Bika Bogor Talubi, Produk Oleh-oleh Baru Dari Talas Dan Ubi

0
294

Bika Bogor Talubi ukuran kecil berbahan baku talas dan ubi, produk baru oleh-oleh dari Kota Bogor

BOGOR, bisniswisata.co.id: Berwisata ke kota Bogor bukan hanya mengunjungi istana kepresidenan, tapi Bogor juga terkenal sebagai salah satu kota tujuan wisata kekinian yang menawarkan cuaca sejuk dan wisata yang beragam.

Tidak hanya wisata alam berupa air terjun atau wisata bermain, di Bogor, Anda juga dapat menemui lokasi wisata edukasi dan wisata kuliner. Tidak heran beragam cafe dengan interior instagramable bermunculan. Beragam produk oleh-oleh juga terus hadir.

Buah tangan hasil inovasi mutakhir dari kota ini adalah hadirnya kue Bika Bogor Talubi. Didirikan pada tahun 2014 di Jl Raya Gadog sebelah Vimala Hills (Puncak-Bogor), kini sudah tersedia di empat outlet.

“Pertama kali Bika Bogor Talubi dibuat karena melihat hasil panen Talas dan Ubi yang melimpah di kota Bogor. Kamipun memanfaatkan hasil panen  tersebut menjadi oleh oleh khas Bogor. Nama Talubi melekat karena bahan yang kami gunakan terbuat dari Talas dan Ubi asli,” jekas Ellen Sunaryo, Public relations Bika Bogor Talubi.

Menurut dia, Bika Bogor Talubi berbeda dengan Bika yang biasa dikenal Bika Ambon dari Medan, Sumatera Utara. Bika Ambon pada umumnya terbuat dari daun jeruk, serbuk kunyit, serei dan biasanya full tepung. Sehingga Bika Ambon mempunyai aroma dan rasa yang khas.

Sementara Bika Bogor Talubi ini berbahan dasar talas dan ubi sehingga mempunyai tekstur yang lembut saat dikonsumsi dan tidak enek  bila dimakan dalam jumlah banyak. Di samping itu juga tidak menggunakan bahan pengawet sehingga hanya bertahan 4 hari dari masa produksi.

Untuk Varian rasa Bika Bogor ada empat Bika Bogor Talas, Bika Bogor Ubi Madu, Bika Bogor Cocopandan, Bika Bogor Nangka.  Produk kreatif lainnya adalah beragam kue Lapis .

Ada lapis Talubi original, lapis Talubi cokelat, lapis Talubi green tea, brownies kukus Talas, New York Style “Banana Cheese Cake”, Pillsbury “Banana Cake” dan Boston Brownie yang kini didedikasikan sebagai oleh oleh khas Bogor.

Kue berbahan tepung ketan hitam dengan tampilan mewah

“Talas merupakan tumbuhan yang sangat melimpah di Bogor dan sudah. menjadi icon serta komoditas utama di Bogor. Oleh karena itu kami berinovasi dan lahirlah “Boston Brownies yaitu brownies kukus ketan hitam,” kata Ellen Sunaryo.

Kue brownis ini menggunakan bahan baku dari ketan hitam asli yang dipadukan dengan hasil pertanian khas bogor yaitu talas dan kini sudah ada dua varian rasa, yakni ketan hitam talas dan ketan hitam pandan.

“Kue ini dilengkapi taburan crunchy nougat (kacang caramel) yang terasa unik dan berbeda dari brownies lainnya.  Tidak hanya lembut, Boston Brownie menawarkan sensasi crunchy dalam setiap gigitannya, sehingga membuat kamu ketagihan,” tambah Ellen berpromosi.

Pihaknya berharap wisatawan nusantara maupun mancanegara yang datang ke Bogor bisa mencicipi kelezatan produk berbahan baku talas dan ubi di outlet Bika Bogor Talubi dan menjadikannya oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat.

“Kami optimistis makin banyak wisatawan berkunjung ke Bogot untuk wisata kuliner di tempat kami,” tambahnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.