28 Oktober 2018, Tour de Prambanan 2018

0
125
Tour de Prambanan

SLEMAN, bisniswisata.co.id: Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman kembali menggelar Tour de Prambanan 2018. Tahun ini, gelaran lomba balap sepeda melintasi obyek-obyek eksotis itu akan digelar dengan tema Olah Raga dan Pariwisata untuk Peradaban Baru, yang diselenggarakan pada 28 Oktober 2018.

Tour de Prambanan merupakan kegiatan yang dihelat Dispar Sleman dengan menggandeng Lovina Tour and Ecent Management. Ini jadi bagian dari promosi Kabupaten Sleman sebagai destinasi Sport Tourism. Tahun ini gelaran akan melibatkan peserta-peserta lokal, domestik dan mancanegara. Tidak kurang 850 orang sudah mendaftar, melebihi target yang hanya 500 orang.

Hingga kini 650 orang peserta sudah melakukan konfirmasi. Selain itu, ada lima peserta asing dari Belanda, Jepang, Belgia dan Slovania. Tour de Prambanan dengan garis awal di Lapangan Shiwa dan berakhir di Lapangan Agastya Candi Prambanan. Tour akan melintasi 15 dari 17 kecamatan di Kabupaten Sleman.

Selain itu, akan turut dipertandingkan kejuaraan khusus King and Queen of Mountain. Di sana, peserta-peserta akan beradu kekuatan dan kecepatan untuk rute mendaki. Ada total hadiah lebih dari Rp 100 juta yang diperebutkan.

Tour de Prambanan 2018 diharapkan menjadi ajang olah raga yang akan mampu mengusung budaya Kabupaten Sleman yang terletak di DIY yang kaya akan warisan budaya dan pesona keindahan alam.

Juga, gelaran sport tourism ini menjadi salah satu bukti antusiasinya Kabupaten Sleman dalam mengembangkan pariwisata. Karenanya, kesuksesan Tour de Prambanan tahun lalu coba diukir lagi tahun ini.

Tour de Prambanan memang memiliki dua bagian yaitu tur dan perlombaan. Untuk tur, peserta-peserta akan menikmati tempat-tempat eksotis sepanjang perjalanan. Uniknya, peserta-peserta sangat bervariasi, dari DI Yogyakarta 10 persen, sisanya dari luar kota dan luar negeri.

Tour de Prambanan setidaknya menghadirkan tujuh kategori mulai class under 35, class under 35-45, class 46-55, class 56 up, class female hobbyist, class male athlete dan class female athlete. Tour de Prambanan diharapkan mampu mendongkrak jumlah wisatawan sekaligus perekonomian selama gelaran berlangsung. Serta, menjadikan Kabupaten Sleman sebagai destinasi wisata olah raga. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.