk meningkatkan kesadaran akan warisan budaya festival.

“Pemerintah menempatkan festival sebagai inti dari promosi soft power Thailand dengan tujuan untuk mendorong Songkran menjadi salah satu dari 10 festival global teratas,”  kata Sudawan Wangsuphakijkosol, Menteri Pariwisata dan Olahraga.

Parade Maha Songkran’ dengan lebih dari 20 prosesi akbar yang menampilkan lebih dari 1.000 pemain ini akan berbaris di sepanjang Jalan Ratchadamnoen Klang hingga Sanam Luang.

Kekayaan budaya dan tradisi soft power Thailand akan diilustrasikan pasti akan menciptakan kenangan abadi  bagi pengunjung dari seluruh dunia, sehingga menjadikan Songkran sebagai acara utama dalam kalender acara global, kata Sudawan Wangsuphakijkosol.

Gubernur TAT, Thapanee Kiatphaibool, mengatakan “Ekstravaganza Festival Air Dunia Maha Songkran 2024 akan menampilkan tradisi dan nilai-nilai budaya Thailand kepada dunia.  Acara ini akan disiarkan secara global melalui CNN, BBC dan iQIYI.  

Selebriti dan influencer internasional akan diundang untuk menikmati Songkran di Thailand dan pada akhirnya menginspirasi penggemar dan pengikut mereka untuk memulai perjalanan menciptakan dan berbagi “Amazing Thailand: Your Stories Never End” mereka sendiri.

Wakil Menteri Dalam Negeri,  Kriang Kantinan, mengatakan pemerintah telah menginstruksikan pihak berwenang untuk secara ketat menegakkan peraturan dan regulasi dengan langkah-langkah dan pedoman untuk memastikan respons yang cepat terhadap setiap kecelakaan, kejahatan, dan ancaman terhadap kehidupan dan properti wisatawan.  

“Kami juga meminta masyarakat Thailand untuk menjadi tuan rumah yang baik dan membantu memastikan citra baik Thailand dan meningkatkan kepercayaan wisatawan terhadap langkah-langkah keselamatan dan keamanan, ”

Puncaknya adalah ‘Parade Maha Songkran’ pada tanggal 11 April, dimulai dari Jembatan Phan Fa Lilat dan berakhir di Sanam Luang, menampilkan 20 prosesi akbar dan lebih dari 1.000 pemain.

Parade tersebut akan dipimpin oleh prosesi maha Songkran, dilanjutkan dengan tradisi khas Songkran dari 16 provinsi.  Ini termasuk Chiang Mai, Khon Kaen, Chon Buri, Samut Prakan, dan Nakhon Si Thammarat yang tradisi uniknya sedang dipersiapkan oleh Thailand sebagai ‘Festival Kekayaan Intelektual’.

Lima provinsi contoh lainnya yaitu Chiang Rai, Nong Khai, Phitsanulok, Songkhla dan Buri Ram;  dan enam provinsi lainnya dimana tradisi Songkran lokal akan dipromosikan lebih lanjut adalah di  Ayutthaya, Nakhon Phanom, Lampang, Loei, Sukhothai dan Phuket.  Prosesi akbar lainnya meliputi ‘Soft Power’ yang menampilkan Fashion, Permainan, Film dan Serial, serta Festival.

 Selama lima hari, Sanam Luang akan menjadi lokasi utama Festival Air Dunia Maha Songkran 2024. Pertunjukan budaya dan musik termasuk drama topeng Khon dan drama tari Nora – keduanya diakui oleh UNESCO sebagai seni pertunjukan Warisan Budaya Takbenda – serta seni pertunjukan kontemporer dan orkestra  pertunjukan akan berlangsung di panggung utama.

 Tradisi dan perayaan Songkran yang unik di wilayah Utara, Timur Laut, Timur, Tengah, dan Selatan Thailand akan dipamerkan di zona khusus.  Terkait dengan hal tersebut, terdapat kegiatan dan pameran serta workshop Do It Yourself ( DIY)  mengenai seni dan kerajinan lokal dari lima daerah.

 Juga akan ada pertunjukan dan aktivitas yang berkaitan dengan soft power Thailand termasuk Muay Thai Maha Songkran dan hidangan musim panas Thailand.

 Aktivitas percikan yang menakjubkan akan dilakukan di zona air dengan air mancur menari musikal, terowongan air, kolam rendam raksasa, dan stasiun air.

 Kegiatan lainnya termasuk pertunjukan drone dan pameran penjualan produk lokal dari seluruh negeri.

Pada tanggal 13 April, Tahun Baru tradisional Thailand, akan ada upacara pemberian jasa dan kegiatan lain yang mempromosikan tradisi Thailand, termasuk ritual Song Nam Phra yang memurnikan patung Buddha dengan air wangi sebagai cara untuk menghormati Sang Buddha dan  membawa keberuntungan.

Ada pula ritual Rot Nam Dam Hua – di mana kaum muda menyiapkan air beraroma untuk mencuci tangan orang tua atau orang yang lebih tua untuk meminta berkah.

Menyadari pentingnya menyelenggarakan acara ramah lingkungan, TAT bekerja sama dengan PTT Global Chemical menyelenggarakan kegiatan GGCYOU Turn untuk pengelolaan sampah plastik.  Pengunjung didorong untuk membuang limbah botol plastik di salah satu dari 20 ‘YOU Turn Drop Points’.

Tujuannya untuk dijadikan oleh-oleh atau bergabung dalam kegiatan daur ulang DIY seperti mengubah tutup botol plastik menjadi gantungan kunci, gelang, kalung atau pembuka botol, atau membeli produk daur ulang seperti itu  seperti kaos bermotif bunga yang terbuat dari sampah plastik.

 TAT memperkirakan “Festival Air Dunia Maha Songkran 2024” akan menginspirasi lebih banyak aktivitas perjalanan dan pariwisata selama 12-16 April, menghasilkan pendapatan pariwisata secara keseluruhan sebesar 24,42 miliar Bath, meningkat 18% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023.

Jumlah ini mencakup 8,76 miliar Baht dari pariwisata internasional dan 15,66 miliar Baht dari pariwisata domestik dengan 510.000 kedatangan pengunjung dan 4,29 juta perjalanan domestik. Perayaan Songkran di Bangkok diharapkan menghasilkan pendapatan 3,69 miliar Baht dan menarik 653.590 perjalanan domestik.

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)