Delay 6 Jam, Penumpang Lion Air JT 0130 Mengamuk

0
261
Penumpang Lion Air di Padang lakukan protes keras akibat delay berkepanjangan (Foto: Viva.co.id)


PADANG, bisniswisata.co.id:
Ratusan penumpang pesawat Lion Air JT 0130 jengkel, kesal dan mengamuk di Bandara Internasional Minangkabau Padang Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (01/11/2018). Luapan kekasalan penumpang Lion Air lantaran sudah lebih dari enam jam, penumpang terlantar karena pesawat delay dan tidak ada kepastian kapan akan diberangkatkan ke Bandara Kualanamu Medan.

Pesawat dengan rute Padang-Kualanamu itu dijadwalkan berangkat pada pukul 10.40 WIB. Namun, hingga pukul 17.00 WIB, pesawat tak kunjung berangkat. Para penumpang semakin curiga karena pilot dan seluruh awak kabin tiba-tiba keluar dari pesawat.

Terkait dengan keterlambatan ini, manajemen Lion Air beralasan penundaan keberangkatan itu karena pesawat JT 0130 mengalami kerusakan.
Akibat kerusakan ini, seluruh penumpang akan dipindahkan ke pesawat lain. Namun hingga pukul 15.49 WIB, penumpang belum juga dipindahkan dan diberangkatkan. Sehingga muncul aksi protes.

“Penumpang sekarang lagi protes. Kita dijanjikan akan dipindahkan ke pesawat lain, tapi sampai sekarang belum juga. Kita cuma dikasih nasi bungkus tadi,” kata penumpang, Mardefni Zainir seperti dilansir laman Viva.co.id

Mardefni menjelaskan, atas keterlambatan dan ketidakpastian kapan akan diberangkatkan, kini seluruh penumpang menuntut kompensasi dari manajemen Lion Air sesuai ketentuan yang berlaku. Padahal Ketentuan yang dimaksud Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 89 tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) Pada badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal Di Indonesia.

Pada kategori lima disebutkan, jika keterlambatan lebih dari 240 menit, kompensasi berupa ganti rugi sebesar Rp300 ribu wajib diberikan kepada penumpang. “Kita sekarang menuntut untuk segera diberangkatkan dan juga meminta kompensasi sesuai aturan yang berlaku. Keterlambatan ini membuat rugi kita semua,” kata Mardefni. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.