DAERAH KOMUNITAS

YOMAN Gelar Aksi Cinta Damai dan Buka Puasa Bersama 

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Organisasi nirlaba YOMAN terdiri dari para millenial yang tergabung dalam Millenial Yogya Cinta Kedamaian dan Anti Kekerasan Jalanan  untuk Indonesia Bersatu lakukan aksi sosilal di kawasan Timoho, Minggu.

“YOMAN terdiri dari pelajar, mahasiswa, masyarakat dari berbagai lintas agama suku dan latar belakang yang berbeda. Mereka menyuarakan satu gerakan damai agar Yogyakarta sebagai kota pelajar dan wisata tidak tetep aman dan nyaman untuk di kunjungi,”  kata  Billy Don, Koordinator Millienial Cinta Yogya Damai dan Anti Kekerasan Jalanan (YOMAN ).

Acara bagi -bagi takjil untuk berbuka puasa yang melintas di Timoho dan dalam kegiatan ini mereka juga  meminta pemerintah memperbanyak CCTV di jalan jalan di kota Yogyakarta termasuk toko’ toko memasang CCTV di pinggir jalan. 

” Kami menggandeng kelompok Masyarakat  Yogyakarta dan semua pihak agar dapat bersama sama menjaga dan menjadikan Yogyakarta yang aman, damai dan harmonis.

Aksi damai diikuti kegiatan berbuka bersama di Kafe Koboi Yogyakarta di Kawasan Timoho, Yogyakarta,” ungkap Billy Don.

Menurut dia, usulan untuk menambah CCTV di dalam kota Jogja agar Jogja tambah aman tentunya sehingga wisatawan yang datang berwisata di Yogyakarta semua  bisa merasa aman.

Pihaknya juga menekankan pentingnya untuk menjadi tuan rumah yang baik dan menonjolkan adat istiadat yang kental dengan budaya Jawa ramah tamah.

” Kalau lewat di gang kita ada pengunjung sebaiknya menyapa dengan kata nderek langkung untuk menyapa orang yang belum kita kenal. Bagi yang ditegur atau yang mendengar sapaan itu jadi sejuk di hati rasanya,” ungkapnya.

Kearifan lokal dengan bahasa Jawa yang halus tutur kata itu diyakini Billy Don akan membuat Yogyakarta menjadi kota yang ngangenin untuk di kunjungi berwisata lagi.

Apalagi saat ini banyak sekali tempat-tempat wisata baru yang ada mulai dari dalam kota sendiri hingga berwisata dipantai banyak pilihannya. Ada  Pantai Parangtritis, Pantai,Parangkusumo, Pantai Baru ,Pantai Gua, Pantai Cemara ,Pantai Glagah Indah, Pantai Baron, Pantai Kakap dan Kukup.

Tujuan wisatapun dan masih banyak lagi di Kaliurang dan wisata kulinernya pun tinggal pilih tempat yang di sukai pokoknya. jangan takut ke Jogja karena Jogja tetep aman untuk berwisata, tandasnya.

 

Satrio Purnomo