LIFESTYLE NEWS

Cara Tingkatkan Kualitas Tidur Saat Bepergian Untuk Bisnis

Dengan memperhatikan saran-saran ini, Anda pada akhirnya akan menyempurnakan sistem yang membantu Anda tidur nyenyak di jalan seperti yang Anda lakukan di rumah ( Foto: Bruce Mard/ Unsplash.com)

SIPRUS, bisniswisata.co.id: Kehidupan seorang pelancong bisnis tidak mudah. Terutama berlaku untuk pelancong bisnis yang menghabiskan lebih dari 30% waktu mereka “di jalan”.

Meskipun gaya hidup seperti ini menawarkan banyak tantangan, cara perjalanan bisnis yang sering memengaruhi tidur pebisnis tampaknya paling penting.

Dilansir dari Traveldailynews.com, jika Anda menjalani gaya hidup seperti ini,  mungkin sangat menyadari potensi efek negatif dari perjalanan bisnis biasa terhadap kualitas tidur yang Anda dapatkan.

Untuk menghindari hal ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan yang dapat membantu mengimbangi potensi efek perjalanan pada tidur Anda.

Dengan mengingat hal itu, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk dilakukan.

Manfaatkan memiliki pemberitahuan lanjutan

Jika Anda adalah pelancong bisnis biasa, kemungkinan besar perjalanan Anda sudah direncanakan sebelumnya. Itu adalah sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk keuntungan sendiri.

Hal pertama yang selalu ingin Anda fokuskan adalah memastikan  mendapatkan banyak tidur yang baik selama malam di rumah.

Cara terbaik untuk memastikan hal itu terjadi adalah makan dengan benar, banyak berolahraga, dan pastikan Anda telah menciptakan lingkungan tidur yang kondusif untuk tidur.

Bagian dari itu adalah memastikan Anda memiliki kasur yang bagus yang nyaman dan memberi tubuh Anda banyak dukungan di semua tempat yang tepat.

Selain tidur di rumah, Anda dapat menggunakan alarm sebelumnya untuk mulai mengatur tidur Anda sebelum mencapai tujuan perjalanan.

Sebagai peringatan, tidak ada gunanya mencoba mengatur tidur Anda jika perjalanan Anda terbatas pada satu atau dua hari . Saat Anda akan berada di jalan selama lebih dari beberapa hari, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menyesuaikan waktu tidur Anda agar sesuai dengan zona waktu target.

Anda dapat melakukannya dengan tidur lebih awal atau lebih lambat berdasar-kan ke mana perjalanan Anda akan membawa Anda.

Tidur dalam perjalanan singkat

Karena Anda tidak ingin memanipulasi jam tubuh Anda untuk perjalanan singkat, ada cara alternatif untuk mengatasi perubahan zona waktu yang signifikan yang dapat memengaruhi tidur Anda.

Salah satu caranya adalah dengan menjadwalkan pertemuan bisnis Anda berdasarkan waktu Anda biasanya mengadakan pertemuan di zona waktu asal Anda.

Langkah lain yang mungkin Anda ambil adalah mencari waktu untuk tidur siang singkat jika Anda melihat kemungkinan untuk memperpanjang hari Anda melewati waktu tidur normal Anda.

Kenali efek sinar matahari pada tidur Anda

Sebagai manusia, kita umumnya tidur di malam hari dan bangun dengan terbitnya matahari. Kecuali Anda bekerja pada shift kedua atau ketiga, ini kemungkinan akan bertepatan dengan pola tidur Anda.

Karena pola jam tubuh Anda sendiri berdasarkan posisi matahari di berbagai waktu di siang hari, Anda mungkin harus mengelabui jam tubuh sendiri.

Pilihan terbaik yang Anda miliki untuk melakukan ini adalah membatasi paparan sinar matahari agar bertepatan dengan waktu Anda biasanya terpapar sinar matahari di rumah.

Buat program latihan perjalanan

Banyak berolahraga selalu berperan dalam membantu Anda mempertahankan kebiasaan tidur yang baik. Karena tubuh Anda tidak tahu di mana itu, masih ada harapan bahwa Anda akan berolahraga.

Faktanya adalah olahraga adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Setelah seharian penuh rapat bisnis, lari atau berenang di kolam renang adalah cara sempurna untuk meningkatkan kualitas tidur.

Dalam prosesnya, Anda akan melakukan latihan yang diperlukan untuk membuat cukup lelah untuk pergi tidur. Berada jauh dari rumah bukanlah alasan yang sah untuk melupakan program olahraga Anda.

Fokus pada nutrisi yang mendorong tidur

Saat bepergian untuk bisnis, sangat mudah untuk terjerumus ke dalam kebiasaan terlalu mengandalkan makanan restoran.

Tidak apa-apa jika Anda dapat menemukan restoran yang menyajikan makanan yang mempromosikan tidur. Jika Anda tidak dapat menemukan restoran seperti itu, mendapatkan kamar dengan dapur kecil mungkin menawarkan Anda kesempatan untuk memasak makanan yang Anda butuhkan.

Makanan yang membuat tidur nyenyak mengandung nutrisi seperti melatonin dan triptofan. Ini adalah nutrisi yang mempengaruhi neurotransmiter serotonin di otak Anda.

Serotonin inilah yang menyebabkan Anda merasa mengantuk. Makanan yang harus Anda targetkan termasuk kalkun, kacang-kacangan (almond dan walnut), ikan berminyak, buah-buahan (ceri, kiwi, raspberry), produk susu seperti susu dan telur, dan biji-bijian seperti gandum dan oat.

Hal-hal yang harus dihindari adalah makanan dengan kandungan gula tinggi atau kafein. Juga, alkohol bukanlah teman untuk tidur nyenyak.

Dengan memperhatikan saran-saran ini, Anda akhirnya akan menyempurnakan sistem yang membantu Anda tidur nyenyak di jalan seperti yang Anda lakukan di rumah.

 

Arum Suci Sekarwangi