AIRLINES KULINER NEWS

Fernandes: AirAsia Akan Jadi Perusahaan Pengiriman Makanan Terbesar di Asia

GEORGE TOWN , bisniswisata.co.id: Grup AirAsia akan menjadi perusahaan pengiriman makanan dan transportasi online terbesar di Asia, selain hanya menawarkan penerbangan di kawasan ini, menyusul keberhasilan akuisisi platform pengiriman makanan online lokal, Delivereat, baru-baru ini.

Chief Executive Officer Tan Sri Tony Fernandes mengatakan dia yakin bahwa airasia food dan Super App dapat menjadi salah satu perusahaan pengiriman makanan serta ride-hailing dan agen perjalanan online terbesar di Asia.

Dilansir dari The Edge Markets¬† Tony mengatakan Ketika (saya memulai) AirAsia, saya selalu bertanya-tanya apakah kami bisa menjadi maskapai terbesar, dan kami berhasil. Kami adalah maskapai terbesar keempat di Asia… Kami mulai dengan hanya dua pesawat, 200.000 penumpang, dan sekarang kami telah berkembang menjadi 90 juta penumpang.

“Jadi saya duduk dan berpikir bisakah kita menjadi perusahaan pengiriman makanan terbesar dan perusahaan ride hailing? Hari ini, saya secara resmi mengatakan, saya pikir kita bisa… Saya pikir kita akan pergi ke sana dan (mengatasi) pesaing yang ada dengan cara yang sama kami mengungguli maskapai lain,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu.

Fernandes mengatakan dia berharap untuk memperluas layanan penuh aplikasi ke Thailand, Indonesia, Singapura, dan Filipina dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Fernandes juga mengumumkan penunjukan pendiri Delivereat Tan Suan Sear sebagai Group Head airasia food dan Leong Shir Mein sebagai Head of On-Demand untuk cabang pengiriman AirAsia, Teleport.

Dia mengatakan grupnya sangat antusias dengan kemitraan ini karena mendukung strategi perusahaan untuk terus melayani yang kurang terlayani dan menjadi perusahaan pengiriman nilai terbaik di Asean.

Fernandes juga mengatakan bahwa ia terkesan dengan Delivereat, sebuah perusahaan pengiriman lokal yang mampu berdiri sendiri, menjaga keberlanjutan dengan operasinya dan menawarkan platform bisnis dan pekerjaan kepada masyarakat.

Agustus lalu, perusahaan logistik digital AirAsia, Teleport, telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi 100% kepemilikan saham di Delivereat senilai US$9,8 juta (RM41 juta) untuk memperkuat layanan pengirimannya di negara tersebut.

 

Evan Maulana