Destinasi Bersepeda di Indonesia Paling Populer di Kalangan Wisman

0
27
Kelok 9 Sumatera Barat (Foto: minangnantigo.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Kerusakan lingkungan ikut meresahkan industri pariwisata dunia. Terganggunya ekosistem di darat dan laut dikhawatirkan dapat membuat sebuah destinasi wisata ditinggalkan oleh turis. Kegiatan wisata yang berkelanjutan kini semakin gencar ditawarkan. Setelah wisata jalan kaki (walking tour), wisata bersepeda juga ramai ditawarkan.

Seperti diunduh laman CNN, Kamis (07/11/2019), penduduk Indonesia termasuk yang beruntung, karena bisa bersepeda di banyak destinasi asri tanpa perlu jauh-jauh ke luar negeri. Setiap tahunnya Indonesia juga sering terpilih sebagai lokasi ajang balap sepeda internasional, salah satunya Tour de Singkarak yang berlangsung di Sumatera Barat sejak tahun 2009.

Untuk yang baru akan memulai hobi, pastikan datang bersama kawan yang sudah paham dengan medan dan cuaca setempat. Jangan keburu nafsu dulu untuk mencoba medan terjal, apalagi mengabaikan kondisi kesehatan. Kenakan perlengkapan keamanan jika perjalanan bakal sangat menantang. Bagi yang ingin memulai wisata gowes, berikut sejumlah rute sepeda di Indonesia yang populer di kalangan wisatawan mancanegara (wisman) atau turis:

1. Jawa
Lereng Ijen, Lereng Merapi, Kawasan Bromo, Cangar (Malang), Pacet (Mojokerto), Wlingi (Blitar), Gunung Pancar (Bogor), dan Cikole (Bandung), menjadi lokasi favorit untuk bersepeda di tengah alam liar Pulau Jawa. Kalau ingin bersepeda dengan medan yang lebih santai, bisa mendatangi Desa Borobudur yang satu kawasan dengan Candi Borobudur.

2. Sumatera Barat
Jalur berkelok menjadi medan utama saat bersepeda di sini. Jika mengikuti Tour de Singkarak, rute yang ditempuh ialah Padang Pariaman, Sujunjung, Solok Selatan, Bukittinggi, Payakumbuh, Pasaman, dan Padang Panjang. Spot yang paling menarik perhatian adalah Kelok 44 atau jalur menuju Solok, di mana ada hutan plus jurang di kanan dan kirinya. Perjalanan dari Bukittinggi menuju Solok juga dihadiahi pemandangan Danau Kembar yang indah.

3. Sumatera Utara

Danau Toba tak hanya indah dipandangi sambil duduk-duduk di pinggirannya saja. Jika ingin melihat alam Toba lebih dekat, silakan gowes sepeda dan keliling di sekitarnya.

4. Lombok

Salah satu ajang sepeda yang pernah diselenggarakan Lereng Rinjani adalah Tambora Bike dan GFNY Indonesia. Selain melewati perkampungan Nambung, sepeda bisa langsung diarahkan ke Pantai Senggigi dan menuju Pucuk Pass untuk melihat Gunung Rinjani dari kejauhan.

5. Bali

Kintamani, Bangli, dan Gianyar merupakan rute favorit untuk bersepeda di Bali. Berhenti di Danau Batur untuk menyesap kopi lokal sambil menikmati pemandangan Gunung Batur bakal menjadi momen yang paling menarik. Kalau belum lelah, silakan arahkan sepeda ke Pantai Sanur. (ndy/CNN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.