2022, Hotel Antariksa Mewah Terima Tamu

0
443
Aurora Station, hotel di Antariksa

SAN FRANCISCO, bisniswisata.co.id: Startup teknologi antariksa AS Orion Span telah meluncurkan Aurora Station, sebuah hotel mewah yang katanya akan menjadi tuan rumah bagi para turis di orbit rendah Bumi pada 2022.

“Tujuan kami adalah untuk membuat antariksa yang dapat diakses oleh semua dengan terus mendorong nilai yang lebih besar dengan biaya lebih rendah,” kata Frank Bunger, CEO dan pendiri Orion Span, sebagaimana dikutip CNET, Ahad (08/04/2018).

Meski tergolong hemat, biaya wisata ini sekitar US$ 9,5 juta dolar (Rp 130 miliar) untuk pengalaman 12 hari menjalani 200 mil (322 kilometer) di atas Bumi. Bagaimanapun, angka itu sudah jutaan kurang dari pesiar turis lainnya ke luar angkasa. Perjalanan ke salah satu roket ke ISS kini berbiaya lebih dari US $ 40 juta (Rp 551 miliar).

Pembangunan di Stasiun Aurora akan dimulai tahun depan di Houston, kata Bunger, meskipun tidak di NASA, karena ini adalah usaha swasta. Hotel ini pada dasarnya akan menjadi sebuah silinder yang cocok di dalam roket dan dapat menampung empat tamu sekaligus, ditambah dua anggota awak yang juga kebetulan mantan astronot. Setidaknya satu akan memiliki pengetahuan ruang-obat, Bungee memberitahu saya, jika penumpang mendapatkan kasus kuman Zero-G.

Stasiun Aurora akan menyelesaikan orbit setiap 90 menit, yang berarti para tamu akan melihat siang dan malam di Bumi ratusan kali. Ketika mereka tidak memposting gambar Instagram melalui internet nirkabel berkecepatan tinggi, mereka juga dapat menikmati pengalaman VR di holodek atau hanya mengapung di suite mereka.

“Estetika yang kami inginkan adalah kelapangan,” kata Bunger. “Kapan pun Anda berada di pesawat angkasa jenis apa pun, ada kecenderungan alami untuk menjadi kacau dengan sistem atau kontrol. Kita akan mencari yang benar-benar bersih dan modern.”

Orion Span mengumumkan Stasiun Aurora pada KTT Space 2.0 di San Jose, California, pada hari Kamis. Pada hari yang sama, pesawat ruang angkasa Virgin Galactic milik Richard Branson diarahkan untuk para wisatawan menyelesaikan uji terbang yang sukses, tiga setengah tahun setelah kecelakaan fatal SpaceShipTwo milik Virgin Galactic.

Wisatawan Stasiun Aurora akan tiba di hotel melalui roket, meskipun belum jelas apakah itu akan menjadi milik Elon Musk. Mereka yang bersemangat untuk liburan di Stasiun Aurora dapat mendeposit uang muka US$ 80.000 yang dapat dikembalikan sepenuhnya (Bunger mengatakan bahwa startup tersebut sudah mendapatkan lebih banyak reservasi daripada yang diharapkan, tetapi dia belum akan berbagi angka).

Bunger mengatakan salah satu alasan Orion Span dapat menargetkan harga kurang dari US$ 10 juta per orang adalah karena penurunan harga peluncuran. “Semua orang memperkirakan bahwa harga peluncuran akan turun,” katanya kepada Bloomberg. “Hampir setiap minggu ada perusahaan peluncuran roket antariksa lain yang memulai dengan cara baru untuk mengorbit lebih murah, lebih cepat, lebih baik.” sambungnya. (CNET)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.