Big Data Dapat Tingkatkan Manajenen Pendapatan Industri Travel & Hotel

0
61

Big Data Dapat Tingkatkan Manajenen Pendapatan Industri Travel & Hotel

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Dalam lingkungan bisnis saat ini, aset paling berharga bagi sebuah organisasi telah menjadi data tentang pelanggan dan calon pelanggan mereka dan kemampuan untuk menggali, memahami dan membuat pendapatan dan proyeksi pelanggan berdasarkan itu. 

Dilansir dari Tourism-review, Selain data yang dikumpulkan organisasi perjalanan atau perhotelan tentang pelanggan itu sendiri, mereka dapat melampirkan informasi tambahan dari organisasi lain yang dikumpulkan dari media sosial, situs ulasan online, mesin pencari, platform ritel, dan ponsel cerdas. 

Organisasi teratas dalam industri perjalanan dan perhotelan dapat membedakan diri mereka sendiri, mengelola dan memproyeksikan pendapatan, dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pelanggan lebih cepat daripada pesaing yang menggunakan analitik data besar. Memanfaatkan harta karun data sangat membantu dalam hal manajemen pendapatan travel.

Manajemen Pendapatan Travel Dengan Big Data

Terutama dalam industri travel dan perhotelan yang bergejolak dan bergerak cepat saat ini, Anda harus memastikan untuk menawarkan produk yang tepat, apakah itu tiket pesawat atau kamar hotel, kepada pelanggan yang tepat pada waktu yang tepat sangat penting untuk memaksimalkan pendapatan. 

Dunia pemesanan online saat ini untuk travel dan perhotelan telah menciptakan lingkungan dengan harga yang sangat fluktuatif dan dinamis.

Sebagian besar wisatawan, orang yang pergi ke restoran, museum, atau bisnis terkait perhotelan lainnya membuat keputusan tentang rencana mereka di saat-saat terakhir, sehingga sangat sulit untuk menggunakan data historis untuk membuat keputusan. 

Akibatnya, manajer pendapatan menggunakan data besar, algoritme yang rumit, dan kecerdasan buatan untuk membuat keputusan terkait pendapatan. Menggunakan data pemesanan atau pembelian aktual untuk mendorong keputusan telah menggantikan data yang lebih real-time seperti pola pencarian internet.

Big Data dan Perubahan Lingkungan 

Menggunakan data yang tersedia dari mesin telusur, Online Travel Agent       ( OTA), sistem reservasi situs web Anda sendiri, dan sejumlah sumber data lainnya memungkinkan Anda melihat tujuan yang dicari wisatawan, hotel yang mereka evaluasi, atau opsi rekreasi teratas. 

Selain apa yang mereka cari, mengetahui tanggal dan lama menginap membantu memaksimalkan pengelolaan pendapatan travel dengan data besar. Menggunakan data besar yang terutama berasal dari bagian atas sumber saluran penjualan secara real-time memungkinkan manajer pendapatan untuk mengidentifikasi apa yang paling sering ditelusuri kemudian mengembangkan strategi pendapatan dalam hal harga dan pengalaman pelanggan.

Pandemi COVID-19 telah memaksa banyak orang di industri travel dan perhotelan untuk melakukan pengurangan staf, sehingga keputusan dibuat dengan lebih sedikit karyawan dan sumber daya di tengah pergeseran prioritas.

Aspek positif dari dinamika ini adalah bahwa tim pendapatan, operasi, pemasaran, dan penjualan dipaksa untuk bekerja sama lebih erat. Ini, selain memaksimalkan pendapatan perjalanan dengan data besar, telah menciptakan model yang berfokus pada memaksimalkan pendapatan dengan menggunakan tim yang ramping dan terintegrasi erat.

Ini memungkinkan manajer pendapatan untuk mengakses setiap tuas yang tersedia, termasuk data, operasi, penjualan, dan pemasaran, untuk memaksimalkan pendapatan dalam lingkungan yang sangat menantang.

Pendekatan Total Revenue Management

Keuntungan lain menggunakan data besar untuk memaksimalkan pendapatan adalah memungkinkan pendekatan manajemen pendapatan total. Banyak di industri travel dan perhotelan masih mengambil pendekatan sempit untuk pendapatan. 

Misalnya, sebuah hotel mungkin fokus pada pendapatan yang dihasilkan dengan memesan kamar, dan yang terpenting, itu hanya mewakili sebagian dari gambaran pendapatan total.

Dengan mengambil pendekatan manajemen pendapatan total, mereka akan melihat pendapatan kamar, makanan & minuman, dan sumber pendapatan lainnya seperti pengalaman hiburan atau rekreasi yang mungkin juga ditawarkan di properti.

Evolusi Manajemen Pendapatan

Seiring kemajuan teknologi dan data besar selama bertahun-tahun, manajer pendapatan telah beradaptasi dan mempelajari nilai dari sejumlah besar data dan analitik di ujung jari mereka.

Mereka memahami bahwa sedikit variasi dalam harga dapat mempengaruhi permintaan secara signifikan dan, pada gilirannya, dapat menguntungkan. Konsumen menjadi lebih cerdas dengan data yang sangat banyak di ujung jari mereka juga. 

Meskipun harga selalu penting bagi konsumen, ada pergeseran yang memberikan bobot signifikan pada keseluruhan pengalaman yang mereka beli. 

Menggunakan data besar memungkinkan mereka yang berada di industri perjalanan dan perhotelan untuk memaksimalkan pendapatan sambil memberikan pengalaman pelanggan terbaik di kelasnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.