Becak Jadi Daya Tarik Wisata di Sejumlah Kota Dunia

0
218
Turis Asing Naik Becak di Yogyakarta (Foto: Liputan6.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Wacana menghidupkan lagi becak di ibu kota Jakarta kembali mencuat. Kendaraan tradisional ini mengingatkan kembali memori masa lalu saat lalu lintas tak seburu-buru sekarang.

Bila becak dilarang beroperasi di ibu kota, kendaraan bertenaga manusia ini justru menjadi daya tarik wisata di sejumlah kota dunia. Mereka bahkan memiliki paket tur dengan tukang becak yang teregistrasi dan bahkan bisa diminta untuk mengabadikan foto para penumpangnya.

Menaiki becak saat berkeliling kota akan memberikan pengalaman yang berbeda. Laju yang lambat bisa membuat Anda lebih tenang dan detail mengamati kota yang disinggahi. Apalagi, bila tukang becak yang mengantar Anda bisa menceritakan sejarah menarik tentang pojok-pojok kota yang Anda datangi.

Enam kota yang menyediakan pengalaman berkeliling kota sambil menaiki becak dari berbagai sumber:

1. Delhi, India

Lalu lintas di kota-kota besar India terkenal dengan kesemrawutannya. Mungkin dengan berbecak ria, Anda bisa menikmati waktu liburan di negara yang terkenal dengan Bollywood tersebut lebih tenang. Operator tur setempat menyediakan paket tur becak lengkap dengan jelajah kuliner lokal di Old Delhi. Anda bisa memilih perjalanan malam atau siang hari. Tukang becak yang mengantar bisa mengajak Anda ke Chawari Bazaar untuk mencicipi kudapan yang tersedia. Ada pula Lal Kuan, tempat yang tepat untuk menikmati kebab. Tak hanya makanan, tukang becak juga akan mengajak Anda mendatangi pasar rempah terbesar di India, Khari Baoli Asia dan melewati Jama Masjid yang terkenal di sana. Biaya untuk menikmati paket tur tersebut sekitar Rp 1,1 juta per orang dengan durasi sekitar 3 jam.

2. Tokyo, Jepang

Becak di dekat Kuil Asakusa menjadi salah satu yang direkomendasikan saat menjelajahi Tokyo, Jepang. Anda bisa menikmati suasana tradisional hidup di antara modernisasi Jepang. Sebelum berkeliling, jangan lupa untuk meminta tukang becak memotret Anda dengan latar Gerbang Kaminari, pintu masuk ke Kuil Sensoji. Tepatnya berpose di bawah lampion merah raksasa yang jadi ikon kuil. Dari sana, Anda bisa mengeksplorasi sekeliling Asakusa melalui gang-gang kecil, termasuk Nakamise Shopping Street yang menjadi lokasi tepat untuk membeli oleh-oleh. Paket tur tersedia untuk durasi 30 menit hingga 2 jam dengan biaya 40-144 dolar AS. Oh ya, becak bisa dinaiki maksimal dua orang.

3. Barcelona, Spanyol

Walau populer di negara-negara Asia, becak ternyata juga ada di Barcelona, Spanyol. Anda bisa menumpanginya untuk merasakan pengalaman wisata yang menyenangkan dan ramah lingkungan. Tukang becak yang mengantarkan Anda berkeliling spot ikonik Barcelona relatif muda, yakni para mahasiswa yang memiliki kemampuan banyak bahasa. Sebuah agen wisata bahkan menyiapkan tiga pilihan rute tur wisata becak dengan durasi mulai 1 jam, termasuk melewati Arc de Triomf dan Plaza de Colon. Bagaimana dengan biayanya? Mencapai 68,40 Euro atau sekitar Rp 1,2 juta.

4. Beijing, Tiongkok

Becak adalah transportasi terpopuler bagi turis yang hendak mengambil Tur Hutong. Meski harganya jauh lebih mahal dari menumpang taksi, para turis tetap menyukainya karena bisa menikmati sudut kota yang berbeda dan terhindar dari macet. Dengan mengendarai becak, Anda bisa mengalami suasana Beijing tempo dulu. Di antaranya Istana Pangeran Gong, kediaman istri revolusioner China, Sun Yat-sen, dan kediaman seniman ternama China, Guo Moruo.

5. Phnom Penh, Kamboja

Paket tur wisata becak di Phnom Penh bisa dipesan hingga pukul 3 sore waktu setempat. Anda disarankan untuk membawa ponsel dengan baterai penuh, kamera, serta tabir surya. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian longgar yang nyaman dan sopan karena Anda bisa jadi mampir ke kuil. Berjalan-jalan dengan becak akan mendekatkan Anda pada warga Kamboja. Anda bisa mencicipi mi yang dijual di pinggir jalan, mendatangi bangunan ikonik, hingga minum kopi bersama warga kelas menengah Khmer. Biayanya? sekitar 29 dolar AS atau sekitar Rp 442 ribuan untuk tur selama 2 jam.

6. Jogja, Indonesia

Berkeliling Kota Yogya dengan menumpang becak punya sensasi tersendiri. Sambil melihat-lihat bangunan tua dan tempat-tempat eksotis, Anda juga bisa menikmati angin semilir khas Jogja yang bikin tenang. Dikutip dari pegipegi.com, pastikan Anda menumpangi becak dengan menetapkan harga di awal. Aktifkan pula GPS agar Anda tidak dibawa berputar-putar kota sehingga ia akan menagih biaya tambahan. Biasanya, harga becak di Yogya sekitar Rp 10-15 ribu. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.