Dim-sum, Indah Dipandang, Hangat, Mudah Disantap

0
10
Dimsum, mungil, indah, hangat dalam sesuap

BALI, bisniswisata.co.id: KELAHIRAN Pontianak 26 Oktober 1985, keahliannya fruit carving & vegetebles. Menjalani profesi dengan spirit menjaga keaslian olahan dapur masyarakat dunia. Dalam gelar Stars Chef Series on the Road, Jumat dan Sabtu malam, weekend ini Chef Lim panggilan Hartono Lim tampil dengan Dim-sum Warrior

“Saya memperjuangkan recipe authentik Dimsum yang saat ini sudah banyak di modifikasi dengan harga sangat murah tapi kurang nikmat. Mengembalikan ciri khas negara asalnya, penyesuaian hanya pada peringkat halalnya,” paparnya ke pada bisniswisata.co.id

Sembari menambahkan, menikmati dimsum — kudapan ringan teman minum teh warga Kanton (Guangdong), Cina Selatan — cicipi dulu yang asin terakhir kudapan rasa manis.

“Gunakan chop stik dan saat memilih menu waitress akan membantu pelanggan, “ jelasnya

 Dimsum istilah dari bahasa Kantonis,  artinya makanan kecil, dikonsumsi sebagai sarapan atau makan siang bersama teh Cina nya. Kudapan ringan berlabel asli dianxin, dipopuler ke dunia dari Hongkong dengan istilah dimsum.

Menurut Chef Lim ada lebih dari 170 item dimsum, keragaman bentuk unik dan citarasa isi menjadikan dimsum istimewa bagi pencinta kuliner.

Dalam dua malam Dimsum Warrior, Chef Lim menyiapkan olahan dimsum dengan isian menggunakan daging ayam dan udang pilihan. Dari 170 item dimsum dipilihkan belasan item dalam dua malam Dimsum Warrior antara lain: Siomay campuran / Siumai mixed, Hakau / Prawn Dumpling, Pao ayam Chasiew / BBQ Chicken Bun, Pao Jamur / Mushroom Bun, Pao Pasir Emas / Salted Egg Custard Bun, Pao Pandan / Pandan Bun, Pao Apel Malang / Apple Bun, Pao Icon, Lumpia Kulit Tahu / Deep Fried Bean curd with chicken, Lumpia ayam / Chicken springroll, Money bag, Kuotiew / Shanghai Dumpling, Ceker Ayam / Chicken feet, Siomay Rambutan

“ Unggulannya Hakau, prawn dumpling yang asin, ceker ayam dan Pao Karakter dengan isi coklat lumer,” ujarnya

Pada dasarnya kudapan ringan ini enak, Hakau / Prawn Dumpling keistimewaannya pada olahan isi dari udang segar, kulit dari tepung tang mien saat di kukus akan menjadi transparan. Ceker ayam / Chicken Feet ukuran besar, di goreng dulu dan di kukus dengan rempah- rempah selama dua (2) jam untuk menghasil tekstur yg lembut.

“ Pao Karakter, sengaja saya buat untuk menyesuaikan selera anak- anak  apalagi dengan isiian coklat lumer di dalamnya, “ jelasnya mengundang.

Hangat dan Sekali Suap

Menurut Chef Lim, dimsum (dalam dialek Cantonese) dalam Bahasa Mandarin  secara harafiah berarti sedikit dari hati atau menyentuh hatimu. Kata ini disunting dan frasa yi dian xin yi yang artinya sedikit tanda mata, kemudian secara umum digunakan sebagai istilah untuk menyebut camilan ringan.

Dim sum sudah dikenali sebagai makanan popular sejak ribuan tahun lalu. Kebiasaan makan dimsum konon bermula pada periode Jalur Sutra (Asia Tengah ke Cina) dan Dinasti Han (206 SM) hingga Dinasti Yuan (Abad 14 M).

Ketika itu para petani, buruh dan pedagang yang berbisnis di sepanjang Jalur Sutra kerap mampir di kedai teh pinggir jalan untuk minum teh pada sore hari. Kebiasaan ini sempat memudar pada abad ketiga gara-gara Tabib terkenal Hua Tuo mengatakan kebiasaan ngemil dim sum sembari minum teh menyebabkan badan jadi gemuk.

 Orang Kanton (Guangdong/Kwangtung) di Cina Selatan tidak mengindahkan imbauan ini, dan menjadikan dimsum sebagai makanan tradisional yang dinikmati bersama teman-teman ditemani teh.  Dari sinilah muncul istilah yumcha dalam bahasa Mandarin yincha yakni minum teh di kedai teh bersama teman-teman dekat menyantap dimsum.

Dim sum kemudian menjadi sarapan pagi khas Hong Kong yang secara geografis  terletak tepat di seberang Propinsi Guangdong, Cina, sehingga masyarakatnya mengikuti kebiasaan di Guangdong). Di Hongkong Dim sum kerap dinikmati bersama dengan teh sambil main mahjong/maciok. Para pria lansia biasanya datang ke restoran dim sum atau kedai teh dengan membawa kandang burung kesayangan mereka.

Sejak abad ke 10 telah dikenal sekitar 2.000 jenis macam dimsum, dengan kekiniannya sebuah restoran besar dimsum biasanya menyajikan sekitar 100 jenis dimsum. Dimsum dibuat dan disajikan dengan memperhatikan keharmonisan warna, bentuk, rasa, aroma, kualitas bahan dasarnya, jenis masakannya dan bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan. Dim sum dibagi atas 4 kategori yaitu dimsum kukus, ceker, acar, dan aneka masakan, dimsum goreng dan dimsum manis.

“Dim sum disajikan dalam wadah kukusan bambu agar tetap panas. Sengaja dibuat kecil agar mudah disantap dalam satu kali suapan. Bentuknya harus indah agar enak dinikmati bersama teh,” jelas Chef Hartono Lim menutup percakapan. Lagi staycation di Bali? Mampirlah diseputaran jalan Dewi Sri Kuta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.