Black Panther, Cetak Sejarah Nominasi Golden Globe Awards 2019

0
51
Film Black Panther

HOLLYWOOD, bisniswisata.co.id: Film blockbuster produksi Marvel Studios, Black Panther kembali mencetak sejarah. Setelah sukses menjadi salah satu film dengan keuntungan tertinggi selama 2018, film yang menghadirkan sineas keturunan Afrika-Amerika itu menjadi film bertema pahlawan super pertama yang memperoleh nominasi film terbaik kategori drama di ajang Golden Globe Awards.

Black Panther bukanlah satu-satunya film superhero yang pernah masuk nominasi penghargaan Golden Globe. Pada 2016, film Deadpool juga berhasil masuk nominasi. Berbeda dengan Black Panther, Deadpool kala itu dinominasikan di kategori best motion picture, musical or comedy.

Black Panther juga berhasil memperoleh nominasi untuk dua kategori lain. Film superhero yang berhasil mencetak penghasilan kotor US$1,3 miliar ini menjadi nominator untuk best original song dengan lagu All The Stars yang dibawakan Kendrick Lamar dan SZA. Selain itu, komposer Ludwig Göransson juga membawa nama Black Panther dalam kategori best original score.

Nominasi Black Panther kali ini dianggap sebagai momentum pengakuan film bertema pahlawan super di Hollywood. Ajang penghargaan Hollywood acap kali mendiskreditkan film betema demikian.

Dilansir dari CNN, Jumat (07/12/2018) gerakan untuk mendorong pengakuan film bertema pahlawan super meningkat sejak 10 tahun lalu. Tepatnya ketika film The Dark Knight yang disutradarai Christopher Nolan gagal menembus nominasi film terbaik.

The Academy of Motion Picture Arts and Science, penyelenggara Oscars, bahkan mengajukan proposal untuk kategori baru film populer. Alih-alih mendapat dukungan, pihak The Academy membatalkan nominasi baru ini.

Sementara Hollywood Foreign Press Association selaku penyelenggara Golden Globe Awards ke-76, pada 6 Januari 2019 sudah mengumumkan nominasi pada Kamis (6/12) waktu Amerika Serikat. Dalam nominasi yang terbagi dalam 25 kategori tersebut, sejumlah film banyak mengantongi nominasi.

Vice menjadi film dengan raihan nominasi terbanyak sebanyak enam nominasi, termasuk Best Motion Picture – Musical or Comedy, dan Best Director. Film The Favourite, Green Book, dan A Star Is Born semuanya bersaing ketat menjadi film kedua dengan raihan nominasi terbanyak dengan masing-masing lima nominasi.

Para pemain film tersebut, seperti Emma Stone, Rachel Weisz, Mahershala Ali, Bradley Cooper, dan Lady Gaga pun juga kebagian nominasi dalam Golden Globe 2019 ini.

Film Crazy Rich Asians mungkin bisa menghebohkan pasar Amerika Utara, namun bagi juri Golden Globe Awards, film ini hanya memberikan kesan untuk dua kategori.

Sedangkan dari sisi tayangan televisi, serial The Assassination of Gianni Versace menjadi yang terbanyak mendapatkan nominasi Golden Globe dengan empat nominasi.

Setelah The Assassination of Gianni Versace, ada The Americans, Barry, Homecoming, The Kominsky Method, The Marvelous Mrs Maisel, Sharp Objects, dan A Very English Scandal bersaing ketat dengan masing-masing tiga nominasi.

Black Panther akan menghadapi penantang yang berat dalam nominasi film terbaik Golden Globes 2019 nanti. Pesaing lainnya adalah Black Klansman, Bohemian Rhapsody, If Beale Street Could Talk, dan A Star is Born. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.