COVID: Inggris dan Skotlandia Mulai Lockdown Baru Saat Kasus Meningkat

0
15
PM Inggris, Boris Johnson mengatakan penyebaran varian baru membuat frustrasi dan mengkhawatirkan. ( Foto: BBC)

LONDON, bisniswisata.co.id: Orang-orang di seluruh Inggris dan sebagian besar Skotlandia sekarang harus tinggal di rumah kecuali untuk beberapa alasan yang diizinkan, karena penguncian baru dimulai di kedua negara.

Di lansir dari bbc.co.uk, sekolah telah ditutup untuk sebagian besar siswa di Inggris, Skotlandia, dan Wales, sementara Irlandia Utara akan memiliki “periode pembelajaran jarak jauh yang diperpanjang”.

Sementara itu, Kanselir Rishi Sunak telah mengumumkan bahwa bisnis di sektor ritel, perhotelan dan rekreasi akan diberikan hibah satu kali senilai hingga £ 9.000, dengan ukuran yang menelan biaya £ 4 miliar di seluruh Inggris.

Menteri Kantor Kabinet Michael Gove mengonfirmasi ujian GCSE dan A-Level di Inggris dibatalkan tahun ini. Dia mengatakan sekretaris pendidikan akan membuat pernyataan di House of Commons pada Rabu tentang “bagaimana kami ingin memastikan anak-anak dinilai secara adil”.

General Certificate of Secondary Education atau bisa yang disingkat GCSE adalah ijazah akademis yang khusus menilai berdasarkan mata pelajaran tertentu yang diperoleh melalui ujian kualifikasi. 

Ujian ini biasanya diambil oleh anak-anak berusia 15-16 tahun atau seusia siswa tahun terakhir SMP di negara Inggris, Wales, dan Irlandia Utara, serta di negara-negara yang merupakan bekas jajahan Britania Raya, seperti Australia dan Afrika Selatan.

Pembatalan Itu terjadi setelah Inggris melaporkan rekor 58.784 kasus pada hari Senin, serta 407 kematian lebih lanjut dalam 28 hari setelah tes positif.

Mengumumkan Inggris kembali lockdown , Johnson mengatakan rumah sakit berada di bawah lebih banyak tekanan dari Covid daripada kapan pun sejak dimulainya pandemi tahun lalu.

Dia memerintahkan orang untuk tinggal di dalam ruangan selain untuk pengecualian terbatas – seperti kebutuhan medis penting, belanja makanan, olahraga dan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan di rumah – dan mengatakan sekolah dan perguruan tinggi harus beralih ke pengajaran jarak jauh untuk mayoritas siswa sampai setidaknya setengah.

 Dia mengatakan semua penghuni panti jompo dan pengasuh mereka, semua orang yang berusia 70 tahun ke atas, semua pekerja kesehatan dan perawatan sosial garis depan, dan secara klinis sangat rentan akan ditawari satu dosis vaksin pada pertengahan Februari.

Sementara aturan menjadi hukum pada dini hari Rabu, orang harus mengikutinya sekarang, tambah PM.

Seberapa cepat  bisa keluar dari lovkdown ?

Sebelumnya pada hari Senin, Menteri Pertama Nicola Sturgeon mengeluarkan perintah tinggal di rumah untuk Skotlandia, dimulai pada tengah malam dan berlangsung hingga akhir Januari.

Lockdown di  Skotlandia yang untuk daratan dan Skye, juga akan membuat sekolah ditutup untuk murid, tempat ibadah ditutup dan latihan kelompok dilarang.

 “Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa saya lebih prihatin tentang situasi yang kita hadapi sekarang daripada yang saya alami sejak Maret tahun lalu,” kata Sturgeon.

Wales, yang telah dikunci nasional sejak 20 Desember, mengatakan sekolah dan perguruan tinggi akan ditutup hingga 18 Januari 2021 untuk sebagian besar siswa.

Sementara itu, Irlandia Utara, yang memasuki enam minggu penguncian pada 26 Desember berencana untuk menerapkan pesan tinggal di rumah ke dalam undang-undang, dan akan memiliki “periode pembelajaran jarak jauh yang diperpanjang”, kata Eksekutif Stormont.

 Di  Inggris, ujian akan kembali mengalami gangguan.  Perdana menteri mengatakan itu tidak akan berlangsung seperti biasa di musim panas, sementara sumber pemerintah mengatakan kepada BBC News bahwa A-Level dan GCSE akan dibatalkan.

 Menyelamatkan nyawa

 “Semakin banyak kami memvaksinasi, semakin mudah untuk mencabut pembatasan ini,” kata Gove kepada BBC Breakfast. Dia  mengatakan satu juta orang telah divaksinasi sejauh ini hingga akhir pekan dan mereka berharap jumlahnya akan mencapai lebih dari 13 juta pada Februari 2021.

Ketika ditanya tentang target dua juta vaksin seminggu dan kekhawatiran tentang logistik dan sistem keamanan, dia berkata: “Kami ingin memastikan vaksin ini dikirimkan dengan cara yang paling aman sehingga kami tidak menyia-nyiakan setetes pun.

“Proses memastikan bahwa vaksin dapat ditempatkan dalam botol yang sesuai dan kemudian disuntikkan dengan aman ke tangan orang-orang adalah latihan yang rumit, tetapi NHS telah lebih dari sekadar menjawab tantangan tersebut.” Dia menambahkan bahwa pemerintah sedang “mencari opsi lebih lanjut” untuk membatasi perjalanan internasional.

Prof Andrew Hayward – anggota Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat (Sage) pemerintah – mengatakan kepada program Today BBC Radio 4 bahwa tindakan lockdown (penguncian) akan menyelamatkan puluhan ribu nyawa.

 Namun dia mengatakan “virusnya berbeda” dan “mungkin tindakan lockdown yang kami miliki tidak cukup. Masa lockdown ini kita perlu lakukan lebih dari sekedar tinggal di rumah, menunggu vaksinnya, kita perlu secara aktif menahannya,” katanya.

Tetapi itu tidak berarti bahwa instruksi nasional untuk menutup pintu dilakukan secara otomatis.  Atau memang bahwa lockdown  baru di Inggris dan Skotlandia masih dramatis dan menyakitkan.

 Dengan pengetatan di Wales dan Irlandia Utara juga, penyebaran virus Corona musim dingin ini lebih cepat daripada upaya pemerintah untuk mengikutinya – meninggalkan para pemimpin dengan sedikit pilihan selain mengambil lebih banyak pilihan kita.

Ada banyak pengumuman di bulan Maret.  Pekerjaan, sekolah, kehidupan di luar rumah akan dibatasi dalam banyak hal, dengan efek samping yang mengerikan dan mahal bagi perekonomian.

 Kali ini, sudah tersendat-sendat – pembatasan yang diaktifkan dan dinonaktifkan selama berbulan-bulan telah membuat banyak perdagangan bisnis vital kelaparan.

Tapi ada banyak hal yang juga berbeda.  Setelah sekian lama, masyarakat kurang memaafkan tindakan yang diambil, dan ada rasa frustrasi terutama atas perubahan-perubahan mendadak untuk sekolah;  kelelahan juga karena harus hidup di bawah batasan seperti itu.

Di bawah langkah-langkah baru Inggris, gelembung dukungan dan pengasuhan anak akan terus berlanjut, dan orang dapat bertemu satu orang dari rumah tangga lain untuk berolahraga di luar ruangan.Latihan harus dibatasi satu kali sehari.

Ibadah dan pemakaman komunal dapat berlanjut, dengan batasan kehadiran.  Pernikahan diperbolehkan dalam “keadaan luar biasa” dengan maksimal enam orang.

Johnson mengatakan varian baru virus Corona, yang hingga 70% lebih mudah ditularkan, menyebar dengan cara yang digambarkannya membuat frustrasi dan mengkhawatirkan dan memperingatkan bahwa jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit Inggris 40% lebih tinggi dari puncak pertama.

Dia menambahkan, bagaimanapun, memvaksinasi empat kelompok prioritas teratas pada pertengahan Februari dapat memungkinkan pembatasan untuk dilonggarkan.

Orang yang secara klinis sangat rentan akan dihubungi melalui surat dan sekarang harus melindungi sekali lagi, kata Johnson.

House of Commons telah ditarik kembali untuk mengizinkan anggota parlemen memberikan suara pada pembatasan baru Inggris pada hari Rabu ini.

Pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer mengatakan anggota parlemennya akan mendukung paket tindakan, dengan mengatakan “kita semua harus bersatu sekarang untuk membuat ini berhasil”. Tetapi para pemimpin bisnis telah menyatakan keprihatinan atas tingkat dukungan finansial.

 Direktur Jenderal Kamar Dagang Inggris, Adam Marshall mengatakan perusahaan akan memahami mengapa lockdown  diperlukan – tetapi menambahkan mereka akan “bingung dan kecewa bahwa dia tidak mengumumkan dukungan tambahan untuk bisnis yang terkena dampak di samping pembatasan baru ini”.

Johnson berbicara setelah kepala petugas medis Inggris merekomendasikan tingkat ancaman Covid ditingkatkan menjadi lima – tingkat tertinggi.

 Level lima berarti NHS mungkin segera tidak dapat menangani peningkatan berkelanjutan lebih lanjut dalam kasus-kasus, kata petugas medis dalam pernyataan bersama.

Chris Hopson, kepala eksekutif NHS Providers, yang mewakili perwalian layanan kesehatan, mengatakan pasien dirawat di rumah sakit dengan “tingkat yang mengkhawatirkan” dan bahwa “tindakan segera dan tegas” diperlukan.

 Sekilas Aturan baru di Inggris:

* Orang tidak dapat meninggalkan rumah mereka kecuali untuk alasan tertentu, seperti penguncian pertama pada Maret lalu

* Ini termasuk kebutuhan medis yang esensial, belanja makanan, olahraga dan pekerjaan bagi mereka yang tidak dapat melakukannya dari rumah

* Semua sekolah dan perguruan tinggi akan menutup sebagian besar siswa mulai Selasa dengan pembelajaran jarak jauh hingga semester tengah Februari mendatang.

* Ujian akhir tahun tidak akan berlangsung musim panas ini seperti biasanya

* Di tempat lain, mahasiswa tidak boleh kembali ke kampus dan akan diajar secara online

* Restoran dapat terus menawarkan pengiriman makanan, tetapi alkohol untuk dibawa pulang akan dilarang

* Tempat olahraga luar ruangan – seperti lapangan golf, lapangan tenis, dan pusat kebugaran di luar – harus ditutup

* Taman bermain luar ruangan akan tetap terbuka

* Olahraga beregu amatir tidak diperbolehkan, tetapi olahraga elit seperti sepak bola Liga Inggris dapat dilanjutkan

 Di daratan Skotlandia dan Skye:

* Taman kanak-kanak, sekolah dasar dan menengah akan menutup semua murid hingga Februari.  Pembelajaran akan berpindah secara online

* Orang hanya boleh meninggalkan rumah karena alasan penting, seperti penguncian pertama Maret lalu

* Mereka yang melindungi tidak boleh bekerja, bahkan jika mereka tidak dapat bekerja dari rumah

* Maksimal dua orang dari dua keluarga dapat bertemu di luar ruangan, kecuali di bawah 12 tahun yang bisa bermain bersama di luar

* Tempat ibadah akan ditutup kecuali pernikahan (hingga lima orang) dan layanan pemakaman (hingga 20 orang).  Bangun tidak diperbolehkan

Definisi bisnis penting akan diperketat dengan tempat-tempat seperti pusat ski, ruang pamer ritel besar, dan klinik kosmetik yang juga harus ditutup.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.