26 – 28 Oktober 2018, Tour de Linggarjati

0
421
balap sepeda

KUNINGAN, bisniswisata.co.id: Lomba balap sepeda bertajuk Tour De Linggarjati kembali dihelat. Perhelatan tahunan ini dijamin bakal seru. Keseruannya karena semua pembelap bisa berkompetisi sambil menjelajah berbagai destinasi wisata sejarah yang keren. Kegiatan ini dibalut indahnya alam pedesaan di kaki Gunung Ciremai, Kuningan Jawa Barat yang digelar pada 26 hingga 28 Oktober 2018.

Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk memoles jalan jadi mulus plus dilalui pembalap berkecepatan tinggi. Rute yang dijelajahi juga sudah diperbaiki. Bahkan destinasi wisata alam Linggarjati memiliki berbagai landscape yang menarik. Ditambah lagi beragam peninggalan sejarahnya tak kalah menariknya.

Tour De Linggarjati 2018 berlangsung selama tiga hari. Dimulai dari pelaksanaan kirab pada Jumat (26/10) yang akan diikuti para atlet, ofisial, panitia, pejabat daerah dan masyarakat umum. Kirab akan berlangsung sepanjang 16,2 kilometer yang dimulai dari Depan Pendopo Kuningan dan finish di Lapangan Sepak Bola Desa Purwasari Garawangi.

Di hari yang sama juga akan dilangsungkan lomba untuk kategori “Individual Time Trial (ITT) dengan jarak tempuh 9,8 kilometer. Hari kedua akan digelar Individual Road Race (IRR) yang terdiri dari tiga kategori putra dan putri. Yakni IRR Youth dengan jarak tempuh 43,1 kilometer, IRR Junior dengan jarak tempuh 65,3 kilometer dan IRR Men Elite dengan jarak tempuh 119,7 kilometer.

Hari terakhir, Ahad (28/10) akan digelar nomor Criterium dengan jarak tempuh 3 kilometer. Peserta diajak menaklukan trek sejauh 3 km, yang ditempuh dengan beberapa kali lap/putaran sesuai kategori usia.

Sebagai pendukung kegiatan disiapkan. Ada UMKM Fair yang akan menampilkan produk unggulan daerah. Tak hanya itu, para penggemar hobby fotografi juga bersiap-siap memeriahkan acara melalui kegiatan Lomba Foto Tour De Linggarjati. Dan bagi masyarakat juga dapat mengikuti Lomba Funbike pada Ahad dengan titik start dan finish di Pandapa Paramarta.

Kuningan memiliki banyak potensi pariwisata yang belum diketahui khalayak ramai. Dengan tagline Lintasi Alam, Kenali Budaya, Cintai Sejarah. Para atlet akan diajak melintasi alam Kuningan yang indah, dikenalkan juga dengan tampilan budaya daerah. Serta mengingatkan kembali bahwa Linggarjati adalah saksi sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dampak positif lainnya dari event ini adalah tumbuhnya angka kedatangan wisatawan ke Kabupaten Kuningan, sehingga memicu tumbuh kembangnya usaha-usaha ekonomi kreatif yang menunjang dan mendukung pariwisata yang ada di Kabupaten Kuningan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.