Bandara Tjilik Riwut Kini Lebih Modern plus Keren

0
95
Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya (Foto: Repro Google)

PALANGKARAYA, bisniswisata.co.id: Terminal baru Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mulai beroperasi. Bandara tersebut resmi dibuka untuk umum pada 28 Maret 2019. Tak banyak yang tahu jika Bandara Tjilik Riwut kini lebih modern, lebih keren dan lebih memuaskan calon penumpang udara.

Diharapkan, terminal anyar ini akan berdampak pada peningkatan jumlah penumpang. Selain itu, bandara digadang-gadang bakal memberikan pelayanan maksimal kepada pengunjung. ‚ÄúTerminal baru juga akan menarik minat maskapai untuk membuka rute-rute baru dan kami akan memanfaatkan momentum tersebut agar lebih banyak lagi penerbangan dibuka di Palangkaraya,” papar Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis, Jumat (5/4/2019).

Menurut Awaluddin, terminal baru yang berdesain megah dan modern ini bakal menjadi ikon anyar bagi Kalimantan Tengah. Selain itu, bandara juga bakal menjadi modal utama perseroan untuk meningkatkan konektivitas transportasi udara di Kalimantan Tengah.

Angkasa Pura II mencatat, pada tahun 2018, jumlah penumpang bandara mencapai 1 juta penumpang. Awaluddin menargetkan, setelah bandara beroperasi, jumlah penumpang bakal meningkat mencapai 8 juta orang per tahun.

Terminal baru itu memiliki luas 29.124 meter persegi dan dapat menampung hingga 2.200 orang per hari. Sebelumnya, terminal lama hanya memiliki luas 3.865 meter persegi dengan kapasitas 600 orang per hari.

Selanjutnya, AP II masih akan mengembangkan bandara dengan menyiapkan investasi Rp 480 miliar. Di antaranya untuk pengembangan terminal dan landasan pacu atau runway. “Dari saat ini panjangnya 2.600 meter menjadi 3.000 meter,” ucap Awaluddin. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.