29 – 31 Maret 2019, Tour de Bintan

0
123
Tour de Bintan

BINTAN, bisniswisata.co.id: Sport tourism terus digencarkan di penjuru nusantara. Tujuannya selain mendongkrak kunjungan wisatawan, juga biar ada kegiatan di daerah sehingga memenuhi calender of event Indonesia. Salah satunya, Tour de Bintan. Lomba balap sepeda ini digelar di kawasan wisata Bintan, Kepulauan Riau selama tiga hari, pada 29 hingga 31 Maret 2019.

Event balap sepeda ini yang digelar untuk ke-9 kalinya ini, menjadi salah satu dari tiga ajang di Asia dan 21 ajang di tingkat dunia yang merupakan bagian Seri Dunia UCI Gran Fondo. Tercatat, Selama tiga tahun berturut-turut, Tour de Bintan menjadi kualifikasi kejuaraan dunia UCI Gran Fondo.

Sekitar 1.200 peserta terdiri atas pebalap sepeda amatir untuk berpartisipasi di Tour de Bintan tahun ini. Sampai saat ini pendaftaran masih dibuka dan sudah ada perwakilan dari 42 negara yang mendaftar. Tahun 2018, Tour de Bintan diikuti sekitar 1.100 perserta dari berbagai mancanegara.

Gran Fondo dari bahasa Italia yang berarti bersepeda jarak jauh. Lintasan pada sebuah ajang balap sepeda gran fondo umumnya memiliki panorama yang indah. Karena itu, ajang Tour de Bintan digelar juga sebagai salah satu upaya meningkatkan promosi sport-tourism setempat. Tujuh pilihan lomba akan disediakan dalam Tour de Bintan yang dibagi menjadi sejumlah kelompok umur.

Peserta dapat memilih untuk hanya melakukan satu balapan, jarak terdekat adalah 55 km atau dapat juga memilih paket balapan 2-3 hari. Dua dari tujuh pilihan balapan yang tersedia merupakan kualifikasi untuk kejuaraan dunia 2019 di Polandia yaitu di kategori individual time trial sejauh 17 km yang digelar pada Jumat siang (29/3) dan kategori Gran Fondo Classic berjarak 144 km pada Sabtu pagi (30/3).

Untuk bisa lolos kualifikasi Kejuaraan Dunia Gran Fondo di Polandia, peserta Tour de Bintan harus menyelesaikan perlombaan dengan minimal masuk 25 persen peringkat teratas di kelompok usia masing-masing, jelas Natalie.

Balapan yang berlangsung selama tiga hari itu akan menyediakan jalur yang memadukan pemandangan pulau tropis di Bintan, yang diliputi pantai pasir putih, hutan dan deretan desa-desa indah. Balapan akan dibuka pada Jumat (29/3) di Lagoi Bay, area Bintan Resorts dengan melombakan kategori individual time trial.

Hari berikutnya dilombakan Gran Fondo Classic yang akan diselenggarakan di kota Simpang Lagoi menempuh rute sejauh 144 km. Perlombaan terakhir pada Minggu (31/3) akan dimulai dan berakhir di Bintan Lagoon Resort.

Diharapkan gelaran event Tour de Bintan secara langsung akan berdampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi di daerah setempat. Peserta akan melihat lebih dekat wajah Bintan dan menikmati semua yang tersaji, bahkan dengan keluarga masing-masing.

Peserta mendapat keuntungan dobel dari ajang ini. Selain bisa mengukir prestasi, mereka juga dapat menikmati keindahan alam dengan jalan-jalan yang ditata lebih baik, serta sejumlah resorts kelas internasional yang mengagumkan.

Acara tiga hari ini adalah tour lengkap dari pulau tropis dengan jalan-jalan pantainya yang menakjubkan, hutan hijau yang rimbun, dan desa-desa yang semarak berbaris di jalan-jalan untuk menyaksikan kecepatan dan warna-warni kaos serta sepeda peserta

Setelah Tour de Bintan, kawasan wisata Bintan akan digelar Bintan Triathlon (7-9 Juni), Ironman Bintan (25 Agustus), Bintan Marathon (8 September), Bintan Golf Challenge (12 Oktober), dan Bintan KasmaRun (31 Desember). (ENDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.