2018, PHRI Salatiga Targetkan Setor PAD Rp12 Miliar

0
317
Ilustrasi - Logo Hotel

SALATIGA, bisniswisata.co.id: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Salatiga, Jawa Tengah menargetkan memberikan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak restoran dan hotel senilai Rp12 miliar pada tahun 2018. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2017.

“Saya optimistis bisa mencapai target. PHRI berkomitmen untuk terus meningkatkan setoran pajak restoran dan hotel,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Salatiga, Jawa Tengah Arso Adji Sajiarto di Salatiga, Senin (13/8/2018).

Menurut Adji, tahun lalu PHRI menyetorkan pajak restoran dan hotel sebesar Rp7 miliar. Dengan demikian, setoran 2018 yang akan disetorkan pasa Desember nanti naik Rp5 miliar dibanding setoran 2017. “Target kami tidak muluk-muluk dan optimis tercapai. Hingga Juli 2018, pajak restoran dan hotel sudah terkumpul Rp7 miliar,” ujarnya.

Dilanjutkan, besarnya pajak restoran dan hotel tak lepas dari banyaknya kunjungan wisatawan ke Salatiga dan banyaknya kegiatan yang digelar di sejumlah hotel. “Sekarang Salatiga sudah berubah. Kotanya sudah tertata dengan rapi. Ini salah satu daya tarik Salatiga,” tuturnya seperti dilansir laman Sindonews.

Meski demikian, kata dia, masih banyak hal berkaitan dengan penataan dan wajah kota yang menjadi pekerjaan rumah Pemkot Salatiga. Ini berkaitan dengan pemeliharaan dan pengamanan taman kota dan ruang terbuka publik. “Banyak sarana prasarana ruang terbuka publik yang rusak bahkan hilang. Ini harus diperhatikan secara serius oleh dinas terkait,” katanya.

Tercatat ada 35 obyek wisata yang tersebar di Salatiga. Dari jumlah itu, hanya 10 destinasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan. Kota ini diketahui termasuk kota berada di dataran tinggi, sehingga memengaruhi obyek wisata kota ini yang kebanyakan berupa pegunungan.

#. Museum Kereta Api Ambarawa

Jika anda ingin berwisata sekaligus menambah pengetahuan tentang sejarah maka anda harus mengunjungi museum Kereta Api Ambarawa. Terdapat banyak kereta api yang dioperasikan pada jaman Belanda dan sekarang disimpan di museum kereta api yang berjarak kurang lebih 30 – 45 menit perjalanan dari pusat kota Salatiga. Di obyek wisata ini anda dapat berkeliling obyek wisata menaiki kereta api kuno yang dijalankan dengan tenaga uap. Namun anda harus menyewa satu gerbong sekaligus untuk menaikinya ya. Anda juga dapat melihat lokomotif uap jaman Belanda yang disimpan dengan baik di stasiun obyek wisata museum kereta api ini.

#. Air Terjun Umbul Songo

Terletak di daerah Kopeng, obyek wisata air terjun Umbul Songo dikelilingi pepohonan hijau menjadikan udara di sekitarnya sejuk dan nyaman. Terletak di ketinggian kurang lebih 1.450 meter di atas permukaan laut menjadikan lokasi Air Terjun Umbul Songo agak sulit dijangkau oleh mobil atau kendaraan bermotor namun memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda tak perlu khawatir karena di area wisata anda dapat menyewa kuda atau berjalan kaki bagi anda yang menyukai hiking untuk sampai dipuncak. Indahnya pemandangan di puncak dan sejuknya air terjun dengan tinggi mencapai 15 meter tersebut dapat membayar usaha anda mencapai puncak air terjun.

#. Pemandian Air Alam Muncul.

Tempat wisata yang berlokasi di Jl. Raya Salatiga – Muncul, Salatiga ini adalah pemandian alami dengan sumber air yang berasal dari dasar kolam. Konon, air di pemandian ini mengalir setiap saat, 24 jam sehari dan tidak menggunakan kaporit. Air ini muncul dari perut bumi dan sangat alami. Di akhir pekan, tempat wisata ini cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal yang membawa keluarganya untuk menikmati liburan.

#. Tlogo Plantation.

Menikmati suasana alam yang sejuk adalah salah satu pilihan untuk memanjakan diri di tengah rutinitas. Tlogo Plantation adalah sebuah tempat wisata perkebunan dan pegunungan tropis. Terletak diantara Tuntang dan Beringin Km. 2 Salatiga, Tlogo Plantation menawarkan wisata yang asyik untuk mengisi liburan bersama keluarga. Disini, kamu dapat menikmati fasilitas seperti flying fox, naik ke puncak Gunung Rong dan kolam renang.

#. Rawa Pening.

Nama Pening disini bukan berarti pusing, ya! Sebaliknya, kata pening pada dasarnya berasal dari kata bening, hal ini dikarenakan danau ini memiliki air yang sangat jernih. Uniknya lagi, danau seluas 2.670 hektar ini juga ditumbuhi oleh enceng gondok. Nah, Kementerian Pariwisata sedang berupaya menjadikan objek wisata Rawa Pening ini sebagai destinasi wisata dunia. Wah, semoga Rawa Pening mampu menjadi tempat wisata bertaraf internasional.

#. Agrowisata Salib Putih
Agrowisata Salib Putih terletak di km 4 jalan Salatiga – Kopeng. Obyek wisata ini merupakan ecopark hotel yang dilengkapi dengan sarana taman bermain, perkebunan, outbond dan camping. Anda dapat menginap di guest house atau hotel di sekitar Agrowisata Salib Putih yang dilengkapi dengan kolam renang dengan pemandangan lampu-lampu kota Salatiga yang indah di malam hari. Selain wisata alam, obyek wisata Salib Putih juga merupakan salah satu lokasi wisata religi khususnya bagi umat Nasrani. Ya, di lokasi obyek wisata ini terdapat Gua Maria Pereng yang sering digunakan untuk kegiatan wisata religi atau retreat bagi umat kristiani. Lingkungannya yang sejuk dan cukup sepi merupakan tempat yang pas untuk berdoa dan memanjatkan doa bagi teman-teman yang beragama Katolik.

#. Arrowhead Park.

Taman yang berlokasi di Desa Tegalwaton, Kecamatan Salatiga, Kabupaten Salatiga ini menawarkan keindahan alam yang sejuk dan mendamaikan hati. Wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang hendak mencari udara segar di tengah hiruk pikuk perkotaan. Ketika kamu berkunjung kesini, kamu dapat menikmati pemandangan berupa alam pedesaan yang asri, hijau dan rindang. Menariknya, kamu dapat melakukan aktivitas lainnya seperti piknik, bermain tenis, bisbol, menikmati sunset dan berkuda.

#. Atlantic Dreamland.

Kalau yang satu ini, biasanya sering dipenuhi oleh anak kecil yang menikmati bermain bersama teman-temannya. Berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Isep-Isep, Cebongan, Argomulyo, Kota Salatiga, Atlantic Dreamland merupakan obyek wisata keluarga yang dilengkapi dengan wahana permainan. Tidak kalah dengan wahana permainan di kota besar lainnya, Atlantic Dreamland menawarkan wahana permainan seperti Kolam Renang, Water Toys, Waterboom, Mini Train, Bom-Bom Car, Fliying Fox dan Circular Tarck.

#. Agrowisata Kampung Kopi Banaran

Bagi anda pecinta kopi, anda tidak boleh melewatkan Agrowisata Kampung Kopi Banaran yang terletak di Jalan Raya Semarang – Bawen KM 1,5. Lokasi wisata ini sangat mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan raya Semarang – Salatiga. Anda dapat berkeliling menikmati perkebunan dan menghirup aroma buah kopi menggunakan kereta atau ATV yang tersedia di area wisata. Jika anda beruntung, anda dapat menyaksikan langsung aktivitas pengepul kopi. Anak-anak anda pasti akan senang mengunjungi taman kupu-kupu. Anda juga dapat mampir di cafe menikmati berbagai variasi minuman kopi yang dipetik dan diproses langsung dari perkebunan setempat ditemani oleh pemandangan dan suasana sejuk yang dikelilingi oleh pohon kopi dan tanaman lainnya. Kampung Kopi Banaran telah dilengkapi dengan berbagai permainan seru seperti flying fox, panjat pinang, mandi bola, dan kegiatan atletik lainnya seperti bermain tenis, berkuda dan berenang.

#. Wisata Kuliner Sudirman

Selain menikmati obyek wisata di siang hari, anda juga tidak boleh melewatkan wisata kuliner malam hari di sepanjang jalan Sudirman Salatiga. Kuliner terkenal di Salatiga yang mungkin jarang ditemui dikota lain adalah Sate Sapi Suruh dan wedang ronde. Wedang ronde paling enak dinikmati pada sore hari setelah hawa dingin mulai menyelimuti kota Salatiga. Anda dapat menemukan puluhan pedagang wedang ronde di sepanjang jalan Sudirman. Anda juga dapat menikmati sate sapi Suruh yang cukup terkenal sebagai salah satu kuliner khas kota Salatiga. Jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Salatiga seperti Enting-enting Gepuk, Getuk Kethek, Wingko Babat dan Singkong Keju ya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.