DESTINASI HOSPITALITY HOTEL INTERNATIONAL

WTTC Luncurkan Hotel Sustainability Basics yang Inovatif

Badan pariwisata global mengumumkan skema verifikasi untuk Basics.  Ribuan hotel, destinasi, dan OTA mendukung Hotel Sustainability Basics. Mitra pengukuhan meliputi destinasi, grup hotel internasional besar, dan resor wisata.  Penelitian menunjukkan hampir semua hotel sadar akan tanggung jawab mereka terhadap planet ini

BERLIN, Jerman, bisniswisata.co.id:  Diumumkan di ITB Berlin, Basics akan memungkinkan penyedia akomodasi wisata dari seluruh dunia, terlepas dari ukurannya, untuk memulai perjalanan keberlanjutan mereka.

Basics, inisiatif yang didukung oleh seluruh industri, adalah serangkaian kriteria yang diakui dan terkoordinasi secara global yang harus diterapkan oleh semua hotel seminimal mungkin untuk mendorong Perjalanan & Pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Dasar-dasar muncul sebagai hasil dari permintaan yang jelas dari sekelompok merek hotel global yang berpengaruh dan meskipun ada banyak inisiatif keberlanjutan, Dasar-dasar berfokus pada titik awal yang dapat dicapai.

Ini akan mendorong semua bisnis perhotelan untuk memulai perjalanan keberlanjutan mereka dan mendefinisikan kembali keberlanjutan yang tidak dapat dinegosiasikan dalam industri ini.

Terdiri dari 12 kriteria utama, Dasar-Dasar dapat dicapai untuk diterapkan oleh semua hotel secara minimal.  Mereka berfungsi sebagai batu loncatan menuju skema keberlanjutan yang lebih kompleks dan bahkan keberlanjutan yang lebih besar.

Basics juga telah diakui oleh Sustainable Hospitality Alliance sebagai titik awal untuk industri positif bersih, yang mengumumkan versi terbaru Pathway to Net Positive Hospitality.

 Skema Verifikasi

Untuk memastikan validitas program, WTTC bermitra dengan Green Key dan SGS untuk mengembangkan sistem verifikasi online sederhana yang memungkinkan hotel memberikan bukti dan memastikan mereka mengikuti Dasar-dasar.

Skema verifikasi memungkinkan hotel dan akomodasi wisata lainnya diverifikasi secara resmi untuk memenuhi delapan dari 12 kriteria pada tahun pertama dan menunjukkan komitmen mereka untuk bekerja menuju semua 12 kriteria pada tahun ketiga.

Bersama-sama, kriteria memastikan sektor ini tahan lingkungan dan adaptif terhadap perubahan kebutuhan planet ini.

Mitra Perhotelan

Enam grup hotel internasional utama, yang secara kolektif mewakili puluhan ribu situs dari seluruh dunia kini telah bergabung dengan Basics sebagai mitra perdana.  Grup hotel pertama termasuk merek-merek terkenal seperti Accor, Jin Jiang International, Louvre Hotels Group, Meliá Hotels International, Meininger, dan Radisson Hotel Group.

Julia Simpson, Presiden & CEO WTTC, berkata, “Kami sangat bangga telah meluncurkan skema verifikasi untuk Hotel Sustainability Basics.  Inisiatif ini merupakan tanggapan terhadap kebutuhan sektor akan dasar bagi hotel dan penginapan wisata lainnya untuk memulai perjalanan keberlanjutan mereka.

 “Penelitian kami menunjukkan bahwa sebagian besar pemilik bisnis menyadari tanggung jawab mereka terhadap lingkungan tetapi banyak praktik keberlanjutan seperti inisiatif penggunaan air yang efisien tidak merata.  Dasar-dasar mengisi kesenjangan dengan menciptakan lapangan permainan yang setara untuk sektor ini.

“Ini adalah bukti perlunya skema seperti itu yang sudah ribuan hotel dari seluruh dunia telah mendaftar ke Basics dan memulai proses verifikasi mereka mulai hari ini.”

Inge Huijbrechts, Global Senior Vice President of Sustainability, Security & Corporate Communications di Radisson Hotel Group mengatakan, hotel Sustainability Basics memenuhi permintaan baru yang belum terjawab di industri perhotelan: untuk memberikan label yang solid, tepercaya, dan jelas untuk keberlanjutan hotel yang penting.  

“Penting bagi kami untuk mendefinisikan perjalanan yang bertanggung jawab untuk melestarikan planet ini dan melindungi masyarakat.  Dengan Hotel Sustainability Basics, kami menawarkan kepada wisatawan pilihan menginap berkelanjutan yang jelas untuk semua jenis hotel di seluruh dunia,” tegasnya..

Menurut dia,Radisson Hotel Group berkomitmen untuk menerapkan Hotel Sustainability Basics di semua 1.100 hotelnya pada tahun 2025. ” Kami melakukan ini bersama dengan pemegang saham kami Jin Jiang International, afiliasi mereka Louvre Hotel Group, serta grup dan tujuan hotel besar lainnya di seluruh dunia.”

Laporan Tren Penginapan Hijau

 WTTC melakukan latihan pembandingan internasional yang luas melalui Green Lodgings Trends Report, belajar dari 27.000 penyedia akomodasi tentang bagaimana mereka saat ini menyesuaikan diri dengan 12 kriteria. Hal yang terpenting, tolok ukur ini akan memungkinkan WTTC melacak kemajuan Dasar dari waktu ke waktu.

Hampir 100% penyedia akomodasi menerapkan setidaknya satu inisiatif untuk mengurangi ketimpangan dan 96% telah mengadopsi program penggunaan kembali linen.

Laporan tersebut juga menunjukkan banyak pelaku bisnis perhotelan menerapkan praktik berkelanjutan, tetapi masih ada cara yang harus dilakukan agar praktik ini menjadi hal yang umum di seluruh sektor.

Dua pertiga dari mereka yang disurvei sudah mulai menghilangkan penggunaan plastik sekali pakai tertentu seperti sedotan dan menerapkan inisiatif pengurangan sampah lainnya. Praktik yang muncul juga disorot dalam laporan tersebut.

Hampir separuh responden telah mengganti botol perlengkapan mandi plastik kecil dengan dispenser curah dan sepertiga sekarang menyediakan pilihan vegetarian untuk setiap hidangan dalam penyediaan makanan dan minuman mereka.

Mitra Sektor

Selain Aliansi, WTTC berkolaborasi dengan tokoh-tokoh sektor terkemuka lainnya termasuk perwakilan dari Greenview, anggota hotel WTTC, Expedia, Dewan Pariwisata Berkelanjutan Global (GSTC), Aliansi Perhotelan Berkelanjutan dan Grup Trip.com, serta badan sertifikasi SGS  dan Kunci Hijau.

Glenn Mandziuk, CEO dari Sustainable Hospitality Alliance berkata, “Kami sangat bangga bekerja sama dengan World Travel & Tourism Council untuk meluncurkan Hotel Sustainability Basics.  

Dasar-dasar adalah bagian penting dari Jalur Aliansi menuju Perhotelan Positif Bersih yang menetapkan target ambisius untuk menciptakan sektor perhotelan global yang sejahtera dan bertanggung jawab yang memberikan kembali ke tujuan lebih dari yang diperlukan.

“Net Positive Hospitality adalah tujuan luar biasa yang ingin kami capai.  Melampaui nol bersih dan benar-benar berkontribusi pada masa depan dunia adalah ambisi yang berani, tetapi saya yakin sektor ini dapat mencapainya.”

Randy Durband, CEO Global Sustainable Tourism Council (GSTC) mengatakan, “Hotel-hotel di seluruh dunia perlu bergerak menuju keberlanjutan dengan cepat, tetapi langkah pertama bisa menjadi yang paling sulit.

“Dasar-Dasar Keberlanjutan Hotel WTTC memberikan cara terbaik untuk memahami dan mengambil langkah pertama.  Dengan dua belas tindakan jelas yang memetakan ke delapan Kriteria Industri GTSC, Dasar-dasar memang merupakan bagian penting dari perjalanan.”

Jane Sun, Group CEO Trip.com Group mengatakan “Keberlanjutan adalah tujuan bersama.  Seiring meningkatnya permintaan akan opsi berkelanjutan, Grup Trip.com akan memperdalam kerja sama dengan mitra kami, termasuk WTTC, dan memberdayakan hotel secara global untuk menerapkan praktik keberlanjutan terbaik.”

Mitra Tujuan

Sejumlah tujuan wisata global telah mengakui kekuatan Hotel Sustainability Basics dan menunjukkan komitmen mereka untuk memastikan hotel mereka menerapkan Dasar-Dasar tersebut.

Azerbaijan adalah Destination Partner pertama yang mendukung Basics, diikuti oleh pendukung lainnya seperti Belize, Kolombia, dan Mauritius.

Florian Sengstschmid, CEO Dewan Pariwisata Azerbaijan mengatakan, “Dasar-dasar adalah tambahan penting untuk strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan Azerbaijan.  Kami berkomitmen untuk memprioritaskan keberlanjutan di seluruh rantai nilai dan perjalanan pelanggan.

 “Kami bangga menjadi mitra negara dari inisiatif ini dan berjanji untuk melanjutkan upaya kami dalam mempromosikan praktik pariwisata yang bertanggung jawab.  Misi kami adalah untuk merawat sumber daya negara yang tidak berwujud dan berwujud untuk dinikmati generasi mendatang, dan industri pariwisata, yang menguntungkan baik pengunjung maupun tuan rumah.”

Arturo Bravo, Wakil Menteri Pariwisata Kolombia mengatakan keberlanjutan dalam pariwisata adalah salah satu prinsip panduan politik Kolombia.  Tujuan Pemerintah Kolombia adalah memanfaatkan kekayaan alam dan budaya kita secara sadar dan bertanggung jawab.  

“Oleh karena itu, praktik berkelanjutan sangat penting dalam semua kegiatan pariwisata, sehingga harus diterapkan di seluruh rantai nilai pariwisata.  Itulah sebabnya kami mendukung dan mendukung program World Travel & Tourism Council, yang selaras dengan tujuan dan kebijakan nasional kami.” kata Arturo.

 

Evan Maulana