Cruise Berbendera Colombo & India Lepas Jangkar di Sabang

0
208
Kapal pesiar MS Seabourn Ovation

SABANG, bisniswisata.co.id: Destinasi wisata Sabang Provinsi Aceh kembali mendapat perhatian wisatawan mancanegara yang menumpang kapal pesiar (Cruise). Dua kapal pesiar berbendera Colombo dan India bersandar di Pelabuhan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang, Selasa (18/12/2018).

“Benar hari ini, kita mendapat tamu dua kapal pesiar yaitu, MS Seabourn Ovation dan MS Marella Discovery yang bersandar di Pelabuhan BPKS Sabang,” kata Deputi Komersil Dan Investasi BPKS Sabang, Agus Salim seperti dilansir laman Antara.

Ia menjelaskan, kapal pesiar MS Seabourn Avation berbendera Bahamas/Nassau dari Chochin-India sandar di Pelabuhan CT1 BPKS Sabang pukul 07:00 WIB dan meninggalkan pelabuhan tersebut pada pukul 15:00 Wib menuju Phuket-Thailand.

Kemudian, kapal pesiar MS Marella Discovery atau Tui Discovery berbendera Malta/Valletta dari Colombo sandar di Pelabuhan CT3 BPKS Sabang pukul 07:00 WIB dan berangkat menuju Phuket-Thailand pada pukul 18:00 WIB. “MS Seabourn Ovation berpenumpang 569 orang dan awak kapal 419 orang, sedangkan MS Marella Discovery jumlah penumpang 1.752 orang dan awak kapal 575 orang,” kata Agus.

Kunjungan kapal pesiar tersebut ke pulau paling barat Indonesia itu dalam rangka perjalanan wisata ke sejumlah objek di antaranya, wisata bahari dan heritage.

Kapal pesiar MS Marella Discovery memiliki panjang 265 meter dan MS Seabourn Ovation panjangnya 210 meter. Republik Malta, merupakan sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan terletak sekitar 80 km di selatan dari Italia, 284 km di timur dari Tunisia dan 333 km di utara dari Libya. Sedangkan Colombo terletak di pantai barat pulau dan berbatasan dengan Sri Jayawardenapura Kotte, ibu kota Sri Lanka.

Selama ini Nangroe Aceh Darusalam, terutama Sabang memiliki potensi wisata bahari luar biasa. Lautnya sangat eksotis, baik pada permukaan dan bawah airnya. Wilayah ini banyak sekali memiliki spot diving terbaik dengan kelas dunia. Dan, keindahan wisata bahari Indonesia sudah diakui dunia.

Nangroe Aceh Darusalam juga banyak memiliki spot diving berkelas. Salah satunya adalah Teluk Balohan di Pulau Sabang. Destinasi ini adalah venue Sabang International Freediving Competition (SIFC) 2018.

Keindahan laut di Bumi Serambi Mekah ini, makin menegaskan status terbaik wisata bahari Indonesia. Oleh Dive Magazine, Indonesia dinobatkan destinasi wisata bahari terbaik dunia 2018. Gelar prestisius dunia ini sudah diraih 3 tahun beruntun sejak 2016. Untuk 2018, Indonesia mendapatkan 3 status terbaik sekaligus. Ada Best Destination 2018, Best Dive Centre or Resort 2018, dan Best Liveboard 2018. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.