Capital Gate: Gedung Termiring di Dunia, Kalahkan Menara Pisa

0
9

Gedung termiring di dunia (foto: world authentic news)

ABU DHABI, bisniswisata.co.id: Kalau di Italia ada Menara Pisa yang terlihat miring setelah tingkat ketiganya rampung dibangun pada 1178, di Abu Dhabi ada gedung yang sengaja dibuat miring. Kemiringannya bahkan mengalahkan Menara Pisa, ikon terkenal dari negara asal pizza itu.

Gedung pencakar langit berjulukan Capital Gate alias Gerbang Capital merupakan bangunan ikonik berdinding kaca yang terletak di Abu Dhabi. Pada siang hari, gedung setingi 160 meter yang bersandar pada kemiringan 18 derajat ke barat ini akan nampak berkelap-kelip akibat efek cahaya matahari. 

Sekadar perbandingan, kemiringan gedung ini empat kali lebih banyak dari menara miring Pisa di Italia.

Dilansir dari CNN Travel, setiap hari kaca-kaca berbentuk berlian ini dibersihkan. Para pembersih jendela akan bergantungan di tali memoles 728 panel kaca yang dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan bentuk bangunan yang tak biasa ini.

Para pekerja ini dijuluki sebagai “cliffhagers.” Mereka tergabung dalam sebuah tim yang terdiri dari 12 orang dan bekerja secara bergantian. Per bulan, setiap orang kebagian dua kali putaran untuk membersihkan kaca-caka di Capital Gate berlantai 35 ini.

Gerbang Capital merupakan salah satu bangunan tertinggi di Abu Dhabi. Meski bukan yang tertinggi, membangun gedung dengan kemiringan 18 derajat ini memiliki tantangan tersendiri. 

Para insinyur dan arsitek yang terlibat dalam membangun gedung ini boleh berbagga. Kerja keras mereka mengatasi tantangan yang sering melawan alam akhirnya membuahkan hasil. Capital Gate kini dikenal luas sebagai salah satu ikon dunia. 

Pada Juni 2010, Guinness Book of World Record bahkan menobatkannya sebagai ‘Menara buatan manusia paling miring di dunia’. Sudah 10 tahun ini, Capital Gate masih memegang rekor itu.

Dengan kemiringan 18 derajat ke barat maka bangunan di lantai 17 dan yang ada di atasnya praktis menggantung di tepian, menciptakan ribuan ton tekanan pada inti bangunan, tutur Ahmed Al Mansoori, pimpinan para insinyur untuk Capital Gate sekaligus Direktur Teknik di Perusahaan Pameran Nasional Abu Dhabi.

Dia menambahkan, itu semua menentang hukum alam.

“Alam menginginkannya runtuh. Segala sesuatu tentang menara membuatnya ingin runtuh, tetapi ia telah dirancang untuk berhenti,” imbuhnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.