39 Tahun ASEAN Tourism Forum

0
25

BALI, bisniswisata.co.id: ASEAN Tourism Forum (Forum Pariwisata Asean/ATF) 2020 berlangsung di Brunei Darussalam, 12-16 Januari 2020. ATF adalah salah satu acara perdagangan wisata tahunan paling penting di Asia Tenggara. Tema untuk ATF ke-39 adalah, “ASEAN – Together To a Next Generation of Travel”.  Forum tahunan ini diselenggarakan secara bergilir oleh 10 negara anggota ASEAN –  Brunei Darussalam, Cambodia, Indonesia, Lao PDR, Malaysia, the Philippines, Singapore, Thailand and Viet Nam- .

ATF 2020, diselenggara di Pusat Konferensi Internasional BRIDEX, Brunei Darussalam.   Selain menggelar perdagangan produk wisata dan pameran (“travel exchange”), juga digelar pertemuan tingkat menteri pariwisata se ASEAN dan mitra, organisasi kepariwisataan se ASEAN seperti pertemuan asosiasi travel agen se ASEAN, perhotelan nasional se ASEAN dan penerbangan nasional se ASEAN. Dalam pertemuan asosiasi travel agen ASEAN hadir perwakilan  dari ASITA, ASTINDO, ATAB, ATTA, BATA, CATA, LATA, MATTA, NATAS, PHILTOA,  PTAA, UMTA and VITA. Asosiasi perhotelan hadir perwakilan dari BAH, CHA, HRAP, IHRA, LHRA, MAH, MHA, PHRI, SHA, THA and VHA.

Misi ASEAN

Dalam tahun ke-53 mempertahankan perdamaian dan persatuan di antara 10 negara anggotanya, ASEAN meningkatkan sinergitas antar anggota  dalam upaya memperkuat keharmonisan dan kerja sama antar pemerintah di kawasan terpadu dengan target menjadi tujuan  wisata tunggal di mata dunia.

Penyelenggaraan ATF, ungkap pihak Kementerian Pariwisata Brunei selaku tuan rumah tahun 2020 adalah memperkuat misi dan tujuan ASEAN yang ditetapkan pada tahun 1967, yaitu kesejateraan di kawasan ASEAN. Salah satu kekuatan utama dan telah berdampak signifikan dalam mewujudkan misi tersebut adalah pariwisata, dengan kontribusi positif untuk pembangunan sosial-ekonomi kawasan.

Mencapai ASEAN yang lebih makmur dan relevan, negara-negara anggota dituntut berinovasi secara kolektif dan mencari inisiatif untuk meningkatkan pertumbuhan pariwisata dan pararel dengan upaya mempertahankan warisan, tradisi dan identitas yang membuat ASEAN unik bagi generasi mendatang. 

Pada pertemuan The 50th ASEAN NTOs Juli 2019, ASEAN NTOs menyepakati 6 strategi pemasaran pariwisata bersama dalam rangka ASEAN single destination (ASEAN Tourism Marketing Strategy/ATMS- 2017-2020). Implementasi dari ATMS Projects in 2019, empat negara ASEAN: Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan Thailand telah menggelar event pariwisata. Malaysia dengan ASEAN Lifestyle Week pada 13-15 September 2019, Myanmar menggelar ASEAN Food Festival 2019 (17-18 Agustus 2019) dan ASEAN FamTrip (3-9 Desember 2019), Kamboja menggelar Cambodia Travel Mart (11-13 Oktober 2019), sedangkan Thailand menggelar dua event yakni ASEAN Pop Culture (Mei-Juni 2019) dan ASEAN Together Run 2018-2019 (18 September 2018 – 8 Agustus 2019).

Pertemuan NTOs di ATF 2020, akan membahas lebih detail program kerjasama mitra ASEAN baik ASEAN Plus3 (yaitu dengan Jepang, Korea Selatan, China), ASEAN dengan  India, dan Rusia. Semoga*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.